Kesehatan

Penelitian: Kurang Tidur Membuat Orang Tidak Menyukaimu

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Kamis, 27 Februari 2020
Penelitian: Kurang Tidur Membuat Orang Tidak Menyukaimu
Orang kurang tidur cenderung tidak disukai orang (Foto: Unsplash/kylejglenn)

"PENAMPILANMU lusuh sekali, kurang tidur?" Pertanyaan seperti itu mungkin sering terdengar di kota-kota besar, seorang dengan mata panda dan penampilan yang lusuh sering dianggap tidak memiliki waktu tidur yang cukup.

Melansir laman brightside, sebuah studi menguji dengan memfoto 25 peserta penelitian sebanyak dua kali. Pertama, memfoto kondisi peserta yang telah tidur selama 8 jam selama dua hari. Kedua, memfoto kondisi peserta yang telah tidur selama 4 jam selama dua hari.

Kemudian 122 orang asing harus melihat foto-foto ini dan menilai seberapa besar mereka ingin bersosialisasi dengan orang yang di foto tersebut. Mereka juga menilai daya tarik, kesehatan, kantuk, dan kepercayaan peserta.

Baca juga:

4 Langkah Mudah dan Praktis Untuk Tidur Cepat

Studi ini menemukan bahwa orang-orang cenderung bersosialisasi dengan mereka yang kurang tidur dan mereka juga melihat bahwa orang yang kurang tidur itu kurang menarik, kurang sehat, dan lebih mengantuk. Namun, tidur singkat tidak berpengaruh pada apakah seseorang dipandang dapat dipercaya atau tidak.

Saat lelah, kamu lebih buruk dalam berkomunikasi

Penelitian: Kurang Tidur Membuat Orang Tidak Menyukaimu
Komunikasimu buruk saat keadaan mengantuk (Foto: Unsplash/benhershey)

Orang-orang sering mengaitkan daya tarik dengan karakteristik positif, seperti seberapa baik kamu bisa bergaul dengan orang lain misalnya.

Jadi ketika mereka melihat wajah yang tampak lelah dengan lingkaran hitam di bawah mata atau kelopak mata bengkak, mereka mungkin melihat orang yang mengantuk itu kurang ramah. Orang yang lelah juga tidak bersemangat untuk berinteraksi.

Orang yang kurang tidur sebenarnya menegaskan bahwa mereka kurang ramah dan tidak optimis, lebih buruk dalam memahami dan mengekspresikan emosi, serta kurang empati.

Baca juga:

Sambut Hari Lebih Baik, Hindari 4 Kebiasaan Merugikan Ini saat Bangun Tidur

Kamu dianggap tidak sehat jika selalu mengantuk

Penelitian: Kurang Tidur Membuat Orang Tidak Menyukaimu
Kamu bisa dipandang risi jika mengantuk di keramaian (Foto: Pixabay/2204574)

Orang yang tidak sehat sering lelah, dan masalah dengan tidur juga dapat berjalan seiring dengan masalah kesehatan mental. Sekalipun orang yang lelah sangat sehat, penampilan mereka setelah tidur sangat sedikit mungkin memberikan kesan negatif pada orang lain.

Wajah yang mengantuk tidak terlihat sehat dan manusia cenderung menghindari penyakit. Itulah sebabnya seseorang mungkin secara tidak sadar kurang tertarik untuk melakukan kontak dengan orang yang kurang tidur.

Jadi, apakah kamu lebih suka menghabiskan waktu dengan orang-orang yang kurang tidur atau tidak? Atau apakah kamu pernah memerhatikan bagaimana orang bereaksi terhadap kamu ketika kamu belum cukup tidur? (Arb)

Baca juga:

Lakukan 5 Hal Sederhana Ini agar Tubuh Bugar saat Bangun Tidur

#Tidur #Tidur Malam #Kualitas Tidur #Kurang Tidur
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan