Film
Teori tentang Kenapa Disney Kerap 'Menghilangkan' Sosok Orangtua di Setiap Filmnya Ada apa sih dengan Disney dan ketiadaan orang tua (Foto: Instagram/@disney)

ONWARD adalah film animasi terbaru yang dirilis oleh Disney Pixar, sudah nonton? Apakah kamu menyadari satu hal sama yang selalu ada di kebanyakan film Disney Pixar? Ya, kematian orangtua. Sedikit bocoran nih, Onward menceritakan tentang seorang kakak beradik yang melakukan perjalanan untuk mengembalikan ayah mereka yang sudah meninggal.

Baca juga:

Pixar Kembali Pertemukan Tom Holland dan Chris Prat dalam Film "Onward"

Nah coba diingat-ingat deh, premis ini banyak sekali terjadi di film Disney Pixar, Ketika ayah atau ibu dari karakter utama dari awal film sudah 'dibunuh' oleh pihak studio. Mulai dari karakter Snow White, Cinderella, Ariel, Jasmine, Belle, Bambi, Nemo, Pocahontas yang tidak punya ibu. Jika bukan sosok ibu yang meninggal, karakter ayah pun jadi sasaran termasuk Tiana, Simba, dan Jim (dari Treasure Planet). Atau seperti Anna dan Elsa yang kehilangan kedua orang tuanya.

Lantas kita jadi bertanya-tanya deh, sebenarnya ada apa dengan Disney yang selalu menghilangkan sosok orangtua dari karakter utama? Dilansir dari laman E! Online, dua teori ini mungkin yang bisa menjawab rasa penasaranmu. Yuk simak!

Mempersingkat waktu

Mengapa Disney Kerap 'Menghilangkan' Sosok Orangtua di Setiap Filmnya?
Alasan pertama adalah agar si karakter utama bisa langsung bertumbuh menjadi baik dengan kehilangan sosok orang tua ini (Foto: Instagram/@disney)

Kalau kamu sudah menyaksikan film Onward, kamu akan melihat sebuah perubahan. Pada animasi-animasi sebelumnya, karakter ibu atau ayah sudah ditiadakan sejak awal dan mereka tidak lagi menjadi karakter penting.

Namun, di film Onward kamu justru akan diperlihatkan cerita dari kedua saudara elf yang berusaha menggunakan sihir untuk bisa melihat ayahnya kembali selama 24 jam.

Jadi sang ayah di sini malah menjadi penting karena inti ceritanya adalah perjuangan kedua karakter utama, Ian dan Barley Lightfoot untuk bertemu kembali dengan ayahnya.

Namun tetap tidak menutup fakta bahwa studio Disney dan Pixar 'menghilangkan' sang ayah di awal film, bukan?Nah, ada dua jawaban mengapa hal ini bisa terjadi. Dalam sebuah wawancara dengan Glamour beberapa tahun lalu, Don Hahn, seorang produser Disney memberitahukannya.

Baca juga:

4 Nilai Kehidupan yang Bisa Diambil dari Film Animasi 'Onward'

Pertama, seperti yang kamu semua ketahui, film Disney biasanya berdurasi 80 sampai 90 menit dan semua inti dari cerita Disney adalah perubahan karakter yang bertumbuh semakin baik. Jadi para karakter orang tua ini memang sengaja dihilangkan agar para karakter utama bisa cepat bertumbuh dan berubah jadi lebih baik.

Dengan absennya orang tua ini, membuat cerita si tokoh utama jadi lebih gampang dikembangkan. Misalnya seperti Bambi yang ibunya dibunuh, mau tak mau Bambi harus belajar mandiri dan berubah sendiri. Jadi ketidakhadiran keluarga ini justru membuat para karakter utama untuk bisa belajar bertahan menghadapi masalahnya.

Kenangan menyedihkan dari Walt Disney

Mengapa Disney Kerap 'Menghilangkan' Sosok Orangtua di Setiap Filmnya?
Kabarnya hal ini juga terjadi karena peristiwa mengerikan yang dialami Walt Disney (Foto: Instagram/@disney)

Kalau teori pertama lebih terlihat logis, alasan kedua mengapa para ayah dan ibu di Disney ditiadakan dari awal terjadi karena hal yang lebih menyedihkan. Teori ini berasal dari cerita aslinya Walt Disney itu sendiri yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang termasuk kamu.

Hahn mengatakan bahwa ada sebuah tragedi yang menyedihkan terjadi pada penemu Disney itu. Pada tahun 1940an, ia membelikan rumah untuk kedua orang tuanya. Lalu Disney menyuruh orang memperbaiki perapian di rumah ayah ibunya yang baru itu.

Sayang sekali, perapian tersebut malah rusak dan membuat ibunya meninggal. Nah menurut Hahn kejadian itu sangat menghantui Disney. Ia merasa sangat bersalah atas kejadian yang menimpa ibunya tersebut. Oleh karena itu lah kemungkinan besar, dari dalam hatinya ia secara tidak langsung lebih mengarahkan film-film berikutnya jauh dari karakter ibu.

Kalau menurutmu bagaimana? Apakah yang terjadi dengan Disney dan Pixar menghilangkan orang tua karena alasan pertama yang lebih logis atau karena peristiwa yang dialami penemu Mickey Mouse itu? Atau menurutmu semua ini hanyalah kebetulan saja? (Sam)

Baca juga:

Film Disney 'Mulan' akan Mengubah Total Perspektif Kamu

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
LEGO Technic Ultimate Series Merilis Lamborghini Sián
Fun
LEGO Technic Ultimate Series Merilis Lamborghini Sián

Model 3.696 keping Lego ini memiliki pintu gunting, detil mesin V-12 yang detail, dan shifter dayung yang berfungsi.

Musim Hujan, Sebaiknya Pakai Ban Beralur Banyak
Fun
Musim Hujan, Sebaiknya Pakai Ban Beralur Banyak

Ban banyakalur sangat baik untukmusimhujan

Google Larang Iklan Layanan Pemantauan Orang Lain Tanpa Izin
Fun
Google Larang Iklan Layanan Pemantauan Orang Lain Tanpa Izin

Pada pembaruan kebijakan iklan Google, disebutkan larangan itu berlaku untuk spyware serta teknologi yang digunakan untuk ....

'Misguided', Gim Horor Terbaru Karya Anak Bangsa
Fun
4 Tanaman Herbal Antivirus, Bisa Cegah Corona?
Fun
4 Tanaman Herbal Antivirus, Bisa Cegah Corona?

Tanaman ini juga bisa menjadi antivirus influenza, HIV, dan virus lainnya.

COVID-19 Buat Kualitas Udara Jakarta Lebih Baik dari Munich dan Amsterdam
Fun
Jadi Pendatang Baru, Hayeon Merasa Didukung Taeyeon Girl's Generation
ShowBiz
Apa Saja Sih Manfaat Bermain Bowling?
Fun
Apa Saja Sih Manfaat Bermain Bowling?

Bermain bowling merupakan salah satu kegiatan olahraga yang menyenangkan.

Strategi Jitu Seimbangkan Pekerjaan dan Keluarga Selama Pandemi
Fun
Strategi Jitu Seimbangkan Pekerjaan dan Keluarga Selama Pandemi

Keluarga jangan dilupakan karena kerja di tengah pandemi.

3 Serial Dokumenter Kejahatan di Luar Nalar, Wajib Kamu Tonton!
Fun