Pelajaran Hidup yang Bisa Kita Ambil dari Film 'Spider-Man: Far From Home' Pelajaran hidup dari film Spider-Man: Far From Home (Foto: Den of Geek)

FILM yang menandakan berakhirnya fase tiga dari Marvel Cinematic Universe (MCU) ini dikemas dengan visual yang menakjubkan. Namun terlepas dari cerita yang berkelanjutan serta visualisasi yang dibuat dengan teknologi komputer canggih, terkandung nilai-nilai moral yang bisa menjadi pelajaran dalam kehidupanmu lho! Sebelum membaca lebih jauh, artikel ini mengandung spoiler untuk film. Yuk lihat apa saja hikmah dan pelajaran hidup yang bisa kita ambil dari film Spider-Man: Far From Home.

1. Jangan mudah percaya

Pelajaran Hidup yang Bisa Kita Ambil dari Film 'Spider-Man: Far From Home'
Kepercayaan bukan sesuatu yang bisa dengan mudah kamu berikan kepada orang baru (Foto: Complex)

Hanya bergantung pada beberapa pertemuan saja, Peter Parker telah menganggap bahwa Mysterio adalah sosok yang bijaksana, berpengalaman, baik hati dan dewasa. Sifat-sifat Mysterio inilah yang berhasil merebut hati serta menumbuhkan kepercayaan Peter Parker terhadap Mysterio.

Dalam waktu yang sebentar, Parker telah merasa bahwa Mysterio pantas menjadi pengganti Tony Stark dan layak untuk menjadi anggota The Avengers. Meskipun begitu, keadaan berbalik sehingga ternyata Mysterio hanya 'menipu' semua orang di bumi ini dengan ilusi drone miliknya.

Baca juga:

Misteri yang Hanya Bisa Terbongkar Setelah Menonton Spider-Man: Far From Home

Pelajaran yang bisa diambil adalah bahwa jangan mudah percaya kepada orang lain. Mereka mungkin bisa saja memiliki paras yang menawan, menyampaikan sesuatu dengan tulus, dan bersikap sangat baik terhadap kamu, tetapi kepercayaan bukanlah sesuatu yang seharusnya mudah kamu berikan.

Pertimbangkanlah seberapa lama kamu mengenalnya, sikapnya dalam menghadapi berbagai masalah yang ada, cara dia bersikap terhadap orang lain, serta suara hati kamu sebelum menaruh kepercayaan penuh pada seseorang jika kamu tidak ingin dikhianati dan sakit pada akhirnya.

2. Pembawaan bisa memanipulasi

Pelajaran Hidup yang Bisa Kita Ambil dari Film 'Spider-Man: Far From Home'
Pembawaan bisa membantu kamu memanipulasi orang lain (Foto: Pajiba)

Bersikap manipulatif tidak selalu dikonotasikan negatif. Jika kamu menginginkan sesuatu, kamu bisa belajar dari apa yang dilakukan oleh Mysterio di film Spider-Man: Far From Home.

Untuk bisa memanipulasi orang lain, kamu bisa membentuk diri dengan sikap yang ramah, tidak sarkastik, serta menunjukkan sisi kepahlawanan dan dermawan di depan orang yang ingin kamu manipulasi. Untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan, kamu juga bisa memainkan trik psikologis dengan tidak menunjukkan secara terang-terangan tentang apa yang kamu inginkan.

Mysterio bermain secara halus dan kerap kali mempertanyakan Parker ketika Parker memutuskan untuk memberikan kacamata EDITH peninggalan Tony Stark kepadanya. Bersikap seolah tidak menginginkan sesuatu dapat membuat lawan bicara merasa bahwa kamu bukanlah orang yang manipulatif.

Baca juga:

Peter Parker Kunjungi Tempat-Tempat Keren Ini di Spider-Man: Far From Home

Menurut goodmenproject.com, orang-orang yang tidak bisa dipercaya, atau bisa dikatakan hanya memanfaatkanmu serta bersikap manipulatif biasanya tidak akan pernah tidak setuju akan apa yang kamu katakan, dan juga terus membela serta berada di sisimu.

Ini terlihat ketika Mysterio mengatakan kepada Parker untuk jangan pernah malu menjadi orang terpintar dalam suatu ruangan. Hal ini akan memupuk kepercayaan Parker dan membuat ia berpikir bahwa ia dan Mysterio memiliki suatu hal yang sama.

Memiliki persamaan dapat memupuk kepercayaan sehingga hal ini bisa dimanfaatkan jika kamu ingin mendapatkan apa yang kamu inginkan dari orang lain.

3. Tidak berjalan sesuai rencana belum tentu berakhir buruk

Pelajaran Hidup yang Bisa Kita Ambil dari Film 'Spider-Man: Far From Home'
Tidak berjalan sesuai rencana belum tentu berakhir buruk. (Foto: Washington Post)

Dari awal film, telah diketahui bahwa Parker telah membuat sederet rencana romantis dalam misi menembak MJ. Mulai dari memikirkan untuk duduk bersebelahan dengan MJ di pesawat, sampai memberikan hadiah kalung, semuanya gagal. Bahkan, Parker memiliki saingan yang cukup berat dalam memenangkan MJ, yaitu Brad Davis yang disukai kebanyakan kaum hawa.

Meskipun begitu, keadaan menjadi lebih indah ketika MJ mengetahui persoalan yang dihadapi Parker serta identitasnya. MJ dan Parker akhirnya menemukan jalannya sendiri untuk bisa bersama yang sangat jauh berbeda dengan apa yang telah direncanakan Parker.

Baca juga:

Sederet Karakter yang Diteorikan Hadir di Spider-Man: Far From Home

Nilai moral yang bisa ditemukan adalah bahwa tidak semua yang tidak berjalan sesuai rencana berakhir dengan buruk, dan juga kejujuran dan kepercayaan terhadap pasangan bisa membuat hubunganmu lebih mudah.

4. Jangan bergantung pada apa yang kasat mata

Pelajaran Hidup yang Bisa Kita Ambil dari Film 'Spider-Man: Far From Home'
Jangan mudah percaya akan ilusi (Foto: Hollywood Reporter)

Hampir seluruh manusia, termasuk Nick Fury terbuai oleh ilusi drone dari Mysterio, dan semua ini tidak akan terungkap jika Mysterio tidak kehilangan salah satu drone yang kemudian ditemukan oleh MJ. Semua orang mempercayai apa yang mereka lihat dengan mata mereka dan apa yang mereka dengar dengan telinga mereka.

Ini sangat relevan dengan apa yang kerap terjadi di dunia saat ini. Kita akan lebih menyukai sesuatu yang bagus dan kita mencoba terlalu keras untuk menampilkan citra sebaik mungkin.

Orang-orang akan mudah percaya akan apa yang mereka lihat, sehingga visual menjadi pertimbangan pertama. Ini bisa terkait ke dalam aspek kehidupan, percintaan, dan pertemanan itu sendiri.

Baca juga:

Mengenal Elementals, Villain di Spiderman: Far From Home

Kamu akan menjadikan tampilan fisik sebagai acuan dari segala pertimbangan, dan itu bukanlah hal yang akan berakhir baik. Apakah kamu tidak memiliki kerinduan akan sesuatu yang orisinal?

Kehidupan palsu dan fana yang semakin berkembang tidak jarang malah membuat kita menjadi insecure, iri hati, serta selalu merasa tidak cukup dengan apa yang kita punya.

5. Tingkatkan kepekaanmu

Pelajaran Hidup yang Bisa Kita Ambil dari Film 'Spider-Man: Far From Home'
Perhatikan gerak-gerik lawan jenismu (Foto: Time Magazine)

Sejak film Spider-Man: Homecoming, kita telah menyadari bahwa MJ menyukai Parker. Sangat terlihat jelas, namun saat itu Parker masih menyukai gadis bernama Liz.

Di Spider-Man: Far From Home, Parker terang-terangan menyukai MJ karena pembawaannya yang keren dan cuek, dan Parker sama sekali tidak menyadari bahwa MJ telah menyukainya sedari dulu.

Baca juga:

4 Kostum yang Akan Dipakai Peter Parker di Spider-Man: Far From Home

Ini membuktikan bahwa sebagian laki-laki tidak peka terhadap perasaan perempuan. Jika kamu salah satunya, cobalah tingkatkan kepekaanmu, dan coba bandingkan perlakuannya terhadap kamu dan juga perlakuannya terhadap orang lain. Jika masih kurang jelas, jangan takut untuk bertanya dan hindari mengira-ngira agar semuanya clear. (shn)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH