Mengenal 5 Logam Terkuat di Marvel Universe Mjolnir, salah satu senjata yang terbuat dari logam terkuat di marvel, yakni menggunakan Uru (Sumber: Nerdist)

ADA banyak hal menarik yang pantas dibahas pada film Avengers: Endgame. Salah satunya adalah tameng yang dimiliki oleh Captain America. Bagi yang belum tahu tameng tersebut bukanlah senjata sembarangan. Ia terbuat dari vibranium, salah satu logam terkuat di dunia Marvel.

Nah, ngomong-ngomong soal logam terkuat, ternyata bukan hanya vibranium saja lho. Ada beberapa logam terkuat di Marvel. Beberapa diantaranya dibuat oleh tangan manusia, tapi ada juga yang memang terbentuk dari alam. Dirangkum dari Penggemarvel.net, berikut ini 5 logam terkuat di dunia Marvel yang harus kamu ketahui.

Baca Juga : Momen di Avengers: Endgame yang Juga Ada di Komik

1. Adamantium

Adamantium
Adamantium (Sumber: CBR)

Logam ini terbilang cukup familiar selain vibranium. Apalagi adamantium adalah bahan yang memuat Wolferine menjadi kuat seperti sekarang. Adamantium bukanlah logam murni melainkan buatan manusia. Ia terbuat dari campuran Feruum dan bahan rahasia lain serta dipanaskan dengan suhu 1500 farenheit.

Biaya pembuatan adamantium sangat mahal sehingga sangat jarang orang memilikinya. Bahkan untuk menyiasati itu pemerintah US menyiasatinya dengan menggunakan Secondary Adamantium atau adamantium kualitas 2. Adamantium hanya bisa dikalahkan oleh Mjolnir. Di komik bahan dasar pembuatan Ultron adalah adamantium bukan vibranium.

2. Carbonadium

Carbonadium
Carbonadium (Sumber: thegolfclub.info)

Sama seperti adamantium, carbonadium juga bukanlah logam alam melainkan buatan manusia. Ia dibuat oleh Otto Octavius. Carbonadium memiliki kandungan radioaktif yang besar dan lebih kuat dari baja. Biaya pembuatannya juga lebih murah dibandingkan adamantium.

Meski demikian, karena sifatnya yang lunak carbonadium tak lebih tangguh dari adamantium, namun masih bisa menghancurkan. Menariknya logam ini mampu membuat Wolverine kualahan karena mampu memperlambat proses penyembuhan sang pentolan X-Men itu.

3. Vibranium

vibranium
Vibranium (Sumber: Elite Daily)

Masih ingat dengan film Black Panther? Di sana kita satu negara bernama Wakanda dengan kandungan vibranium paling besar di dunia Marvel. Logam ini sebenarnya bukanlah asli Bumi melainkan pecahan meteor puluhan tahun silam. Karena itu vibranium sangat langka.

Ada dua versi vibranium di dunia Marvel. Pertama yang dapat memotong semua logam buatan manusia atau biasa disebut anti-Metal. Logam ini ditemukan di Antartika. Vibranium kedua yang biasa muncul di MCU. Logam ini unik karena mampu menyerap energi dan gelombang suara.

Baca Juga : Mengenal Korg, Makhluk Batu yang Tampil Sekilas di Avengers: Endgame

4. Uru

Uru
Mjolnir terbuat dari Uru (Sumber: Penggemarvel.net)

Kalian semua pasti tahu dengan palu milik Thor, Mjolnir. Nah, senjata khas Dewa Petir ini terbuat dari logam bernama Uru. Uru punya karakteristik unik karena mirip batu namun punya sifat logam. Benda tersebut juga mampu menyimpan sebagian besar energi, terutama sihir.

Ada dua tipe uru di dunia Marvel, pertama berbentuk logam emas Tipe ini menjadi bahan dasar pembuatan senjata Gungnir dan Stormbreaker. Kedua tampak kusam seperti besi tempa. Uru ini adalah bahan untuk Mjolnir.

5. Gravitonium

gravitonium
Gravitonium (Sumber: Penggemarvel.net)

Logam ini hanya bisa ditemukan di serial Agent of Shield atau MCU. Gravitonium punya karakter unik, jika dialiri listrik, ia akan sedikit melunak dan mempengaruhi gravitasi di sekitarnya. Jika disuntikan ke manusia, maka orang tersebut punya kekuatan gravitasi.

Namun efek sampingnya ia bisa membuat seseorang gila. Gravitonium sangat langka, bahkan banyak orang yang menganggapnya tidak ada. Di seri Agent of Shield, garvitonium menjadi incaran Hydra. (*)

Baca Juga : Thanos Muncul di Special Look Avengers: Endgame

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH