Ngetop di Manca Negara, Ini Kuliner Khas Nusantara Favorit Banyak Orang Kuliner Indonesia memiliki penggemarnya. (Foto: Pexels/rawpixel.com)

INDONESIA memiliki segudang masakan khas dengan cita rasa tinggi. Memilliki keaneka ragaman rempah-rempah dengan bumbunya menjadikannya incaran banyak orang.

Begitu populernya masakan Nusantara sudah bukan makanan yang sulit dijumpai luar negeri. Banyak warga asing yang cocok dan gemar menikmati masakan khas Indonesia.

Baca Juga:

Kapan Sebenarnya Waktu Terbaik untuk Makan? ini Jawaban Para Ahli

Tempe

makan
Kacang kedelai yang difermentasi memiliki penggemarnya di tanah Jepang. (Foto: instagram@adeslatif)

Berasal dari olahan kacang kedelai yang difermentasi. Di Indonesia sering dianggap sebagai makanan murah golongan bawah. Berbeda nasib di luar negeri, tempe memiliki derajat yang tinggi. Di Jepang tempe malah sudah menjadi makanan favorit masyarakat. Tempe dapat diolah menjadi beberapa jenis masakan enak dengan cita rasa khas.


Gado-gado

makan
Gado-gado yang merupakan makanan sehat. (Foto: Idina Risk)


Merupakan makanan yang dianggap baik untuk kesehatan.Menggunakan campuran sayuran, yang dipadukan dengan lontong, tempe dan tahu. Kemudian disiram dengan bumbu kacang khas. Jangan lupa tambahkan kerupuk dan bawang goreng agar terasa lebih gurih.

Gudeg

makan
Bercitarasa manis dan gurih. (Foto: instagram@gudegyudjum)


Merupakan makanan khas kota Jogja. Didominasi cita rasa yang manis terasa meresap sampai ke dalam bumbunya. Restoran Clayton Road, di Melbourne menyajikan makanan gudeg di menunya.

Baca Juga:

Trik Cara Maksimal Makan di Restoran 'All You Can Eat'

Sate

makan
Menggunakan bahan dasar daging. (Foto: Pixabay/saesherra)


Merupakan jenis makanan yang banyak digemari. Terdapat beberapa macam sate, seperti Sate Padang, Sate Madura, Sate Maranggi dan lainnya. Umumnya menggunakan bahan utama berupa daging ayam, kambing ataupun sapi. Daging tersebut ditusuk dengan batang bambu berdiameter kecil dengan panjang sekitar 15cm.


Rendang

makan
Rendang yang sangat kesohor di dunia. (Foto: instagram@mameko505)

Adalah jenis makanan khas Padang, Sumatera Barat. Rendang menggunakan rempah-rempah dan beragam bumbu dapur. Untuk membuat rendang, dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Bumbu rendang perlu diaduk dalam api yang menyala selama berjam-jam. (lgi)

Baca Juga:

Tidur Setelah Makan Siang Ternyata Juga Ada Manfaatnya

Kredit : leonard


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH