Donald Bebek, Si Temperamen nan Jenaka Tokoh yang selalu sial. (Foto: youtube)

DONALD Duck atau di Indonesia dikenal dengan nama Donald Bebek adalah karakter animasi yang dibuat oleh Walt Disney. Donald, bebek berkepala panas dan antropomorfik. Ia yang sering menjadi korban nasib buruk. Biasanya digambarkan dengan mengenakan baju pelaut, topi, dan dasi kupu-kupu. Donald adalah sahabat dan teman baik Mickey Mouse yang kadang membuatnya iri.

Donald Duck membuat debut animasi di film pendek pada tahun 1934 lewat The Wise Little Hen. Dia digambarkan sebagai pelaut nakal dengan suara yang susah untuk dimengerti. Suaranya yang jenaka dibuat oleh aktor Clarence "Ducky" Nash. Kepribadiannya berubah dalam penampilan berikutnya.

Baca juga:

Disneyland Hong Kong kembali Dibuka

Orphan's Benefit, yang memperkenalkan kemarahan dan kecenderungan Donald yang berapi-api karena sering tertimpa kesialan. Kelemahan inilah yang membuat Donald sangat disukai penonton. Membuat terasa bahwa perjuangan sehari-hari bebek itu menyenangkan dan menghibur.

Melansir laman Fandom, para animator dan seniman juga menyukai kisah-kisah Donald. Tokoh ini dibiarkan menunjukkan lebih banyak sifat negatif yang tidak dimiliki oleh Mickey atau Goofy.

Setelah membintangi lebih dari 190 film, filmografi Donald mengungguli karakter Disney lainnya. Beberapa kartunnya dihormati oleh Academy Awards. Sementara penghargaan terkenal lainnya termasuk bintang di Hollywood Walk of Fame dan jejak kaki yang tercetak di Chinese Theater.

Baca juga:

Universal CityWalk Studios Hollywood Telah Kembali Dibuka

Bagian dari popularitas Donald yang tersebar luas terbukti dengan jejak seri komiknya. Komiknya dikelola oleh seniman terkenal seperti Ted Osborne, Al Taliaferro, Carl Barks, dan Don Rosa. Kisah-kisah ini menggambarkan kehidupan Donald di kota Duckburg dan telah dinikmati oleh generasi pembaca dalam skala global.

Berdasarkan film kartun Donald Gets Drafted (1942), nama lengkap Donald adalah Donald Fauntleroy Duck. Nama tengahnya sepertinya menjadi referensi untuk topi pelautnya. Merupakan aksesori umum untuk setelan "Little Lord Fauntleroy".

Episode The Quack Pack "All Hands on Duck", episode legenda dari Three Caballeros "Sheldgoose Square Dance" dan situs web Disney juga menyatakan nama lengkapnya sebagai Donald Fauntleroy Duck.

Ulang tahun Donald secara resmi diakui di tanggal 9 Juni 1934, di hari ketika film debutnya dirilis. Namun dalam The Three Caballeros, ulang tahunnya dikatakan pada saat "Friday the 13th". Sedangkan di film Donald's Happy Birthday, diuraikan menjadi tanggal 13 Maret.

Meskipun tidak diperlihatkan secara kronologis, penampilan paling muda Donald adalah kembali ketika ia baru menetas. Ditampilkan dalam TV animasi spesial This is Your Life, Donald Duck dan kisah buku komik dengan nama yang sama. Baik dalam animasi dan komik yang dibawakan oleh Jiminy Cricket, Donald terlihat sedang menetas dari telurnya. Ia terlihat sambil mengeluarkan amarahnya sambil melakukan gerakan ikoniknya yang terkenal secara bersamaan.

Momen itu menjadi aksi bentuk kemarahan pertama kalinyasebagai makhluk hidup. Dalam komiknya, ditunjukkan bahwa Donald mendapatkan topinya dari seorang pelaut. Didapat ketika ia masih bayi sewaktu dibawa neneknya mengunjungi ke kota Duckburg untuk pertama kali. (lgi)

Baca juga:

Shanghai Disneyland akan Buka Lagi dengan Aturan Ketat

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Leonard G.I

LAINNYA DARI MERAH PUTIH