Panggilan Nyeleneh yang Bikin Akrab Anak Tongkrongan

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Jumat, 23 April 2021
Panggilan Nyeleneh yang Bikin Akrab Anak Tongkrongan
Jadi panggilan sayang anak tongkrongan. (Foto: Instagram/mechan_kragan)

BUAT anak tongkrongan, khususnya laki-laki, kamu pasti pernah punya nama julukan atau panggilan tersendiri yang aneh kan? Mulai dari Blek, Ambon, Ncek, Jawir, Chimenk, Ucok, dan masih banyak lagi. Panggilan ini menjadi penanda bahwa orang yang dimaksud adalah si Dion misalnya, atua bahasa gaulnya a.k.a (Also Known As).

Bukan tanpa alasan, panggilan nyeleneh ini biasanya dilihat dari asal suku, fisik, tingkah laku, atau latar belakang si teman nongkrong. Fungsi ‘nama alias’ ini dijadikan sebagai pembeda antara teman yang satu dengan lainnya. Dan fenomena ini menjadi hal yang lumrah di Indonesia sebagai panggilan ‘sayang’.

Untuk mendapatkan gelar panggilan tersebut, tentu butuh jangka waktu tertentu sehingga bisa resmi dipanggil. Misalnya kamu sudah sering nongkrong dan akrab satu sama lain. Enggak butuh konfirmasi dari dia dulu, sesuai kesepakatan anak tongkrongan saja. Yang jelas jangan sampai menghina atau merendahkan ya.

Coba kita breakdown satu per satu. Yang pertama, Blek. Panggilan ini biasanya disematkan buat mereka yang berkulit eksotis dan enggak memandang dari suku mana. Penyebabnya bisa jadi karena bawaan dari lahir atau keseringan ke luar rumah saat terik matahari. Bagi sebagian orang mungkin panggilan ini rasialis, tapi tidak bagi anak tongkrongan.

Baca juga:

Game Lekat dengan Anak Tongkrongan

Panggilan Nyeleneh yang Bikin Akrab Anak Tongkrongan
Butuh waktu untuk tidak baper. (Foto: Instagram/waroenggoebuk)

Lalu ada panggilan Bule atau Mister, alias kebalikan dari Blek. Panggilan ini ditujukan kepada mereka yang punya keturunan luar negeri dan tampangnya lebih mendingan dari yang lain. Ya minimal hidung mancung dan mata indah bola pingpong kali ya. Atau bisa jadi sarkas buat teman yang rambutnya dicat warna cokelat ala-ala bule gagal.

Ada lagi panggilan Omes alias Otak Mesum yang kalau di tongkrongan pasti membahas seputar hal-hal mesum. Miris.

Nah jika dilihat dari fisik lainnya, ada panggilan GaBe alias Gajah Bengkak. Sudah tau lah ya panggilan ini biasanya diberikan kepada si teman yang suka makan atau punya postur tubuh besar. Kalau MoTul alias Modal Tulang, dipanggil ke si teman yang cungkring alias kurus.

Yang lucunya lagi adalah panggilan ‘Bapak’. Panggilan ini sengaja diberikan kepada teman yang wajahnya masih muda tapi berpenampilan layaknya bapak-bapak. Misalnya memakai kemeja dan bawahan formal, jam tangan stainless steel, kalung emas, sampai rambut yang ala kadarnya.

Baca juga:

Istilah Khas Tongkrongan Wibu, Pernah Dengar?

Panggilan Nyeleneh yang Bikin Akrab Anak Tongkrongan
Biasanya melihat dari asal suku, fisik, sampai latar belakangnya. (Foto: Instagram/ombi_cadell197)

Dan yang paling legend adalah panggilan akrab menggunakan nama orang tua. Generasi 90-an sampai 2000-an pasti pernah mengalami hal ini. Enggak bisa dimungkiri, memang bete dan jengkel awalnya ketika kita dipanggil dengan nama orang tua kita.

Biasanya, panggilan itu diucapkan dari mereka yang hampir setiap hari bermain dengan kita, bukan yang hanya sekadar basa-basi. Butuh waktu tertentu untuk pada akhirnya bisa menerima panggilan akrab tersebut. (and)

Baca juga:

Idola KW Gemparkan Tongkrongan Fan K-Pop

#April Tongkrongan Di Negeri Aing
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan