Sambut Hari Lebih Baik, Hindari 4 Kebiasaan Merugikan Ini saat Bangun Tidur 4 hal yang tidak boleh dilakukan saat bangun tidur (Foto: pixabay/Free-photos)

BANGUN pagi memang bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang. Saat mulai membuka mata di pagi hari, kebanyakan orang cenderung tidak menyadari melakukan kegiatan yang bisa mempengaruhi aktivitasnya pada hari itu. Untuk menjalani hari yang penuh semangat dan terhindar dari mood buruk, kamu bisa meninggalkan kebiasaan-kebiasaan saat bangun tidur seperti, melihat layar ponsel untuk mengecek media sosial ataupun kerjaan di email.

Baca juga:

Kebiasaan Baik untuk Wajah Cerah saat Bangun Pagi

Zaman yang serba modern seperti saat ini, mengecek ponsel saat bangun tidur merupakan hal utama yang dilakukan kebanyakan orang. Namun, kebiasaan tersebut perlu kamu tinggalkan saat ini juga. Melansir laman Bustle, beberapa ahli mengatakan akan lebih baik jika mengecek ponsel jika kita sudah siap untuk pergi ataupun setelah sarapan.

Kenapa? Karena saat bangun tidur, tubuh dan otak masih dalam keadaan santai dan tenang, sehingga jika harus mengecek berbagai informasi di sosial media ataupun mengecek pekerjaan akan membuat tubuh dan otak menjadi kaget yang akan membuat kamu merasakan banyak pikiran hingga berujung stres. Selain mengecek ponsel, berikut empat hal lain yang perlu kamu hindari saat bangun tidur.

Menekan tombol snooze

Sambut Hari Lebih Baik, Hindari 4 Kebiasaan Merugikan Ini saat Bangun Tidur
Menekan tombol snooze tak baik dilakukan saat bangun tidur (Foto: pexels/acharaporn K)

Kebanyakan orang mengandalkan alarm untuk membangunkannya pada pagi hari. Meskipun alarm telah berbunyi, seringkali kita menekan tombol snooze agar bisa tidur kembali. Para ahli mengatakan pada Bustle bahwa memencet tombol snooze dan kembali tidur malah akan memperburuk kualitas tidur.

Hal itu justru membuat kamu tidak bisa menyelesaikan pola tidurmu yang sebelumnya, sehingga membuat badan jadi terasa lebih lelah seharian hingga merasakan pusing. Jadi, ada baiknya kamu langsung bangun saat alarm melakukan tugasnya.

Baca juga:

Bangun Tidur Kepala Terasa Berat? Bisa Jadi Kamu Waswas

Minum kopi

Sambut Hari Lebih Baik, Hindari 4 Kebiasaan Merugikan Ini saat Bangun Tidur
Minum kopi tidak bagus untuk tubuh jika dikonsumsi saat bangun tidur (Foto: pexels/kaboompics)

Kebanyakan orang akan minum kopi pada saat bangun tidur untuk menghilangkan rasa kantuk atau menambah semangat. Namun, sebenarnya ketika kamu minum kopi pada saat bangun tidur bisa mengurangi produksi hormon yang berfungsi untuk mengatur energi dalam tubuh kita. Menurut para ahli, akan lebih baik jika mengomsumsi kopi di jam 10 pagi.

Sarapan tanpa protein

Sambut Hari Lebih Baik, Hindari 4 Kebiasaan Merugikan Ini saat Bangun Tidur
Sarapan tanpa protein akan membuat tubuh merasa lelah seharian (Foto: pexels/lamngakan eka)

Terkadang tergesa-gesa, kita lebih memilih roti ataupun makanan cepat saji untuk sarapan. Namun siapa sangka ternyata jika mengomsumsi makanan seperti untuk saparan akan membuat gula darah naik dan bisa menghambat energi pada tubuh yang bisa membuat kamu akan merasa ngantuk seharian. Memilih makanan dengan protein tinggi akan memberikan sumber energi yang tahan lama dan membuat kamu lebih fokus dan produktif.

Menonton TV

Sambut Hari Lebih Baik, Hindari 4 Kebiasaan Merugikan Ini saat Bangun Tidur
Nonton tv saat bangun tidur tidak bagus untuk otak dan tubuh (Foto: pexels/Vidal Balielo)

Menonton TV bukanlah pilihan yang sehat bagi tubuh untuk memulai hari setelah tidur malam yang nyenyak. Melakukannya saat bangun tidur akan memaksa otak untuk bekerja saat badan maupun otak masih belum siap untuk bekerja maksimal. Akan lebih baik jika kamu memulai hari dengan suasana yang tenang dan damai.

Baca juga:

Manfaat yang Akan Kamu Dapat Saat Bangun Lebih Pagi

Sudah tahu apa saja yang tidak boleh dilakukan saat bangun tidur? Yuk mulai sayangi tubuhmu dengan menghindari empat hal tersebut! (Bel)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH