Selebritas
Musisi Negeri Aing Gegayaan dengan Kacamatanya Dereta Musisi ternama Indonesia yang dikenal dengan ciri khas fashion kacamatanya (Foto: instagram @iankaselaradja)

SETIAP musisi biasanya memiliki ciri khas tersendiri. Entah itu dari gaya bermusik maupun penampilan busana. Misalnya di Negeri Aing, sejumlah musisi sangat ikonik tampil dengan kacamata.

Menurut beberapa sumber yang dirangkum merahputih.com, musisi yang doyan tampil dengan kacamata ialah ada Ian Kasela (Radja), Jhonny Iskandar (OM PMR), dan Ramengvrl. Saat tampil di atas panggung, kacamata selalu mereka pakai. Tanpa sadar, kacamata yang selalu dikenakan menjadi ciri khas penampilan mereka.

Baca Juga:

'Dilan 1990' Hits, Jaket Jeans Jadi Gegayaan Terkini di Negeri Aing

Sejumlah musisi tanah air terkenal dengan ciri khas kacamata yang dikenakannya. (Foto: pixabay/webandi)

Tapi, kacamata tak hanya sekadar ciri khas mereka, melainkan menjadi trendsetter bagi para penggemarnya. Begitu pula bagi para pencinta musik dan fashion.

Ian Kasela misalnya. Dalam setiap penampilannya, vokalis grup band Radja tersebut terkenal dengan kacamata hitam. Ada sejumlah jenis kacamata hitam yang kerap digunakan oleh Ian, yakni model aviator hingga model wrap around.

Ian Kasela dikenal dengan ciri khasnya selalu menggunakan kacamata hitam aviator dan dengan lensa besar lainnya. (Foto: Instagram/@iankaselaradja)

Tak banyak yang tahu, di balik penggunaan kacamata, Ian Kasela rupanya punya alasan tersendiri. Pemilik nama asli Iandhika Mulya ramadhan itu, mengatakan bahwa ada sebuah band yang membuatnya ingin tampil beda.

Radja hadir di industri musik tanah air pada 2001. Saat itu Ian mengungkapkan ada salah satu band yang benar-benar menguasai industri musik yakni Peterpan.

Rupanya, kacamata hitam tersebut merupakan cara Ian Kasela agar bisa mencuri perhatian publik Tanah Air yang telah terbius dengan Peterpan.

"Alhamdulillah, berkat dukungan media juga, jadi gue diberitakan sehingga membuat gue jadi konsisten terus berkacamata," tutur Ian Kasela seperti yang dikutip dari YouTube Trans7 Official.

Selain itu, berkat ciri khasnya berkacamata, Iang mengaku Radja mendapat tawaran endorser dari salah satu brand kacamata terkenal luar negeri.

"Iya (diendorse), itu perdana dan itu kayaknya sesuatu yang patut gue banggain. Karena itu brand dari luar dan mau mengendorse langsung ke Radja, ke kita," tutur Ian Kasela.

Walau awalnya hanya untuk mencuri perhatian, tapi Ian juga mengaku tidak percaya diri jika tampil tanpa kacamata hitam. Sekarang, meskipun jarang terdengar, pria kelahiran September 1976 masih menggunakan kacamata di belakang layar kaca.

Selain Ian Kasela, musisi Negeri Aing yang memiliki ciri khas fesyen kacamatanya ialah Jhonny iskandar. Pedangdut ternama ini dikenal dengan kacamatanya yang sangat nyentrik.

Baca Juga:

Ramah Lingkungan, 3 Brand Ini Mengusung Konsep Sustainable Fashion

Jhonny Iskandar dikenal dengan kacamata beraksen rantai. (Foto: instagram/@aanshutter)

Berbeda dengan musisi lainnya yang dikenal dengan kacamata hitam, Jhonny Iskandar dikenal dengan kacamata beraksen rantai.

Jhonny menceritakan kacamata yang ia gunakan memang sudah lama ia miliki. "Kalau kacamata ini saya beli tahun '80-an. Beli dari Kalimantan," tutur Jhonny Iskandar seperti diktuip dari program Call me Mel.

Jhonny menuturkan awal mulanya memakai kacamata itu untuk keperluan panggung. Kala itu, dia harus berperan sebagai Tino Sidin saat tampil melawak di Kalimantan.

"Tino Sidin kan terkenal dengan topi dan kacamatanya. Lalu cari deh itu kacamata, tapi enggak ada yang mirip dengan punya beliau. Akhirnya dapat yang ini," tambah Jhonny.

Kacamata tersebut ia beli di pedagang pinggir jalan yang hanya beralaskan tikar. Guna mendekati penampilan Tino Sidin, dia pun memasang rantai pada kacamatanya.

Kemudian, setelah Jhonny selesai melawak, dia langsung menjalani syuting video klip salah satu lagunya, dan lupa melepas kacamata itu. Tapi, penampilan tak biasa penyanyi kelahiran 20 Oktober 1960 itu justru menuai pujian. Semenjak itu, Jhonny Iskandar 'keterusan' memakai kacamata hingga saat ini.

