Lapsus Sayonara Komik Donal Bebek
Penyihir hingga Penjahat, Ini 4 Karakter Antagonis di Komik Donal Bebek Tokoh jahat yang ada di komik Donal Bebek. (Foto Disney Fandom)

AKSI Donal Bebek tak akan menggelitik tanpa musuh atau tokoh antagonis. Dunia kartun memang selalu menarik disimak ketika dua karakter, protagonis dan antagonis, berseteru bahkan tiada akhir. Contohnya, dari paling klasik Tom & Jerry, hingga terbaru Mr.Crab dan Platoon.

Sebagia besar orang kemudian ada di pihak tokoh sentral protagonis. Namun, di alam bawah sadar memori merekam para tokoh-tokoh antagonis. Komik Donal Bebek, meski tanggal 29 Juni 2020 berpisah, memberikan ikon tokoh-tokoh antagonis paling memorable.

Baca juga:

Paman Gober Hanya Ada di Indonesia

Demi mengobati kesedihan pembaca setia Komik Donal Bebek di Tanah Air, MerahPutih.com telah merangkum para tokoh antagonis yang selama ini mewarnai kisah besutan penulis sekaligus ilustrator Don Rosa itu, dilansir Disney Fandom:

1. Beagle Boys

Donal Bebek
Selalu mengenakan baju dengan nomor tahanan . (Foto Scrooge McDuck Wikia)

Beagle Boys atau Gerombolan Siberat merupakan salah satu tokoh antagonis di komik Donal Bebek. Sesuai dengan namanya, karakter Beagle Boys digambarkan sebagai jenis anjing Beagle. Beagle Boys pertama kali muncul dalam episode komik Terror of the Beagle Boys dalam edisi Walt Disney’s Comic and Stories #134 terbitan November 1951.

Setelah tampil sepintas, Beagle Boys kembali dimunculkan menjadi peran utama di seri Only a Poor Old Man pada 1 Maret 1952. Mereka mengenakan baju hangat merah dengan nomor tahanan paling sering digunakan, 176-671, 167-716, dan 761-176. Nama asli mereka tidak pernah terungkap. Meski terkesan sangar, Gerombolan Siberat ini seringkali mendapat nasib sial.

2. Magica De Spell

Donal Bebek
Selalu berusaha mencuri jimat Gober Bebek. (Foto The Parody Fandom)

Magica De Spell karakter fiksi dalam dunia Gober Bebek. Ia penyihir kreasi Carls Barks dalam cerita The Midas Touch pada Desember 1961. Bagi pembaca Indonesia, kita mengenalnya dengan nama Mimi Hitam.

Penyihir jahat ini setiap tampil dalam komik selalu berusaha mencuri keping keberuntungan Gober Bebek, paman Donal Bebek. Mimi percaya jika koin tersebut dilebur di kawah gunung Vesuvius akan memberikan sentuhan Midas pada pemiliknya.

Penyihir perempuan ini memiliki saudara bernama Poe De Spell, Granny De Spell, Witch Child, dan Rosalio. Sosok Mimi Hitam sengaja diciptakan untuk mengasumsikan ketertarikan manusia biasa kepada dunia sihir dengan banyak menggunakan mantra dan ramuan.

3. Gotrocks

Donal Bebek
Muncul pertama kali di The Luck of Pali. (Foto Scrooge McDuck Fandom)

Gotrocks menjadi saingan Gober Bebek dalam urusan adu kaya. Karakter fiksi ini pertama kali muncul dalam cerita The Luck of Pali pada Mei 1996 digubah Bob Gregory dan Tony Strobl. Pembaca Komik Donal Bebek versi Indonesia mengenalnya dengan nama Gover Bebek.

Dalam kemunculan perdananya itu, Gover dan Gober Bebek mengambil bagian dalam kontes museum untuk mengetahui siapa yang memiliki benda berharga paling unik di Kota Bebek dan dunia. Gover akhirnya dinyatakan kalah dan sejak itu menyimpan dendam pada Paman Gober.

