Selamat Tinggal Rambut Kering! Langkah mudah merawat rambut kering (Foto: Pexels/Element5 Digital)

PUNYA rambut kering enggak banget deh! Malu banget kan kalau orang melihat rambut kamu kusut karena kering. Kamu bisa dikira belum mandi. Padahal keramas sudah rutin, tapi tetap saja rambut terlihat kering dan mengganggu penampilan. Kenapa sih rambut bisa kering?

Faktor penyebab rambut kering bermacam-macam. Bisa karena lingkungan yang kotor, cara keramas yang salah, penggunaan alat styling rambut, cat rambut, kurang air putih, hingga kurang nutrisi.

Baca juga:

Masker Rambut Alami yang Bisa Kamu Buat di Rumah

Nah, bagaimana sih mencegah rambut kering? Beberapa cara ini akan membantunya:

1. Hindari bahan yang memicu rambut kering

Hindari produk rambut yang mengandung silikon dan alkohol (Foto: Pexels/Tim Mossholder)

Hindari penggunaan produk rambut yang mengandung silikon dan alkohol. Silikon dapat menghalangi nutrisi dan kelembapan yang dibutuhkan rambut. Sementara alkohol dapat membuat rambut dehidrasi.

2. Gunakan masker rambut

Masker rambut dapat melembapkan rambut (Foto: Pexels/Pixabay)

Gunakan masker rambut 1-2 kali dalam seminggu. Hal ini membantu untuk menambah kelembapan dan melembutkan rambut yang kasar. Oleskan masker ke rambutmu setelah keramas, ratakan dan diamkan 20-30 menit lalu bilas. Masker yang alami bisa sangat membantu perkembangan rambutmu agar lebih sehat.

3. Jangan keramas terlalu sering

Keramas cukup 2-3 kali dalam seminggu (Fot: Pexels/Bennie Lukas Bester)

Jangan cuci rambut terlalu sering karena minyak alami pada rambut akan hilang. Hal itu justru membuat rambut tambah kering dan rapuh. Oleh karena itu cucilah rambut dalam waktu 2-3 hari sekali untuk menjaga minyak rambut alami tetap di rambut.

Baca juga:

Biar enggak bingung, Kenali Dulu nih Istilah dalam Dunia Kecantikan

4. Potong ujung rambut

Potong ujung rambut yang kering (Foto: Pexels/Daria Shevtsova)

Bagi rambut yang sudah terlanjur kering dan rusak, potonglah ujung rambut yang kering dan bercabang agar lebih sehat. Disarankan untuk memotong rambut kering dan rusak setiap 2-3 bulan sekali di salon agar rambut yang rusak tidak semakin naik ke atas.

5. Alat styling rambut

Kurangi pemakaian alat hair styling yang panas (Foto: Pexels/Gratisography)

Alat seperti hair dryer, catokan, ataupun pengeriting rambut sering digunakan untuk menata rambut agar terlihat lebih rapi dan indah. Namun, suhu panas dari alat tersebut bisa membuat rambut menjadi kering dan tidak lembap. Jangan sering-sering menggunakan alat styling rambut ya.

Jadi rambutmu termasuk tipe apa nih sahabat Merah Putih, kering atau lepek? Yuk lindungi rambutmu dari kerusakan! (lio)

Baca juga:

5 Perawatan Kecantikan yang paling Mahal


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH