Kesehatan

Pola Hidup Sehat tak Melulu Tentang Asupan Makanan

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Jumat, 23 April 2021
Pola Hidup Sehat tak Melulu Tentang Asupan Makanan
Ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan dalam menerapkan pola hidup sehat (foto: pixabay/jillwellington)

SEJUMLAH ahli kesehatan mengingatkan masyarakat untuk menjaga pola hidup yang sehat. Dalam hal ini, menjaga pola hidup sehat tak sekadar asupan makanan, tapi juga meliputi aktivitas fisik atau olahraga.

Irwan selaku Administrator Kesehatan Seksi Gizi, Promosi Kesehatan, dan Pembinaan Peran Serta Masyarakat Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengatakan pola hidup sehat bukan hanya memngutamakan asupan, melainkan juga aktivitas fisik serta 'rambu-rambu'.

Baca Juga:

Mengenal 'Zoom Fatigue' dan Bahayanya bagi Kesehatan Mental

Untuk asupan makanan, Perlu diperhatikan 'rambu-rambu' seperti garam, gula dan lemak (Foto: pixabay/free-photos)

Irwan menuturkan bahwa Gizi yang seimbang tak hanya mengutamakan asupan, melainkan aktivitas fisik dan 'rambu-rambu' seperti garam, gula, lemak serta prinsip yang beraneka ragam .

"Perilaku hidup bersih seimbang dan mempertahankan berat badan normal," ujar Irwan, seperti yang dikutip dari laman Antara.

Lebih lanjut Irwan menjelaskan, bahwa tidak ada satu jenis pangan, yang memiliki kandungan gizi lengkap, kecuali ASI untuk bayi berusia 0-6 bulan.

Selain itu, Irwan pun menuturkan, bahwa perilaku hidup bersih dan sehat, memiliki hubungan dengan minimnya risiko terkena infeksi. Sedangkan aktivitas fisik rutin bisa membantu memperlancar metabolisme di dalam tubuh.

Baca Juga:

Tips Puasa Sehat untuk yang Memiliki Masalah Jantung

Lalu, Irwan juga mengatakan, bahwa mempertahankan serta memantau berat badan normal, merupakan salah satu indokator yang terjadi pada kesimbangan zat gizi dalam tubuh.

Sementara itu, dokter yang juga berprofesi sebagai model Profesional, Jason Bustan, menjelaskan, bahwa menerapkan hidup sehat di bulan Ramadan memiliki berbagai manfaat.

Antara lain manfaatnya yakni membantu terhindar dari beragam penyakit, seperti jantung, kanker, stres dan meningkatkan produktivitas.

Selanjutnya, selain asupan nutrisi seimbang serta melakukan olahraga teratur. Selama bulan Ramadan pun perlu mengonsumsi air putih yang cukup, setidaknya delapan gelas per hari dan istirahat yang cukup.

"Enggak ada makanan yang bisa melengkapi nutrisi makan lainnya, jadi harus seimbang, makan teratur karena bisa menghindari penyakit seperti gejala maag dan obesitas," ujar Jason

idur juga harus cukup, karena erat kaitannya dengan kesehatan mental dan tubuh(Foto: pixabay/free-photos)

Kemudian, Jason juga menjelaskan bahwa tidur juga harus cukup, karena erat kaitannya dengan kesehatan mental dan tubuh. Dalam hal ini tubuh punya siklus yang harus diikuti, bila tidur terganggu maka mood akan jelek, serta metabolisme hingga aktivitas akan terganggu.

Untuk olahraga di bulan Ramadan, Jason menyarankan lakukan olahraga dengan intensitas ringan, seperti halnya berjalan kaki atau yoga. Lakukan latihan tersebut 150 menit dalam seminggu, agar metabolisme serta berat badan tetap normal. (Ryn)

Baca Juga:

Tips Menjaga Kulit Tetap Sehat Selama Berpuasa

#Kesehatan #Gaya Hidup Sehat #Tips Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan