Racikan Overnight Oats, Praktis untuk Sarapan Overnight oats menghemat waktumu. (Foto: Unsplash/Alisha Hieb)

KAMU pasti setuju kalau oatmeal adalah salah satu makanan tersehat di dunia. Gandum utuh bebas gluten ini penuh dengan semua nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh kamu. Seperti serat, magnesium, fosfor, tembaga, besi, seng, dan antioksidan.

Oatmeal untuk sarapan dapat membantu menurunkan berat badan karena kandungan seratnya yang tinggi akan membuat kamu lebih lama kenyang. Makanan ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kemudian dapat membantu mengatur kadar gula darah dan sangat bergizi karena mengandung banyak vitamin dan mineral.

Baca Juga:

Cita Rasa Hidangan Vegetarian di Dunia, Indonesia juga Punya

Kamu bisa membuat oatmeal untuk sarapan sehat yang bertahan sepanjang minggu. Ini akan membantu kamu yang tidak memiliki waktu untuk membuat sarapan. Dengan kombinasi susu dan buah-buahan segar bisa menjadi pilihanmu untuk sarapan. Ini adalah cara mudah menikmati oat dengan susu hangat, buah-buahan segar, kacang-kacangan dan biji-bijian. Kamu bahkan bisa menggunakan santan dan buah manis untuk menambah rasa.

Untuk menghemat waktu, kamu bisa membuat overnight oat, atau oatmeal yang dibuat semalam sebelum dikonsumsi. Pembuatan sarapan ini pada dasarnya adalah metode tanpa masak untuk membuat oatmeal. Jadi, daripada memasak oatmeal menggunakan kompor atau microwave, kamu dapat merendam oat dengan susu.

Proses perendaman itu memungkinkan oat menyerap cairan dan melunakkannya dan bisa dimakan tanpa memasak. Kamu hanya perlu membiarkan oat menyerap susu dan masukkan ke lemari es selama dua jam. Namun, biasanya akan lebih ideal jika direndam semalaman seperti namanya, overnight oats. Agar hasilnya tidak terlalu lembek, kamu bisa menggunakan rolled oat dibandingkan quick oat atau instan oat.

Keesokan paginya kamu akan memiliki sarapan yang yang siap untuk dimakan, lezat, dan lembut. Konsistensinya seperti bubur atau puding. Manfaat sehat dari sarapan seperti ini adalah, mereka mengandung lebih banyak protein daripada kebanyakan biji-bijian, yaitu sebanyak 5 gram per porsi.

Baca Juga:

Baik bagi Orang Dewasa, Bahan Pangan Ini Tidak Penting untuk MPASI Si Kecil

makan
Racikan overnight oats yang lezat. (Foto: Unsplash/Ella Olsson)

Bahan-bahan yang kamu perlukan untuk membuat overnight oats juga sangat sederhana. Cukup siapkan rolled oat dan susu apapun itu seperti susu almond, santan, susu mete atau susu gandum.

Kamu bisa menambahkan biji chia karena biji ini dikemas dengan banyak nutrisi, dan membantu memberikan tekstur seperti puding pada oat. Untuk pemanis, kamu bisa menggunakan susu yang mempunyai rasa manis atau menggunakan madu, sirup maple atau buah-buahan. Untuk mempercantik tampilan kamu bisa menambahkan buah segar, buah kering, selai kacang, kacang-kacangan, biji-bijian dan rempah-rempah seperti kayu manis atau pala.

Rasio dalam mencampurkan oat dan susu adalah satu cangkir oat dengan satu cangkir susu. Kamu bisa mencampurkan pemanis, oat, susu, dan biji chia, lalu menutupnya pada sebuah wadah dan simpan semalaman di kulkas. Untuk toping, taruh toping di pagi hari agar rasanya lebih segar.

Rasa-rasa lain yang mungkin bisa menjadi ide kreasimu adalah rasa Peanut Butter Jelly atau dengan melapisi overnight oatmu dengan selai kacang dan selai stroberi. Kamu juga bisa membuat rasa Apple Pie dengan menambahkan apel cincang, sirup maple dan kayu manis bubuk. Jika kamu pecinta Nutella, kamu bisa membuat rasa Banana Nutella dengan memotong buah pisang dan memberikan selai Nuttella diatasnya. Untuk kamu yang suka dengan kacang-kacangan cobalah untuk menambahkan biji almond, biji bunga matahari atau biji labu. (Tel)

Baca Juga:

Es Krim, Segar dan Menyehatkan

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Bali, Satu Dari 4 Pilihan Wisata Indonesia untuk Menjauh dari Keramaian
Travel
Bali, Satu Dari 4 Pilihan Wisata Indonesia untuk Menjauh dari Keramaian

Tempat wisata yang jauh dari keramaian sangat direkomendasikan di tengah pandemi ini.

Jajan Malam di Payakumbuh, Nikmati Martabak Mesir nan Sedap
Kuliner
Umakite, Tempat Ngopi Sultan Banten di Serang
Kuliner
Umakite, Tempat Ngopi Sultan Banten di Serang

Muncul banyak kafe di Serang sejak satu dekade ke belakang.

Bukannya Bikin Gemetar Pihak Inggris, Tank Arek Suroboyo Malah Ganggu Bung Karno
Indonesiaku
Bukannya Bikin Gemetar Pihak Inggris, Tank Arek Suroboyo Malah Ganggu Bung Karno

Mereka sebelumnya telah bersepakat menghentikan tembak-menembak

Jangan Dilewatkan, Destinasi Sarat Sejarah di Sekitar Danau Toba
Travel
Jangan Dilewatkan, Destinasi Sarat Sejarah di Sekitar Danau Toba

Sejumlah situs sarat sejarah dan legenda di sekitar Danau Toba amatlah unik.

Pariwisata Indonesia Diharapkan Meningkat di 2022
Travel
Pariwisata Indonesia Diharapkan Meningkat di 2022

Masih perlu waktu bila berharap dari wisatawan mancanegara.

Cappuccino Terbaik di Kota Serang, Cuma Ada di Sini
Kuliner
Cappuccino Terbaik di Kota Serang, Cuma Ada di Sini

Dimanakah kita dapat menikmati Cappuccino terbaik di kota tersebut?

Bandros, Kue Tradisional Bandung yang Manisnya Pas di Lidah
Kuliner
Mewujudkan Kehamilan di Destinasi Wisata ini
Travel
Mewujudkan Kehamilan di Destinasi Wisata ini

Destinasi wisata yang dipercaya dapat membantu pasangan memperoleh keturunan.

Asyik, dari Malioboro ke Parangtritis Kini Bisa Naik Damri
Travel
Asyik, dari Malioboro ke Parangtritis Kini Bisa Naik Damri

Para wisatawan yang hendak mengunjungi Pantai Parangtritis dari kawasan Malioboro ini dapat naik bus Damri.