hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-1
Lakukan 5 Hal Sederhana Ini agar Tubuh Bugar saat Bangun Tidur Awali harimu dengan aktivitas sehat. (Foto: Unsplash/Jon Toyson)
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-2
hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-7

SERINGKALI saat bangun tidur tubuh terasa lemas, kaku, dan mata masih mengantuk. Tentunya kondisi ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti tidak cukup tidur, tidur larut malam, atau posisi tubuh saat tidur yang kurang tepat. Tentunya, ini dapat menghambat untuk memulai aktivitas di pagi hari.

Baca juga:

Bangun Tidur Kepala Terasa Berat? Bisa Jadi Kamu Waswas

Jika kamu merasakan hal yang serupa, sebaiknya langsung bangun dari tempat tidur. Sebab jika tidak, kamu akan kembali tidur karena posisi yang sudah nyaman. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan agar tubuh tetap rileks saat bangun tidur. Dirangkum dari beberapa sumber, simak lima gerakan sederhana yang dapat membuatmu semangat menjalani hari.

1. Regangkan punggung

Lakukan 5 Hal Sederhana Ini agar Tubuh Bugar saat Bangun Tidur
Raih ujung kaki dengan kedua tangan. (Foto: Sonima)

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah meregangkan punggung saat bangun tidur. Jangan terdoga untuk menarik selimut dan bermalas-malasan karena akan membuatmu semakin lemas. Meregangkan punggung dapat melemaskan otot belakang yang terasa kaku setelah semalam berbaring.

Duduklah dan luruskan kedua kaki ke depan. Raih ujung kaki dengan kedua tangan dan tahan posisi ini selama beberapa detik. Agar lebih maksimal, lakukan gerakan ini sebanyak lima kali.

2. Tarik napas

Lakukan 5 Hal Sederhana Ini agar Tubuh Bugar saat Bangun Tidur
Sambil membayangkan sesuatu yang indah dan menyenangkan. (Foto: Unsplash/Eli DeFaria)

Hanya dengan tarik napas, badanmu akan terasa lebih baik setelah bangun tidur. Caranya pun sangat mudah. Duduk dengan posisi kaki bersila dan pejamkan mata. Lalu tarik napas dalam-dalam, tahan selama beberapa detik kemudian buang lewat mulut perlahan.

Lebih baik jika kamu sambil membayangkan hal-hal yang indah dan menyenangkan. Lakukan aktivitas ini sebanyak lima kali.

Baca juga:

Kebiasaan Cek Ponsel saat Bangun Tidur Ternyata Enggak Baik

3. Berdiri

Lakukan 5 Hal Sederhana Ini agar Tubuh Bugar saat Bangun Tidur
Lawan rasa malas ketika bangun tidur. (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Setelah beranjak dari kasur, berdiri dengan posisi tegak dengan pinggul dan perut mengarah ke dalam, serta kaki sedikit terbuka. Kemudian, letakkan kedua tangan di samping tuuh dan lebarkan jarak kaki.

Kamu juga bisa melakukannya dengan cara dekatkan tubuh ke dinding. Kemudian, naikkan satu tangan ke atas kepala dan tekuk sementara tangan lainnya diregangkan ke dinding.

4. Minum dua gelas air putih

Lakukan 5 Hal Sederhana Ini agar Tubuh Bugar saat Bangun Tidur
Tambahkan irisan lemon agar lebih maksimal. (Foto: Unsplash/Jez Timms)

Setelah bangun tidur, awali harimu dengan meneguk dua gelas air putih. Ketika seharian berisitirahat, tubuh kembali membutuhkan cairan dan membersihkan racun di dalamnya. Jika ingin lebih maksimal, kamu bisa menambahkan irisan atau perasan lemon.

Lemon memiliki kandungan yang dapat menyegarkan tubuh dan tonik bagi liver. Kebiasaan ini wajib kamu tanam agar tubuh semakin bugar dan sehat.

5. Sarapan bernutrisi

Lakukan 5 Hal Sederhana Ini agar Tubuh Bugar saat Bangun Tidur
Tubuh membutuhkan asupan yang bernutrisi di pagi hari. (Foto: Unsplash/Ben Kolde)

Terakhir, jangan lupa untuk sarapan ketika bangun tidur. Atur jadwal sarapan dan tidak melebihi dari jam yang disarankan. Terkadang, kamu memang merasa tidak lapar.

Padahal, tubuhmu membutuhkan nutrisi agar dapat beraktivitas seharian nanti. Tidak perlu makanan berat, cukup makanan ringan saja. Seperti roti, buah-buahan, atau sayuran yang direbus. (And)

Baca juga:

Parahnya Bahaya dari Tidur Kelamaan, Bikin Kamu Cepat-cepat Bangun


hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-3

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-4
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-5