Kesehatan Mental

Pentingnya Memiliki Support System agar Hidup Lebih Baik

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Senin, 09 Januari 2023
Pentingnya Memiliki Support System agar Hidup Lebih Baik
Support system akan selalu ada untuk kamu. (Foto: Unsplash/Clay Banks)

MANUSIA ialah makhluk sosial. Itu berarti kita sebagai manusia tidak bisa hidup sendiri. Kita membutuhkan seseorang yang tak hanya hadir, namun selalu siap memberikan dukungan terhadap kita. Memiliki support system ialah jawabannya, agar kelak hidup akan lebih baik di masa depan.

Dikutip Alodokter, support system ialah orang-orang yang mampu memahami, memberi semangat, dan selalu peduli dengan keadaan kamu. Baik saat senang atau sulit, support system selalu ada untuk kamu.

Baca Juga:

Mulailah Ciptakan Positive Support System untuk Diri Sendiri

Support system sangat penting hadir di kehidupan seseorang agar mampu bertahan di saat sulit. Keadaan sulit seperti menjadi seorang single parent, juga akan lebih mudah dijalani apabila seseorang memiliki support system. Bahkan, pengobatan Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) akan lebih efektif dengan adanya kehadiran support system.

Setidaknya ada empat manfaat yang bisa kamu raih apabila memiliki support system, antara lain:

1. Membantu menghadapi situasi sulit

Hidup tak selalu berjalan lancar sesuai rencana. Situasi sulit bisa menunggu kamu di masa depan, bahkan boleh jadi hal tersebut berulang terjadi. Maka dari itu, kehadiran support system akan meringankan beban kamu untuk menghadapi situasi tersebut.

Ceritakan masalah kamu tersebut kepada support system yang kamu miliki. Kamu yang tadinya bimbang dan terbebani, akan merasa lega setelah mendapatkan timbal balik dari support system. Kamu juga akan terhindar dari keputusan gegabah karena sudah mendapatkan saran dan dukungan dari mereka.

Support system akan membantu kamu melewati masa sulit. (Foto: Unsplash/Kelly Sikkema)

2. Mengatasi stres

Support system mampu mengatasi stres yang kamu alami. Kehadiran support system juga membantu mengurangi risiko sakit karena stres, baik itu secara fisik atau mental. Penelitian mengungkapkan bahwa mendapatkan dukungan di masa krisis membuat risiko mengalami gangguan mental berkurang.

Baca Juga:

Resolusi Terbaik Kesehatan adalah Meningkatkan Energi Tubuh

3. Meningkatkan motivasi

Butuh motivasi? Support system siap memberikannya. Hal-hal positif yang ingin kamu capai akan terwujud dengan adanya dukungan dari support system. Contohnya apabila kamu memiliki keinginan kuat untuk berhenti merokok. Support system akan selalu siap mendampingi kamu untuk mengingatkan agar kebiasaan buruk tersebut hilang.

Kesehatan fisik dan mental akan terjaga berkat support system. (Foto: Unsplash/Helena Lopes)

4. Menyehatkan fisik dan mental

Kamu akan lebih bahagia dan kuat untuk menjalani aktivitas harian karena selalu semangat berkat dukungan support system. Alhasil, kamu juga akan memilih untuk memiliki gaya hidup sehat, sehingga kesehatan kamu akan meningkat secara fisik dan mental. Peluang untuk hidup panjang umur juga akan lebih besar.

Mempertahankan support system juga membutuhkan usaha. Sebab, kamu juga harus membalas perbuatan mereka walau tidak setara dengan apa yang telah mereka berikan kepada kamu.

Paling tidak, jaga hubungan kamu dengan support system. Dengarkan mereka, beri bantuan ketika mereka butuh, jaga komunikasi, dan ucapkan terima kasih setelah dibantu.

Penting juga untuk tidak terlalu membebani support system yang kamu miliki. Dalam arti, minta bantuan kepadanya di saat kamu benar-benar membutuhkannya. (ikh)

Baca Juga:

Atasi Depresi dengan Terapi Aktivasi Perilaku

#Kesehatan #Kesehatan Mental
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan