Fashion

'Dilan 1990' Hits, Jaket Jeans Jadi Gegayaan Terkini di Negeri Aing

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Rabu, 03 Maret 2021
'Dilan 1990' Hits, Jaket Jeans Jadi Gegayaan Terkini di Negeri Aing
Tak hanya sukses ditonton jutaan orang, film Dilan 1990 juga menggairahkan kembali tren jaket jeans di Indonesia (Foto: instagram @dilan_1990_official)

TIGA tahun lalu, film Dilan 1990 mencuri perhatian warga negeri aing. Bahkan, film Dilan 1990 digadang-gadang menjadi film paling hits di 2018.

Popularitas film yang diangkat dari novel Pidi Baiq tersebut tak lepas dari akting Iqbaal Ramadhan (Dilan) dan Vanesha Prescilla (Milea) yang begitu apik. Pasangan di film tersebut pun seakan menjadi trendsetter di kalangan anak muda pada waktu itu.

Baca Juga:

Ramah Lingkungan, 3 Brand Ini Mengusung Konsep Sustainable Fashion

Karakter Dilan yang diperankan Iqbaal diceritakan punya pembawaan dan gaya yang cool sehingga kaum hawa 'klepek-klepek' melihatnya. Tapi, tak hanya itu, gaya berpakaian Dilan pun menjadi sorotan masyarakat, yakni jaket jeans dengan kerah cokelat. Kesannya, klasik dan ikonik pada Dilan.

Semenjak itu pula, banyak para pria yang ingin tampil seperti sosok Dilan di film Dilan 1990. Menariknya sejumlah online shop pun menyediakan fashion item dari 'Dilan Starter Pack' tersebut, yaitu jaket jeans berkerah cokelat.

Para pencinta film Dilan dengan mudah bisa menemukan jaket tersebut di sejumlah e-commerce seperti halnya Tokopedia, Bukalapak, hingga Shopee.

Harganya pun terbilang cukup terjangkau, seperti pantauan merahputih.com di Tokopedia, harganya hanya berkisar Rp90 ribu - Rp165 ribu. Jaket dengan bahan denim berkerah cokelat, pun terjual dengan ukurang yang bervariasi. Selain itu, agar lebih tampil mirip Dilan, kamu bisa membeli, atau menyewa motor CB 100 agar tampak seperti Dilan aslinya, dijamin kece abis kawan.

Masih karena film 'Dilan 1990', tidak hanya jaket jeans berkerah cokelat yang populer akibat efek film tersebut. Tapi jaket jeans atau denim jenis lainnya juga ikut populer.

Presiden Jokowi tampil dengan jaket ala dilan dan motor chopper (Foto: biru setpres bey machmudin)

Bahkan, Presiden Joko Widodo juga mengenakan Jaket ala 'Dilan' tersebut. Pada pertengahan tahun 2018, Presiden Jokowi memutuskan untuk melakukan touring bersama komunitas pencinta otomotif, khususnya motor ke Sukabumi dalam program Padat Karya Tunai DEsa (PKTD).

Pada kesempatan tersebut, Jokowi terlihat menunggangi Chopperland bekelir kuning miliknya. Namun, bukan hanya motor sangarnya yang menarik perhatian, Jokowi juga mengenakan jaket jeans 'ala dilan'.

Kala itu Jokowi tampil begitu keren dan percaya diri dengan memakai jaket dan menunggangi chopper. Bisa dibilang gaya motor classic dan jaket jeans mengingatkan masyarakat akan sosok Dilan di film Dilan 1990 yang diperankan oleh Iqbaal Ramadhan.

Presiden Jokowi memang bukan sekali tampil casual dengan jaket ala anak muda. Dalam sejumlah kesempatan, orang nomor satu di Indonesia tersebut, juga sempat memakai bomber hingga sneakers yang membuatnya tampil keren layaknya anak milenial zaman sekarang.

Baca juga:

70 Desainer Indonesia Rilis Tren 2020/2021 dengan Konsep Sustainable Fashion

Selain Presiden Jokowi, sejumlah selebritas pun mendadak terinspirasi dengan salah satu fashion item dari filan Dilan 1990 yakno jaket jeans. Seperti halnya artis Rina Nose yang kala itu kian sering menampilkan Outfit of the day (OOTD), Rina memadukan jaket jeans oversized dengan bawahan kulot lebar.

Kemudian, Shandy Aulia pun tak ketinggalan tren jaket Denim kala itu. Dia memadukan jaket jeans dengan paduan celana jeans putih dengan akses sobekan di lutut. Dengan paduan outfit tersebut, Bintang film "Eiffel I'm In Love" itu pun tampak begitu kece.

Sejumlah artis ternama tanah air turut meramaikan tren jaket jeans ala dilan (Foto: instagram @shandyaulia)

Artis sekaligus penyanyi Cinta Laura pun tak ketinggalan dengan tren jaket jeans yang kembali booming berkat film 'Dilan 1990'

Meski tepian bawah jaket jeans milik Cinta Laura berumbai, tapi warna jeans yang masih solid dan potongan jaket yang mengepas di badan memberi tampilan smart casual yang cantik.

Jaket jeans cocok dipadupadankan dengan beragam outfit (foto: instagram @claurakiehl)

Selain itu, aktris Sophia Latjuba hingga Luna Maya juga turut serta mengikuti tren jaket jeans yang populer saat itu. Untuk Sophia latjuba cendrung memadukan jaket jeans dengan bawahan minimalis hingga memberikan kesan seksi casual yang pas.

Sementara Luna Maya, tampak lebih senang bergaya dengan jaket jeans vintage. Dengan warna yang belel, detail pada sobekan di ekrah dan kedua ujung lengan, memberikan kesan efek usang yang sangat artistik.

Nah itu dia sejumlah nama-nama besar yang turut serta mengikuti tren jaket jeans 'Ala Dilan'. Hal itu membuktikan bahwa Film Dilan 1990 tak hanya sukses di layar kaca, namun sukses menjadi trendsetter bagi banyak orang. (Ryn)

Baca Juga:

Terinspirasi dari Wabah Virus Corona, Intip Uniknya Tren Fashion di Tiongkok

#Dilan 1990 #Fashion #Maret Gegayaan Di Negeri Aing
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan