Kapan Sebenarnya Waktu Terbaik untuk Makan? ini Jawaban Para Ahli Berapa jam waktu yang ideal untuk sarapan, makan siang, makan malam, dan waktuk camilan (Foto: pixabay/congerdesign)

MAKAN merupakan kebutuhan pertama untuk setiap makhluk hidup. Tidak hanya manusia, tapi hewan dan tumbuhan perlu makan. Dengan makan kita bisa membuat tubuh menjadi sehat dan kuat. Tapi, apakah kamu sering menyepelekan makan? Atau menenunda waktu makan karena perut belum merasa kenyang? Kalau sedang diet bagaimana? Sebenernya kapan sih waktu makan yang terbaik dalam sehari? Dibawah ini adalah waktu terbaik untuk makan dalam sehari yang dilansir dalam laman go-dok.com

1. Waktu sarapan

Kapan Sebenarnya Waktu Terbaik untuk Makan? ini Jawaban Para Ahli
Waktu sarapan yang ideal setelah 1 jam bangun tidur (Foto: pixabay ponce_photography)


Ternyata sarapan itu penting banget lo buat menjaga energi kamu himgga siang hari. Sebuah penelitian pada tahun 2015 menyebutkan, bahwa mengkonsumsi sarapan dengan protein tinggi dapat mengurangi pertambahan lemak tubuh sekaligus mencegah kamu cepat merasa lapar sepanjang hari.

Penelitian tersebut juga menyarankan waktu makan terbaik untuk sarapan adalah di antara jam 6 pagi hingga jam 9.45 pagi.

Jim White, seorang juru bicara dari Academy of Nutrition and Dietetics, yang dilansir langsung dari laman go-dok.com juga menyarankan Anda untuk sarapan setidaknya dalam waktu satu jam setelah bangun.

Jadi, jika kamu terbiasa bangun jam 6 atau 7 pagi, maka yang paling ideal adalah sarapan di jam 7 dan 8 pagi. Jangan menunda sarapan hingga lewat pukul 10 pagi, ya, sebab hal ini dapat memengaruhi waktu makan selanjutnya.

2. Waktu makan siang

Kapan Sebenarnya Waktu Terbaik untuk Makan? ini Jawaban Para Ahli
Makan siang sekitar 4 jam dari waktu sarapan (Foto: pexels/Ella Olsson)


Makan siang terbaik dan ideal adalah pukul 12.45, atau sekitar 4 jam dari waktu sarapan kamu. Sebagai contoh, jika kamu sarapan pukul 8 pagi, kamu bisa memunda makan siang hingga 12 siang, dan ini masih bisa dibilang ideal.

Jangan menunda makan siang hingga lebih jam 4 sore, karena bisa buat kamu lemas dan mengurangi konsentrasi saat bekerja atau melakukan aktivitas.

Usahakan menu makan siang kamu kaya akan serat dan protein, serta karbohidrat yang diperlukan untuk mengisi energi hingga malam hari. Kamu juga bisa mengkonsumsi salad atau sayur, dengan porsi nasi secukupnya, dan lauk daging atau telur.

Diingatkan, hindari mengkonsumsi nasi (karbohidrat) terlalu banyak, dan makan terlalu kenyang untuk menghindari ngantuk, ya.

3. Waktu makan malam

Kapan Sebenarnya Waktu Terbaik untuk Makan? ini Jawaban Para Ahli
Jangan makan malam 3 jam sebelum tidur (Foto: pexels/Creative Vix)


Waktu makan terbaik di malam hari itu lebih ketat dibandingkan waktu makan yang lain. Kamu disarankan tidak makan malam lebih dari jam 8 malam. Makan malam yang lebih ideal dan terbaik antara jam 6 sore hingga 8 malam.

Tetapi, jika kamu baru makan jam 3 sore, kamu bisa menunda makan malam hingga jam 9 malam. Perlu diingatkan, jangan menunda makan di atas jam 9 malam, ya. Waktu makan malam dan waktu tidur berjarak 3 jam.

Anda tidak disarankan makan banyak di malam hari, maka makanlah dalam porsi yang lebih kecil dibandingkan waktu sarapan dan makan siang.

4. Waktu camilan

Kapan Sebenarnya Waktu Terbaik untuk Makan? ini Jawaban Para Ahli
Camilan yang sehat adalah buah-buahan (Foto: pexels/Trang Doan)


Sebenarnya, jika kamu sarapan sampai makan malam dengan porsi yang tepat, kebiasaan mengemil di sela-sela waktu makan akan berkurang dengan sendirinya. Namun, jika hasrat itu masih ada, jangan lupa untuk menjaga waktu camilan berjarak 2 jam sekali.

Camilan sehat, seperti buah, kue rendah-kalori, kue gandum atau kue oat, dan lainnya, sangat baik untuk kamu. Selain itu, jangan mengemil di atas jam 10 malam, karena bisa memicu masalah kesehatan dan obesitas. (sel)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH