4 Langkah Mudah dan Praktis Untuk Tidur Cepat Yuk kenali beberapa langkah alami untuk tidur dengan cepat (Foto: pixabay/xiangying_xu)

SULIT tidur akan membuatmu tak bertenaga atau tak bersemangat untuk menjalani aktivitas. Karena tidur yang cukup dan berkualitas, memainkan peran penting untuk menjaga kesehatan.

Untuk kamu yang mengalami kesulitan untuk tidur, ada sejumlah cara cepat tidur yang bisa dicoba. Namun cara ini bukanlah dengan mengonsumsi obat dari dokter, melainkan cara-cara alami dan praktis yang bisa digunakan untuk mengatasi kesulitan untuk tidur.

Baca Juga:

Viral! Seorang Perempuan Tidur Nyenyak Hingga Dua Bulan, Ini yang Terjadi Saat Terbangun

Dilansir dari laman alodokter, cara alami untuk mengatasi kesulitan tidur yang pertama ialah melakukan latihan pernapasa. Caranya yaitu tarik napas melalui hidup selama 4 detik, lalu tahan napas selama 7 detik, dan buang napas pelan-pelan lewat mulut selama delapan detik. Ulangi pola tersebut sebanyak 4 kali.

Latihan pernapasan ruti bisa membuatmu lebih rileks (Foto: pixabay/stocksnap)

Apabila dilakukan dengan rutin, latihan pernapasan tersebut dipercaya bisa membuatmu lebih rileks dan lebih mudah untuk tertidur.

Cara yang kedua ialah mandi air hangat sebelum tidur. Karena, mandi air hangat sebelum tidur di malam hari, bisa membuat tubuh lebih rileks, yang akhirnya dapat membantumu tidur lebih cepat dan nyenyak.

Baca Juga:

Bahayanya Menghabiskan Akhir Pekan dengan Tidur

Sementara itu cara yang ketiga ialah matikan peralatan elektronik. Dalam hal ini yang dimaksud ialah mematikan telepon seluler/tablet sekitar 1,5 jam sebelum tidur.

Matikan gadget atau elektronik 1,5 jam sebelum tidur (Foto: pixabay/simardfrancois)

Lalu, apabila kamu terbangun tengah malam, disarankan untuk tak menyalakan ponsel. Karena cahaya yang dipancarkan ponsel, dapat menurunkan produksi hormon melatonin, sehingga membuat tidurmu terganggu.

Cara yang keempat yakni mengonsumsi makanan berkarbohidrat. Karena dengan mengonsumsi makanan dalam jumlah yang cukup beberapa jam sebelum tidur, bisa membuat kamu terlelap lebih cepat. Hal ini diyakini lantaran karbohidarat bisa meningkatkan kadar hormon trypttophan yang membuatmu lebih mudah mengantuk, tapi hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Nah itu dia gengs beberapa langkah untuk cepat tidur, bisa kamu coba saat mengalami kesulitan untuk tidur. Selamat mencoba, semoga bermanfaat. (Ryn)

Baca Juga:

Pemilihan Waktu Tidur yang Tepat Bisa Membakar Lemak? Ini Penjelasannya

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH