Fauna

Populasi Badak Bercula Satu Bertambah, dari 100 Jadi 3.700 Ekor

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Jumat, 24 September 2021
Populasi Badak Bercula Satu Bertambah, dari 100 Jadi 3.700 Ekor
Populasi badak bercula satu yang hampir punah meningkat. (Foto: Pixabay/Ben_Kerckx)

SELAMA bertahun-tahun merasa miris menyaksikan jumlah populasi hewan yang semakin menurun, akhirnya dunia mendapat kabar gembira. Berdasarkan laporan terbaru dari International Rhino Foundation (IRF), ada pertumbuhan pada populasi spesies badak yang terancam punah. Cukup signifikan, jumlahnya meningkat dari 100 menjadi 3.700 ekor.

Dalam laporan IRF yang dirilis pada September 2021 itu, pada awal 1990-an populasi spesies badak bercula satu ini turun hingga hanya tersisa 100 saja. Alasannya apalagi kalau bukan karena perburuan dan transaksi cula ilegal. Untungnya, berselang lebih dari satu abad kemudian ada peningkatan baik yang terlihat. Kini, 3.700 badak bercula satu tersebar di seluruh dunia.

Baca Juga:

5 Hewan yang Mempercantik Indonesia

Menurut yayasan tersebut, data ini tercapai karena pemerintah berhasil memperketat perlindungan dari perburuan ilegal dalam beberapa tahun terakhir. "Pertumbuhan yang berkelanjutan dari populasi badak bercula satu yang lebih besar sangat menggembirakan," kata direktur eksekutif IRF, Nina Fascione.

Setelah 121 tahun, populasi badak bercula satu bertambah menjadi 3.700 ekor. (Foto: Unsplash/Philippe Oursel)

Pertumbuhan ini tidak terlepas berkat hasil kolaborasi luar biasa antara pemerintah India dan Nepal, organisasi lokal dan internasional, serta komunitas lokal yang menghargai badak dan satwa liar lainnya sebagai harta nasional.

"Dengan upaya gabungan yang berkelanjutan, kita dapat berharap untuk melihat pertumbuhan dari populasi yang ada serta potensi untuk memperkenalkan badak ke habitat tambahan yang pernah mereka sebut sebagai rumah," tambah Fascione dalam laporannya.

Baca Juga:

Teknologi Ini Mampu Lacak Badak Lewat Foto Jejak Kaki

Indonesia perlu berbangga pula karena badak Jawa yang hanya hidup di Taman Nasional Ujung Kulon juga dikatakan meningkat. Meskipun tidak secara dramatis dan statusnya masih terancam punah, setidaknya sudah ada 75 badak Jawa di alam liar.

Badak Jawa dan Badak Hitam juga mengalami kenaikan jumlah meski tidak signifikan. (Foto: Pixabay/peterjohnball0)

Sedangkan 10 tahun lalu, jumlahnya kurang dari 50 ekor. Badak hitam, spesies lain yang juga terancam punah dikabarkan juga mengalami peningkatan populasi setelah peristiwa hilangnya perburuan liar pada 1970-an.

Akan tetapi di balik semua kabar gembira ini, tetap ada berita duka. Badak Sumatera dari Indonesia terancam punah karena jumlahnya di bawah 80 ekor. Sementara di benua lain Badak Putih dari Afrika dianggap hampir terancam dengan sisa 17.212 hingga 18.915 ekor.

Meski begitu, langkah perlindungan badak sudah terbukti lebih baik. Pemerintah dan aparat setempat harus tetap bertindak menjaga makhluk luar biasa ini agar tetap ada untuk generasi mendatang. (sam)

Baca Juga:

'Mata-Mata' Berwujud Bayi Gorila Imut

#Fauna #Sains
Bagikan
Ditulis Oleh

Samantha Samsuddin

Be the one who brings happiness
Bagikan