Rapper ternama Indonesia, Ramengvrl dikenal dengan ciri khas kacamata tiny sunglassesnya. (Foto: instagram @ramengvrl)

Setelah dua musisi senior dengan kacamata ciri khasnya masing-masing, kini pembahasan beralih ke musisi muda berbakat, Putri Estiani atau yang lebih dikenal dengan Ramengvrl.

Salah satu rapper ternama Tanah Air tersebut muncul ke jagat musik dengan penampilan unik nan eksentrik, lengkap dengan kacamata retro berjenis tiny sunglasses yang selalu ia kenakan.

Ramengvrl bercerita tentang awal mula gaya kacamatanya yang menjadi ciri khas dan trendsetter bagi penggemarnya.

Berawal dari ketidak sengajaan, kacamata tersebut diberikan oleh penata gaya sekaligus fotografernya.

"Awalnya enggak sengaja, kayak gue mau perform dan ada fashion stylist gue dia fotografer juga, namanya Eja, dia kayak tiba-tiba datang ke gue 'Nih, lo pakai ini soalnya belom ada yang make'," kata RamenGvrl.

Setelah itu, para pencinta musik pun mengingat RamenGvrl dengan ciri khas kacamata yang selalu dipakai pada setiap konsernya.

Kacamata itu sudah menjadi tanda pengenal bagi RamenGvrl. Ramengvrl bahkan tidak pernah absen mengenakan kacamata tersebut, kecuali di momen tertentu.

"Ya almost every single time sih gue pakai kacamata, Kayaknya gue enggak pernah enggak pakai kacamata, ya kecuali buat interview, buat kayak kerjaan-kerjaan shooting gue enggak pakai," jelasnya.

Menariknya, tersirat sebuah fakta dibalik fungsi kacamatanya. Rupanya, Ramengvrl mengaku dirinya sosok yang kurang percaya diri. Kacamata itulah yang membuatnya menutupi rasa tidak percaya diri kala beraksi di atas panggung.

"Itu sangat membantu gue saat tampil, karena gue kan aslinya bukan orang yang percaya diri banget. Dan kadang gue ngantuk orangnya, ya buat nutupin aja," kata dia.

Penyanyi berambut pendek ini mengoleksi lebih dari seratus koleksi kacamata. Tapi dia mengaku tidak sampai mengeluarkan uang banyak untuk itu. Baginya kacamata yang dipakainya tak perlu mahal, asalkan dia menyukainya. (ryn)

Baca juga:

70 Desainer Indonesia Rilis Tren 2020/2021 dengan Konsep Sustainable Fashion

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Selalu Patuhi Protokol Kesehatan untuk Bepergian Jauh dengan Transportasi Umum
Fun
Selalu Patuhi Protokol Kesehatan untuk Bepergian Jauh dengan Transportasi Umum

Bepergian jauh dengan menggunakan transportasi umum rasanya cukup rumit selama masa pandemi ini.

Pandemi Justru Membuat Kondisi Mental Camila Cabello Membaik
ShowBiz
Pandemi Justru Membuat Kondisi Mental Camila Cabello Membaik

Pelantun lagu Havana itu mulai merasakan perbedaan dalam hidupnya setelah memiliki waktu beristirahat.

Minuman Sehat Pereda Asam Lambung
Fun
Minuman Sehat Pereda Asam Lambung

Gejala GERD biasanya dipengaruhi oleh apa yang kamu makan.

Billie Eilish Tak Sengaja Borong 70 Kotak Sereal saat Pandemi
ShowBiz
Billie Eilish Tak Sengaja Borong 70 Kotak Sereal saat Pandemi

Eilish mengaku kemunculannya menjadi sebuah ketenanran global telah menyebabkan ia lupa.

Gushcloud International Gabungkan Sisi Dunia Nyata dan E-sports
Fun
Tren Pakaian 2022 yang Nyentrik Ala Street-Style
Fashion
Tren Pakaian 2022 yang Nyentrik Ala Street-Style

Mana yang jadi 'peganganmu' tahun ini?

3 Emoji Paling Populer di Tinder pada 2021
Fun
3 Emoji Paling Populer di Tinder pada 2021

Ada juga emoticon High Five yang sering digunakan orang Indonesia sebagai bentuk salam atau hormat.

Mengintip Lokasi Bulan Madu Mewah Ria Ricis dan Teuku Ryan
ShowBiz
Mengintip Lokasi Bulan Madu Mewah Ria Ricis dan Teuku Ryan

Keduanya dikabarkan menjalani bulan madu di tempat yang sangat mewah dan spesial.

Dian Sastro Bagikan Tips Ajari Anak Tentang Bahaya COVID-19
ShowBiz
Dian Sastro Bagikan Tips Ajari Anak Tentang Bahaya COVID-19

Dian Sastro punya cara tersendiri dalam mengajari Anak Tentang Bahaya COVID-19

Brand Lokal Kasih Diskon Belanja Bagi yang Sudah Divaksin
Fun
Brand Lokal Kasih Diskon Belanja Bagi yang Sudah Divaksin

Sederet brand lokal mendukung program vaksinasi dan memberikan apresiasi bagi masyarakat yang sudah divaksin