Sosok selalu menjadi orang kedua terkaya di dunia rekaan Disney itu digambarkan sebagai lelaki tua tidak menyenangkan dengan alis hitam dan tebal serta memiliki kepribadian licik. Gover juga memiliki rambut panjang dan putih di sisi kanan dan kiri kepalanya dan selalu memegang tongkat penyangga.

Baca juga: Kisah Romantis Donald dan Daisy Duck Dikemas dalam Beberapa Film Pendek

4. Roberta

Donal Bebek
Roberta adalah teman dari penyihir Magica De Spell. (Foto the Hole)

Roberta sosok bebek betina antropomorfik yang muncul pertama kali dalam Paman Gober dan Penyihir Beraksi pada Juni 1971, ditulis Rodolfo Cimino dan digambar oleh Giorgio Cavazzano.

Ia adalah teman dari penyihir Magica De Spell alias Mimi Hitam dan pertama kali tampil digambarkan sebagai penyihir dengan teknologi modern.

Setelah hadir dalam tiga buku komik selama tahun 1970-an, Roberta kembali muncul mewarnai kisah Komik Donal Bebek pada tahun 1990-an dalam cerita-cerita komik yang sebagian besar ditulis Rodolfo Cimino hingga 2008.

Penampilan Roberta kerap ditampilkan sebagai sosok perempuan modern, bertolak belakang dengan gaya Mimi Hitam. (and)

Baca juga: Donald Bebek, Si Temperamen nan Jenaka

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Ramen Pizza, Kolaborasi Kuliner Unik Lintas Negara
Fun
Ramen Pizza, Kolaborasi Kuliner Unik Lintas Negara

Seperti apa ya gabungan antara ramen khas Jepang dan Pizza khas Italia?

Hidup Sulit, Idola Kpop Ini Pernah Biayai Hidup Adiknya dan Bayar Utang
ShowBiz
6 Negara Ini Menerapkan Wajib Karantina 14 Hari untuk Pelancong yang Datang
Fun
6 Negara Ini Menerapkan Wajib Karantina 14 Hari untuk Pelancong yang Datang

Karantina wajib diterapkan beberapa negara bagi orang-orang yang datang

Animasi 'The Mitchells vs The Machines' Ajarkan Arti Keluarga
ShowBiz
Animasi 'The Mitchells vs The Machines' Ajarkan Arti Keluarga

Film bergenre komedi aksi ini bercerita tentang sebuah keluarga yang berjuang untuk hidup dari serangan para robot.

Fitur Baru Instagram Lindungi Akun dari Peretas
Fun
Fitur Baru Instagram Lindungi Akun dari Peretas

Keamanan pengguna Instagram terjamin dengan fitur ini.

Fashion Show Ditunda, Dior Buat Miniatur Koleksi Adibusana
Fashion
Fashion Show Ditunda, Dior Buat Miniatur Koleksi Adibusana

Koleksi miniatur adibusana ini diilhami oleh tokoh-tokoh perempuan surealis, seperti Dora Maar, Leonora Carrington, dan Lee Miller.

Butuh Waktu 1 Bulan untuk Menyelesaikan Jalur Sepeda Ini
Fun
Butuh Waktu 1 Bulan untuk Menyelesaikan Jalur Sepeda Ini

Rutenya membentang dari Kanada ke Meksiko.

Jakarta Smart City Luncurkan Seri Dialog Program Transformasi City 4.0
Fun
Jakarta Smart City Luncurkan Seri Dialog Program Transformasi City 4.0

Dialog ini mendapatkan beberapa hasil untuk kemajuan Jakarta.

Sultan Merapat, Rolex Hadirkan Koleksi Baru di 2021
Fashion
Sultan Merapat, Rolex Hadirkan Koleksi Baru di 2021

Memberikan pembaruan pada setiap koleksinya.

Terungkap, Alasan Presiden Jokowi Kenakan Baju Adat Suku Sabu
Tradisi