Kuliner

Cita Rasa Hidangan Vegetarian di Dunia, Indonesia juga Punya

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Senin, 26 Juli 2021
Cita Rasa Hidangan Vegetarian di Dunia, Indonesia juga Punya
Cita rasa vegetarian mancanegara. (Foto: Unsplash/Laure Noverraz)

SETIAP negara memiliki makanan khasnya masing-masing. Tentunya dengan cita rasa dan bentuk penyajian yang variatif. Mungkin kamu berpikir, salad sebagai menu paling terkenal dalam dunia vegetarian. Tapi nyatanya, banyak sekali menu vegetarian terkenal di dunia ini yang menggoyang lidah selain salad.

Menu-menu vegetarian dari berbagai negara ini memiliki keunikannya masing-masing. Mulai dari yang manis, asam, asin, dan cita rasa unik lainnya. Berikut beberapa sajian vegetarian di dunia yang mungkin ada di beberapa restoran atau bisa dibuat sendiri di rumah.

Baca juga:

Vegan dan Vegetarian Sama? Ternyata Beda Banget!

1. Spanakopita (Yunani)

Sajian ini merupakan salah satu kudapan khas dari Yunani yang biasanya dapat kita sebut dengan pai bayam. Sesuai dengan namanya, makanan bernuansa creamy ini dihidangkan dalam bentuk pie berisi adonan bayam, keju, bawang, telur, dan bumbu dasar dapur. Di Yunani, spanakopita biasanya disajikan sebagai sajian pada sore hari atau untuk rekan makan malam.

2. Papa a la Huancaina (Peru)

Makanan asal Peru ini terdiri dari campuran beberapa jenis kentang rebus, jagung, zaitun, dan potongan telur rebus yang disiram dengan saus keju dan sambal cabai. Kentang bertekstur lembut serta rasa saus kejunya yang gurih membuat makanan ini memiliki rasa unik. Biasanya, orang Peru memakan sajian ini di malam hari.

3. Caldo Verde (Portugal)

Hidangan vegetarian lain yang terkenal di Portugal adalah Caldo Verde. Bahan-bahan makanan ini terdiri dari kubis Portugis, kentang, bawang merah, dan minyak zaitun yang dimasak dalam panci logam dan dijadikan sup hangat. Untuk menciptakan rasa yang lebih sempurna, mereka biasanya menggunakan mangkuk tanah liat untuk menyajikan sup dan diberi sepotong roti panggang.

4. Tortilla (Spanyol)

Mungkin nama ini sudah umum didengar karena sajian ini adalah menu wajib dalam berbagai restoran bernuansa Spanyol. Tortilla merupakan salah satu hidangan paling populer di Spanyol yang terdiri dari campuran sayuran seperti kentang, bawang bombay, tomat, dan paprika yang dibumbui dengan sedikit minyak zaitun, garam, dan merica. Hidangan vegetarian yang satu ini cocok sebagai menu sarapan di pagi hari.

Baca juga:

Pernah Ada Buaya Vegetarian

5. Gado-gado (Indonesia)

Indonesia tidak kalah dengan sajian vegetarian. Gado-gado merupakan salah satu sajian yang berasal dari Indonesia. Isi dari gado-gado berupa sayur-sayuran yang direbus kemudian dicampur menjadi satu. Dengan tambahan bumbu kacang atau saus dari kacang tanah dan yang dihaluskan disertai irisan telur, rasa gado-gado menjadi semakin lengkap.

Pada umumnya, di dalam gado-gado juga banyak ditambahkan kentang rebus yang sudah dihaluskan. Untuk sausnya, kentang rebus dimasak bersamaan dengan bumbu kacang, lalu di atasnya ditaburi kerupuk, emping, atau bawang goreng.

6. Pampoenkoekies (Afrika)

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Henry (@thefooddude16)

Pernah melihat atau mencoba sajian khas Afrika ini? Kudapan yang bentuknya menyerupai pisang goreng Indonesia ini menggunakan labu kuning yang diberi taburan bubuk kayu manis, pala, atau tuangan sirup karamel. Di Afrika Selatan, pampoenkoekies biasanya disantap saat pagi atau sore hari sebagai teman minum kopi atau teh.

7. Caponata (Italia)

Makanan tradisional Italia ini biasa dinikmati saat musim panas. Terbuat dari campuran terong dan tomat, caponata adalah side-dish yang memberikan nuansa manis dan asam. Karena rasanya yang unik, Caponata juga sering dijadikan sebagai pengganti selai yang disajikan bersamaan dengan roti. (tel)

Baca juga:

Sembari 'Work from Home', Coba Pola Makan Ala Vegetarian Yuk!

#Kuliner #Vegetarian
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan