Momen di Avengers: Endgame yang Juga Ada di Komik Avengers: Endgame (Sumber: IMDb)

ARTIKEL ini mengandung unsur spoiler, bagi yang belum menonton film Avengers: Endgame disarankan untuk tidak melanjutkan membaca.

Bagi penggemar film pasti akan terkagum dengan cerita yang dibuat Russo Brother untuk Avengers: Endgame. Hal itu lantaran film ini mampu memberikan penghormatan kepada 22 film MCU sebelumnya, dimulai dari Iron Man (2008) hingga Avengers: Infinity War (2018). Namun bagi penggemar komik Marvel, mungkin akan merasakan hal yang lebih dari itu.

Selain memberikan benang merah untuk film lainnya, Russo Brother juga sengaja memasukan alur cerita paling ikonik dalam sejarah besar Marvel. Dilansir dari Penggemarvel.net, berikut ini beberapa adegan Avengers: Endgame yang bersumber dari komik.

1. Captain America mengangkat Mjolnir

Versi komik, Captain America sempat mengangkat mjolnir (Sumber: Collider
Versi komik, Captain America sempat mengangkat mjolnir (Sumber: Collider

Momen yang cukup memukau di film Avengers: Endgame adalah aksi Captain America (Chris Evans) saat menggunakan senjata andalan Thor, Mjolnir untuk melawan Thanos. Sebelumnya sang Captain berhasil mengangkat sedikit palu itu di film Avengers: Age of Ultron.

Sebenarnya kemampuan ini sudah ditunjukan pada komik. Steve Rogers berhasil mengangkat palu beberapa kali. Kesempatan pertamanya terjadi dalam The Mighty Thor # 380 tahun 1988. Setelah itu ia tak pernah mengangkatnya lagi hingga tahun 2011. Kemudian di event Secret Empire, ia juga sempat menggunakan Mjolnir.

2. Tony Stark tewas

Tony Stark sering tewas (Sumber: Collider)
Tony Stark sering tewas (Sumber: Collider)

Kematian Tony Stark (Robert Downey Jr.) saat menggunakan Infinity Gauntlet adalah momen paling sedih selama film MCU. Namun, kalau kamu suka komik Marvel pasti tahu kalau Iron Man bukan satu atau dua kali tewas.

Caranya bermacam-macam, ada yang bunuh diri dengan menghapus memori otaknya guna menjaga informasi dari tangan Norman Osborn. Ia juga pernah tewas di tangan Captain Marvel di event Civil War II.

3. The Asgardians of the Galaxy

The Asgardians of the Galaxy pernah muncul di komik (Sumber: Collider)
The Asgardians of the Galaxy pernah muncul di komik (Sumber: Collider)

Di akhir cerita Avengers: Endgame ada adegan dimana Thor 'gendut' (Chris Hemsworth) berniat ikut terbang ke luar angkasa bersama Guardians of the Galaxy. Di sana Thor mengatakan kalau kelompoknya harus bernama The Asgardians of the Galaxy.

Sebenarnya nama itu ada di dalam komik Infinity Countdown # 4. Namun Thor tidak ikut terlibat. The Asgardians of the Galaxy terdiri dari saudara perempuan Thor, Angela, Valkyrie, Skurge the Executioner, Kevin Masterson alias Thunderstrike, Throg serta Destroyer.

4. Captain America bertarung dengan dirinya

Captain Amerika yang bertarung dengan dirinya sendiri (Sumber: Collider
Captain America yang bertarung dengan dirinya sendiri (Sumber: Collider

Pertarungan yang cukup epik adalah saat Captain America berhadapan dengan dirinya sendiri. perjalanan waktu tersebut diambil saat film Avengers (2012). Saat itu, Captain America dari timeline sebelumnya menyangka yang dihadapinya itu adalah Loki.

Di dalam komik kisah tentang Captain America berkelahi dengan dirinya melibatkan karakter William Burnside. Diciptakan oleh penulis Steve Englehart dan artis Sal Buscema pada tahun 1972, Burnside adalah penjelasan untuk kemunculan kembali Captain America di Young Men #24-28 tahun 1950.

5. Penggabungan Hulk dengan Bruce Banner

Combo-Hulk yang mirip Hulk versi Avengers: Endgame (Sumber: Collider)
Combo-Hulk yang mirip Hulk versi Avengers: Endgame (Sumber: Collider)

Ada banyak tipe Hulk yang muncul dalam film. Namun di Avengers: Endgame sosok Hulk sangat berbeda. Di sana sosok Hulk lebih kalem namun bertubuh kecil dibandingkan Hulk versi sebelumnya. Hal itu lantaran Hulk dan Bruce sudah menyatu menjadi satu tubuh.

Nah di komik, penggabungan kepribadian dokter yang lembut dengan tubuh hijau besar pertama terjadi di The Incredible Hulk # 377 oleh penulis Peter David dan artis Dale Keown. Cerita di komik itu melibatkan dokter psikiater, Doctor Samson yang membantu menyembuhkan perang yang terjadi di dalam diri Banner, antara tiga kepribadian: Banner, Grey Hulk, dan Savage Hulk.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH