Pencakar Langit, 4 Bangunan Pemegang Rekor Tertinggi Dunia Gedung pencakar langit tertinggi di dunia (Foto: pexels/philipp birmes)

SEIRING waktu berjalan, setiap negara di dunia ini akan terus berkembang dan maju. Pertumbuhan terus dilakukan demi kebutuhan manusia yang semakin bertambah. Proyek pembangunan gedung atau menara menjadi tujuan utama pemerintah negara untuk menunjukkan identitasnya. Terdapat gedung pencakar langit yang sangat megah. Tingginya mencapai puluhan hingga ratusan meter dengan total ratusan lantai.

Biaya pembangunan menara pencakar langit tidaklah kecil. Waktu untuk membangun menara membutuhkan waktu hingga bertahun-tahun lamanya. Namun, karena itu beberapa menara pencakar menjadi populer hingga memecahkan rekor tertinggi dunia. Merangkum dari beberapa sumber, simak beberapa di antaranya.

Baca juga:

Deretan Waterpark Terbaik di Dunia, Surga buat Penyuka Wisata Air

1. Ping'an Finance Centre

Pencakar Langit, 4 Bangunan Pemegang Rekor Tertinggi Dunia
Ping'an Finance Centre memiliki ketinggian 592,5 meter (Foto: the tower info)

Mulanya, dirancang setinggi 660 meter. Menara ini dibatasi demi keselamatan penerbangan. Menara Keuangan Ping (PAFC) memiliki ketinggian 592,5 meter. Saat perjalanan menuju Shenzhen, kamu wajib mengunjungi menara ini.

Berada di CBD Futian, dekat Coco Park. Menara ini jadi gedung tertinggi di China. Memiliki 118 lantai, menara ini juga memiliki lima lantai di bawah tanah.

2. Makkah Royal Clock Tower

Pencakar Langit, 4 Bangunan Pemegang Rekor Tertinggi Dunia
Makkah Royal Clock Tower menara tertinggi di Mekkah (Foto: destination KSA)

Terkenal dengan sebutan Menara Abraj Al-Bait terletak di dekat Masjid al Haram di Mekah, Arab Saudi. Tinggi bangunan Makkah Royal Clock Tower mencapai 601 meter di atas tanah seluas 23 hektare. Bangunan ini memegang posisi ketiga sebagai gedung pencakar langit tertinggi dunia.

Dikembangkan oleh proyek Wakaf Raja Abdulaziz, tujuannya memodernisasikan kota dengan menawarkan akomodasi kelas dunia bagi penduduk di Kota Suci Mekah. Menara ini memiliki 120 lantai yang berisikan hotel dan hiasan jam LED terbesar di dunia seperti yang dilansir dari laman design build network.

Baca juga:

Destinasi Wisata Alam Tercantik di Eropa, Impian Liburan Traveller Dunia

3. Shanghai Tower

Pencakar Langit, 4 Bangunan Pemegang Rekor Tertinggi Dunia
Tinggi Shanghai Tower mencapai 632 meter atau setara 2.073 kaki (Foto: shanghaitower.com)

Menara tertinggi kedua di dunia, Shanghai Tower berlokasikan di Lujiazui, Middle Yincheng Rd, Pudong, China. Tinggi menara ini mencapai 632 meter atau setara 2.073 kaki.

Ketinggian menara mencapai 127 lantai dan lima lantai di bawah tanah. Luas tiap ruangan sekitar 576 ribu meter persegi seperti yang dilansir dari laman travel China guide.

Sebanyak 980 pondasi tiang pancang terpasang di bawah tanah. Kedalamannya mencapai 86 meter dan menimbun 61 ribu meter kubik beton setebal enam meter sebagai bahan utama agar bangunan tetap kokoh. Uniknya, menara ini berbentuk spiral selayaknya ular. Alih-alih, sebagai penahan bangunan dari terpaan angin topan.

4. Burj Khalifa

Pencakar Langit, 4 Bangunan Pemegang Rekor Tertinggi Dunia
Burj Khalifa menara tertinggi di Dubai (Foto: kajolrpaswwan.com)

Burj Khalifa memiliki ketinggian mencapai 829.8 meter (2.723 kaki). Menjulang di atas metropolis Dubai, Burj Khalifa dinobatkan sebagai gedung tertinggi di dunia. Menara ini memiliki 162 lantai yang menggabungkan konsep budaya lokal dan kecanggihan teknologi.

Tak semata-mata bangunan pada umumnya, menara Burj Khalifa berisikan kantor, ruang ritel, hotel milik Giorgio Armani hingga unit perumahan. Lengkap dihiasi ruang hijau dan lingkungan ramah pejalan kaki.

Denah menara membentuk huruf Y, Burj Khilafa menawarkan pemandangan Teluk Arab yang menakjubkan. Terinspirasi dari geometri bunga gurun regional, di dalamnya terkandung arsitektur agama Islam seperti yang dikabarkan laman som.

Menarik dari tampilan luar, menara ini menerapkan konsep ramah lingkungan. Memiliki sistem ventilasi udara alami. Udara sejuk dihantarkan melalui rongga bagian atas bangunan. Selain itu, menara ini juga memiliki salah satu sistem pemulihan kondensat terbesar di dunia. (Dys)

Baca juga:

4 Gua Bawah Laut Terindah Dunia Jadi Destinasi Wisata Populer



Ananda Dimas Prasetya