Pandji Pragiwaksono Bawa Pesan Penting di Album Merdesa

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Senin, 01 Agustus 2022
Pandji Pragiwaksono Bawa Pesan Penting di Album Merdesa
Pandji Pragiwaksono Bawa Pesan Penting di Album Merdesa (Foto: instagram @pandji.pragiwaksono)

MELALUI Album Merdesa dirilis pada tahun 2010 lalu, Rapper sekaligus standup comedian Pandji Pragiwaksono membawa pesan agar seseorang harus hidup merdesa atau patut dan layak setelah merdeka.

Pandji di album tersebut mengungkapkan pembajakan bisa memiskinkan musisi sehingga tak bisa hidup merdesa. Maka, dalam melawan pembajakan, Pandji menggunakan free lunch method ketika memasarkan album ketiganya bertajuk Merdesa.

Baca Juga:

Pusakata Buat Lagu Berbahasa Daerah Jadi 'Naik Kelas'

Sedikit informasi, sebelumnya Pandji sudah meluncurkan dua buah album. Pertama Provocative Proactive (2008) dan kedua You'll Never Know When Someone Comes In and Press Play on Your Paused Life (2009).

Merdesa artinya layak dan patut (Foto: instagram @pandji.pragiwaksono)

Seperti dikutip Hai, menurut Pandji Merdesa artinya layak dan patut, jadi setelah merdeka seseorang harus mencari hidup patut dan layak. Pandji menemukan kata tersebut dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Di album Merdesa terdapat 14 lagu berisi pesan edukatif dibanding dua album lainnya. Di dalam album tersebut berisi lagu, antara lain The Comeback, LXIX, I Remember, Lagu Melayu, Perhatikan, Was Her, Tangan Kotor, Menoleh, Menyingkir, DPR, Takkan Usai, MainItuHidupItuMain, dan Pulang. Sejumlah aspek kehidupan dijadikan inspirasi Pandji dalam menulis lagu-lagunya.

Salah satunya lagu I Remember bercerita tentang kehidupan pasangan sudah menikah. Ada pula Lagu Melayu mengajak pendengar kelililing Indonesia sebelum berkelliling ke luar negeri. Lalu, ada lagu Menoleh mengingatkan pemuda Indonesia akan para Pahlawan.

Baca juga:

Kolaborasi Achmad Albar dan Ian Antono Sukses Guncang Jazz Gunung Bromo 2022

Merdesa artinya layak dan patut, jadi setelah merdeka, seseorang harus mencari hidup yang patut dan layak (Foto: instagram @pandji.pragiwaksono)

Lagu-lagu Pandji di album Merdesa, bisa diunduh secara gratis di situs http://merdesa.pandji.com. Hal tersebut dilakukan untuk mengalahkan pembajakan atas karya ciptanya. Namun, meski gratis, hak Pandji sebagai musisi tetap dilindungi hukum.

Pandji menggunakan metode pemasaran disebut Free Lunch Method sebagai solusi dalam mengatasi tindakan pembajakan, serta diharapkan bisa menginspirasi musisi lain, dalam melindungi hak atas karya mereka.

Pandji berharap musisi Indonesia bisa hidup layak sesuai dengan kata Merdesa, dan bisa terus berkarya dengan jati diri dan minat mereka di dunia musik. (Ryn)

Baca juga:

Pusakata Hangatkan Jazz Gunung Bromo 2022

#Musik #Agustus Warga +62 Merdesa #Musisi Indonesia #Rapper
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan