4 Gua Bawah Laut Terindah Dunia Jadi Destinasi Wisata Populer Eksplorasi gua bawah air terindah di dunia (Foto: Pexels/Quang Nguyen Vinh)

TAK dipungkiri lagi, gua menjadi satu bagian dari jutaan keindahan alam di dunia. Ragam kebudayaan hingga pelestariannya selalu memikat perhatian. Terbentuk sejak ribuan tahun lalu, kini jadi destinasi wisata bawah air. Tak hanya terlihat menakjubkan. Juga cocok untuk mereka yang hobi menyelam. Eksplorasi dunia bawah air dengan pemandangan luar biasa.

Beberapa gua di bawah ini terdaftar dalam UNESCO sebagai situs warisan dunia. Berikut telah dirangkum empat gua yang jadi wisata bawah air terindah di dunia.

Baca juga:

5 Wisata Akuarium Terbaik di Dunia

1. Gua Blue Grotto Azzura, Italia

4 Gua Bawah Laut Terindah Dunia Jadi Destinasi Wisata Populer
Naik perahu dayung mengeksplorasi isi Gua Blue Grotto Azzura (foto: Adventure tour and travel)

Menikmati keindahan wisata air di gua Blue Grotto Azzura menambah pengalaman liburanmu. Berada di Pulau Capri, Italia. Kawasan gua yang membentuk perairan secara alami. Dikabarkan sudah ada sejak zaman romawi milik Kaisar Tiberius.

Memiliki panjang sekitar 190 kaki (sekitar 60 meter) dengan lebar 82 kaki (sekitar 25 meter). Tersedia perahu dayung bagi wisatawan yang ingin menjelajah. Tampak jernihnya air dengan pancaran cahaya pirus menerangi seisi gua.

Pantulan cahaya matahari seolah menembus Laut Mediterania, dekat gua. Sempat ditemukan tiga patung dewa laut Neptunus dan Triton dalam gua ini.

Untuk menikmati wisata air di situs resmi Blue Grotto Azzura membagikan informasi biaya mulai dari 12 hingga 17 Euro (setara Rp188 ribu sampai Rp267 ribu). Harga yang ditawarkan termasuk tiket dan akses perahu.

2. Gua Cenotes Dos Ojos, Meksiko

4 Gua Bawah Laut Terindah Dunia Jadi Destinasi Wisata Populer
Cenotes Dos Ojos jadi gua terpanjang di dunia (Foto: whitesharkegypt)

Berada di antara Playa del Carmen dan Tulum, dekat Semenanjung Yucatan Meksiko. Cenotes Dos Ojos jadi wisata gua bawah air terpanjang di dunia. Keindahan gua ini dihiasi stalagmit dan stalaktit yang memukau.

Ditemukan pertama kali tahun 1986. Kini, perairan alami dalam gua Cenotes Dos Ojos jadi wisata air bagi sejumlah penyelam.

Dihuni beberapa spesies ikan kecil warna-warni dan segerombolan kelelawar. Menambah daya tarik wisatawan. Untuk memasuki kawasan ini dikenakan biaya sebesar USD 19 atau setara Rp269 ribu.

Tak perlu khawatir jika membutuhkan pemandu. Tersedia tur dengan harga USD 550 (sekitar Rp7,8 juta) per kelompok. Bisa juga tur privat seharga USD 850 (setara Rp12 juta) per orang. Harga tur sudah termasuk biaya sewa perlengkapan menyelam.

Baca juga:

5 Destinasi Wisata Paling Romantis di Dunia Ini Jadi Impian Para Traveler

3. Gua The Orda, Rusia

4 Gua Bawah Laut Terindah Dunia Jadi Destinasi Wisata Populer
Gua The Orda jadi destinasi wisata air penyelam (Foto: Geology Page)

Berukuran lebih dari 16 ribu kaki, Gua The Orda jadi gua bawah air terpanjang di Rusia. Terpanjang kedua di Eurasia. Berada di bagian Tenggara Desa Orda, Kawasan Perm, Dataran Rusia. Gua ini ditemukan saat awal abad ke-19 dan dijadikan industri konstruksi.

Kini, bagian dalam gua Orda dihiasi batu gipsum monumen alam terbesar di dunia. Di dalamnya berisikan lorong-lorong. Kondisi air di gua Orda jernih dengan suhu sekitar lima derajat celcius. B

anyak penyelam yang menjelajah lokasi ini. Keindahannya membuat Gua The Orda terdaftar dalam Warisan Alam Dunia UNESCO pada 2008.

4. Gua The Grotto, Kanada

4 Gua Bawah Laut Terindah Dunia Jadi Destinasi Wisata Populer
Wisata bawah air yang populer di Taman Nasional Bruce Peninsula adalah Gua The Grotto (Foto: Narcity)

Terakhir, wisata gua bawah air The Grotto yang ada di perbatasan pantai Teluk Georgian, Ontario, Kanada. Wisata gua bawah air populer di Taman Nasional Bruce Peninsula. Sesekali pancaran cahaya pirus menerangi terowongan bawah air ini. Memperlihatkan struktur batu kapur yang terbentuk oleh erosi selama bertahun-tahun.

Tak ada biaya khusus untuk memasuki gua ini. Kamu hanya akan dikenakan biaya parkir seharga USD 11,70 atau setara Rp166 ribu per kendaraan. Harus dilakukan reservasi terlebih dahulu. Kecuali jika kamu menggunakan akses kendaraan umum. (dys)

Baca juga:

Empat Resort Menyelam Indonesia yang Masuk Dafrar 50 Terbaik di Dunia


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya