Kecantikan

Mudahnya Mengatasi Rambut Kering

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Rabu, 01 Februari 2023
Mudahnya Mengatasi Rambut Kering
Rambut kering terjadi saat kulit kepala tidak dapat memproduksi minyak yang cukup untuk melembapkan rambut. (Foto: freepik/freepik)

APAKAH kondisi rambutmu kering dan mengembang? Jangan khawatir, dengan melakukan perawatan yang tepat, rambut dapat menjadi lebih mudah diatur dan terlihat lebih sehat.

Untuk mengatasi rambut kering dan mengembang, kamu harus menemukan sampo dan kondisioner yang tepat. Namun, kamu juga dapat menggunakan bahan-bahan perawatan rambut alami, seperti minyak kelapa dan minyak zaitun. Keduanya dapat digunakan untuk membuat rambut menjadi lebih lembap dan mudah diatur.

Baca Juga:

Cara Atasi Rambut Rusak akibat Bleaching

Rambut kering terjadi saat kulit kepala tidak dapat memproduksi minyak yang cukup untuk melembapkan rambut, atau rambut kehilangan kelembapannya akibat kerusakan kutikula (lapisan pelindung rambut). Hal tadi pasti ada beberapa penyebabnya.

Pertama, terlalu sering mencuci rambut dengan menggunakan sampo yang berefek keringnya pada kulit kepala dan rambut. Kedua, kebiasaanmu mengeringkan rambut dengan hair dryer.

Lalu selanjutnya, kebiasaanmu melakukan styling dengan menggunakan pelurus rambut atau pengeriting rambut. Keempat, membiarkan rambut terpapar sinar matahari, angin, dan udara yang kering tanpa perlindungan yang cukup.

Gunakan minyak zaitun, salah satu minyak alami untuk mempertahankan kelembapan rambut, melembutkan dan memperkuat rambut hingga ke akarnya. (Foto: freepik/freepik)

Selain empat hal tadi, terdapat satu hal penyebab terjadinya rambut kering yang fatal. Yaitu apabila kamu sering melakukan perawatan rambut yang menggunakan bahan kimia, seperti pewarnaan, pengeritingan, atau pelurusan rambut secara permanen.

Namun, kamu tidak perlu bingung untuk mengatasi keluhan rambut kering ini. Dilansir Healthline, terdapat beberapa cara untuk kamu lakukan untuk mengatasi rambut kering dan mengembang, misalnya:

1. Jangan terlalu sering mencuci rambut

Buat kamu yang memiliki rambut kering dan mengembang, hindari mencuci rambut setiap hari karena dapat membuat rambut semakin kering dan rusak. Sebaiknya mencuci rambut 1-2 kali dalam seminggu, atau mencucinya saat rambut sudah terasa kotor.

2. Pilih dan gunakan sampo yang tepat

Gunakan sampo yang sesuai dengan jenis rambutmu. Beberapa di antaranya terdapat sampo yang dibuat khusus untuk mengatasi rambut kering dan mengembang. Sampo ini dapat mempertahankan kelembapan dan kadar air di kulit kepala. Kamu dapat memilih sampo yang mengandung dimethicone.

Pemicu terjadinya rambut kering adalah kulit kepala yang kering. Kondisi ini juga erat dikaitkan dengan munculnya ketombe. Untuk menghindari atau mengatasinya, kamu bisa memilih sampo yang mengandung cocamidopropyl betaine, natrium benzoat, dan methylchloroisothiazolinone.

Selain itu, sampo yang mengandung zinc pyrithione dan mentol bisa kamu pilih untuk mencegah dan mengatasi ketombe. Kedua kandungan ini bermanfaat untuk mengurangi rasa gatal, mengurangi minyak berlebih pada kulit kepala yang dapat menyebabkan ketombe basah, dan memberikan sensasi menyegarkan di kulit kepala.

3. Gunakan kondisioner

Jika selama ini kamu tidak menggunakan kondisioner setelah bersampo, maka ubahlah kebiasaanmu. Kondisioner dapat membuat kultikula rambut tetap sehat dan menjaga kadar minyak alami di rambutmu. Pemakaian kondisioner juga dapat membuat rambut menjadi lembap dan lebih sehat.

Untuk hasil maksimal, pilihlah kondisioner yang memiliki kandungan biotin untuk mengembalikan kilau rambut dan keratin sebagai protein pelindung, sehingga rambut tidak mudah pecah. Pastikan juga kondisioner mengandung kolagen yang membantu memperkuat tiap helai rambut dari dalam.

Baca Juga:

Selamat Tinggal Rambut Kering!

4. Minyak alami

Selain menggunakan kondisioner, kamu dapat mengoleskan minyak dari bahan alami ke rambut yang kering dan mengembang. Misalnya minyak zaitun yang merupakan salah satu minyak alami untuk mempertahankan kelembapan rambut, melembutkan dan memperkuat rambut hingga ke akarnya.

Salain itu, kamu dapat memanfaatkan minyak kelapa untuk mengatasi rambut kering dan mengembang. Minyak kelapa diyakini dapat melembapkan rambut sekaligus melindungi rambut dari kerusakan.

Penggunaan alat seperti pengering rambut, catokan, dan pengeriting akan memberikan panas ke rambut. (Foto: freepik/freepik)

5. Perlindungan untuk rambut

Lindungi rambutmu dari panas dan paparan sinar matahari terlalu lama. Jika cuaca sedang panas, kenakanlah topi ketika kamu beraktivitas di luar ruangan. Atau kamu juga bisa menggunakan penutup kepala saat mandi atau ketika berenang di kolam renang atau laut, untuk melindungi rambut dari klorin dan air garam.

6. Batasi pakai alat styling

Untuk mengatasi dan mencegah rambut kering dan mengembang, disarankan untuk membatasi penggunaan alat styling rambut. Penggunaan alat seperti pengering rambut, catokan, dan pengeriting akan memberikan panas ke rambut. Jika digunakan terus menerus dan terlalu sering, maka dapat merusak rambut kamu.

7. Asupan sehat

Selain melakukan perawatan dari luar, merawat rambut dari dalam pun sangat penting. Dengan mengonsumsi makanan sehat, misalnya ikan salmon. Konsumsi ikan salmon dapat membantu membuat rambut menjadi lebih sehat dan berkilau. Selain itu, kamu bisa mengonsumsi sayur bayam untuk mengatasi rambut yang rapuh, dan jambu biji untuk mencegah kerusakan rambut.

Beragam cara mengatasi keluhan rambut kering di atas patut kamu coba ya. Apalagi jika rambutmu terlampau mengalami kerusakan. Tapi jika sudah sulit diatasi dengan tips di atas, maka sudah saatnya kamu konsultasikan keluhan itu ke dokter. (dgs)

Baca Juga:

Masker Rambut Alami yang Bisa Kamu Buat di Rumah

#Kecantikan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan