Wisata

5 Hewan yang Mempercantik Indonesia

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 21 September 2021
5 Hewan yang Mempercantik Indonesia
Ada hewan-hewan di Indonesia yang tak dijumpai di wilayah lainnya. (Foto: PexelsDavid Gonzales)

INDONESIA memiliki keunikan alamnya seperti hutan tropis, gunung berapi, pulau, dan lautannya. Pengaruh geografis menjadikan hewan-hewan di Indonesia unik. Laman Indoindians menuliskan bahwa beberapa hewan itu hanya ada di Indonesia.

Kamu dapat menemukan beberapa hewan ini di kebun binatang. Di sisi lain, kehidupan asli hewan-hewan ini berada di hutan, dan jika pencinta alam ingin melihat di habitat aslinya, mereka akan membutuhkan sedikit perjuangan untuk sampai disana.

Baca Juga:

Wisatawan Indonesia Lebih Suka ‘Staycation’


1. Komodo

hewan
Kadal terbesar di dunia ada di Indonesia. (Foto: Pexels/Tom Fisk)


Komodo adalah kadal terbesar yang pernah ada dan telah menjadi hewan ikonik di pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Jika kamu pernah melakukan island hopping, kamu akan melihatnya berjalan-jalan disekitar Taman Nasional Komodo, Pulau Rinca, Gili. Island hopping adalah istilah yang berarti meloncat dari satu pulau ke pulau lain. Dikarenakan komodo adalah hewan yang terancam, maka komodo menjadi hewan yang dilindungi oleh pemerintah.


2. Merak

hewan
Burung Merak sangat cantik. (Foto: Pexels/David Atkins)


Merak adalah jenis burung yang hidup di habitatnya di Indonesia. Jenis burung ini telah diakui sebagai salah satu burung tercantik di dunia, karena kombinasi warnanya, biru, emas, dan hijau, dengan pola tertentu. Merak juga merupakan hewan yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia, karena populasinya di hutan terbuka savana terus berkurang setiap tahunnya.


3. Anoa

hewan
adalah hewan langka yang serupa dengan kerbau. (Foto: Indoindians)


Anoa adalah salah satu hewan khas Indonesia. Hewan ini dapat kamu temukan di Sulawesi Tenggara. Anoa memiliki fisik yang mirip dengan kerbau. Meski begitu, anoa berukuran lebih kecil dengan tinggi sekitar 75 cm, dibandingkan dengan kerbau yang tingginya bisa mencapai lebih dari 100 cm. Hewan ini memiliki siklus berkembang biak yang lambat dan hanya mampu berkembang biak satu bayi anoa dalam setahun.

Baca Juga:

Membedah Artefak Peninggalan Prasejarah Tatar Sunda


4. Orangutan

hewan
Orangutan yang semakin sedikit di habitat aslinya. (Foto: Pexels/Petr Ganaj)


Dari semua hewan dalam daftar ini, orangutan adalah salah satu hewan yang terkenal dan dilindungi. Umumnya, hewan ini terdapat di Sumatera, Kalimantan Timur, dan Sulawesi. Habitat aslinya adalah di sekitar hutan hujan. Keberadaan mereka terbagi dalam tiga spesies berbeda sesuai dengan habitat aslinya. Orangutan betina hanya melahirkan sekali dalam 8-9 tahun. Oleh karena itu, hewan ini sangat dilindungi.


5. Badak Jawa

hewan
Berbeda dengan badak di Afrika, badak Jawa hanya memiliki satu cula. (Foto: Pexels/Franz Niebauer)


Badak bercula satu menjadi salah satu hewan unik di Indonesia yang bisa kamu temukan di Jawa Barat. Hewan ini tergolong istimewa, lantaran hanya memiliki satu cula. Kamu dapat menemukannya di taman nasional Ujung Kulon di Jawa Barat. Pemerintah Indonesia juga telah melakukan upaya untuk melindungi spesies badak Jawa ini. Itulah alasan mengapa kamu dapat menemukannya di sekitar hutan lindung di Ujung Kulon. (Cil)

Baca Juga:

Dukung Wisata Sumatera dengan Mengunjungi Destinasi Ini

#Wisata #Travel #Traveling
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan