Masker Rambut Alami yang Bisa Kamu Buat di Rumah Masker menjaga rambut agar tetap sehat dan berkilau (Foto: Pexels/Element5 Digital)

SAMA halnya dengan wajah, rambut juga membutuhkan perawatan intens untuk menjaga teksturnya agar tetap lembut, bersinar dan mudah diatur. Hanya mengandalkan keramas menggunakan shampo dan kondisioner tidak cukup untuk merawat rambut. Rambut memerlukan nutrisi yang cukup agar terhindar dari pemasalahan rambut, seperti pertumbuhan rambut, ketombe, rambut kering dan kusut.

Nutrisi untuk rambut bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi dan juga vitamin rambut. Selain itu, terdapat alternatif lain untuk menutrisi rambut tanpa harus mengeluarkan biaya mahal untuk perawatan rambut di salon. Bahan-bahan alami yang mengandung banyak nutrisi tidak hanya dapat dibuat untuk masker wajah, tetapi juga bisa dibuat untuk masker rambut.

Baca juga:

Biar enggak bingung, Kenali Dulu nih Istilah dalam Dunia Kecantikan

Berikut pilihan bahan alami yang bisa kamu pakai untuk merawat rambut kamu, menyenangkannya itu semua bisa kamu lakukan di rumah.

Yoghurt + Apple Cider Vinegar + Madu + Perasan Lemon

Masker Rambut Alami yang Bisa Kamu Buat di Rumah
Lemon untuk mengatasi rambut berminyak dan gampang lepek (Foto: Pexels/Dids)

Keempat bahan alami ini bisa digunakan untuk memberikan nutrisi rambut agar lebih sehat dan sangat cocok bagi kamu yang yang memiliki rambut cenderung berminyak dan gampang lepek.

Coconut Oil + Brown Sugar + Tea Tree Oil

Masker Rambut Alami yang Bisa Kamu Buat di Rumah
Coconut oil (Foto: Pexels/Dana Tentis)

Tea Tree Oil tidak hanya bisa digunakan untuk permasalahan jerawat di kulit saja, namun juga bisa mengatasi ketombe pada rambut. Bagi kamu yang sering merasakan gatal pada kulit kepala atau yang memiliki ketombe, ketiga bahan ini akan sangat cocok untuk mengurangi rasa gatal terhadap kulit kepala kamu.

Baca juga:

Ketinggalan Zaman, 5 Tren Kecantikan Berikut Perlu Kamu Tinggalkan di 2020

Coconut Milk + Olive Oil + Buah Alpukat + Madu

Masker Rambut Alami yang Bisa Kamu Buat di Rumah
Buah Alpukat mengandung vitamin E sehingga bisa memberikan nutrisi untuk rambut bercabang (Foto: pexels/Foodie Factory)

Rangkaian bahan alami ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki rambut kering dan bercabang. Buah alpukat banyak mengandung vitamin E sehingga akan memberikan nutrisi yang cukup untuk rambut anda yang bercabang. Selain itu, madu juga dapat memberikan nutrisi yang akan membuat rambut menjadi lebih halus dan mudah diatur.

Yoghurt + Telur + Coconut Oil + Pisang + Madu

Masker Rambut Alami yang Bisa Kamu Buat di Rumah
Madu untuk memberikan nutrisi pada rambut (Foto: Pexels/pixabay)

Bagi kamu yang memiliki rambut yang sangat rusak akibat sering dicatok dan gonta-ganti warna rambut, bahan-bahan alami ini dapat memberikan nutrisi untuk rambut kamu dan juga dapat membantu perkembangan terhadap rambut kamu lho!

Baca juga:

5 Perawatan Kecantikan yang paling Mahal

Untuk merasakan khasiatnya, kamu bisa menggunakan masker rambut dengan bahan alami ini satu hingga dua kali dalam seminggu. Selain itu, untuk menjaga kelembaban terhadap kulit rambut, akan lebih baik jika kamu keramas dua har? sekali. Terlalu sering keramas justru bisa merusak rambut karena akan menghilangkan kelembaban alami terhadap kulit kepala dan menyebabkan rambut menjadi lebih mudah rontok. (Bel)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH