Tidur Setelah Makan Siang Ternyata Juga Ada Manfaatnya Tidur setelah jam makan siang saat bekerja di kantor (Foto: dare2compete.com)

TIDUR setelah makan siang di waktu jam istrahat kamu ternyata punya dampak yang baik lo. Manfaat tidur siang yang akan kamu rasakan diantaranya dapat meningkatkan kinerja, kecerdasan, bahkan bisa menjaga berat badan kamu. Mungkin kamu bingung setelah membaca judul dari artikel ini.

Bagi kebanyakan orang, tidur setelah menyantap makan siang adalah hal yang mereka hindari. Karena mereka masih percaya beberapa mitos yang mengatakan tidur setelah makan siang dapat menurunkan kinerja dalam beraktivitas, bahkan menambah berat badan.

Berbanding terbalik dengan apa yang dikatakan mitos, justru tidur setelah makan siang juga ada manfaatnya. Dilansir dari laman go-dok, berikut manfaat tidur setelah makan siang yang dapat kamu rasakan.

1. Meningkatkan kinerja

Tidur Setelah Makan Siang Ternyata Juga Ada Manfaatnya
Kinerja meningkat setelah tidur sehabis makan siang (Foto: Pixabay/Khamkor)

Salah satu alasan mengapa kamu menghindari tidur setelah makan siang mungkin karena kamu takut dianggap pemalas dan tidak produktif oleh orang di sekeliling kamu.

Namun, sebuah penelitian menunjukan bahwa tidur siang yang cukup ternyata dapat mengurangi rasa kantuk yang kamu rasakan, meningkatan kinerja, dan meminimalisir rasa sakit kepala saat bekerja.

2. Meningkatkan kecerdasan

Tidur Setelah Makan Siang Ternyata Juga Ada Manfaatnya
Tidur sehabis makan siang bisa meningkatkan kecerdasan (Foto: pixabay/rawpixel)

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa tidur setelah makan siang terbukti dapat meningkatkan kecerdasan kamu lo. Dengan kamu melakukan tidur siang selama 60 menit maka kamu akan mendapatkan manfaat yang sama seperti kamu tidur di malam hari.

Pernyataan dari professor Matthew Walker juga menyatakan bahwa tidur siang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan kapasitas memori otak agar dapat mampu menerima infomarsi-informarsi tambahan yang lebih panjang dan rumit.

3. Menjaga berat badan

Tidur Setelah Makan Siang Ternyata Juga Ada Manfaatnya
Malah terbukti menurunkan berat badan (Foto: pixabay/mojzagrebinfo)

Seperti yang dikutip dari thehealthsite, dikatakan bahwa tidur siang setelah makan siang tidak meyebabkan kegemukan atau penumpukan lemak. Kegemukan justru akan terjadi apabila kamu mengonsumsi kalori harian melebihi jumlah yang dibutuhkan tubuh.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi untuk tidur siang setelah makan, karena itu tidak mempengaruhi berat badan. Karena pada dasarnya, tubuh kamu tetap membakar kalori saat kamu sedang tertidur. Meskipun kalori yang terbakar tidak sebanyak saat kamu sedang bekerja.

Jika kamu merasakan ngantuk di siang hari tapi takut bertambah gemuk untuk tidur, disarankan untuk memberi jeda waktu satu sampai dua jam sebelum melakukan tidur siang agar tubuh kamu dapat menerima makanan terlebih dahulu. (gsh)



Ananda Dimas Prasetya