4 Nilai Kehidupan yang Bisa Diambil dari Film Animasi 'Onward' 4 nilai kehidupan film Onward. (Foto wdw news today)

MESKIPUN dibalut dalam visualisasi animasi yang menarik bagi anak-anak, namun film Pixar selalu memiliki makna yang berarti bagi orang dewasa.

Plot dari film Onward ini menceritakan tentang perjalanan kedua kakak beradik yang berusaha keras untuk bisa menghidupkan kembali ayahnya yang telah meninggal hanya untuk waktu satu hari.

Dikemas dalam nuansa dunia magis, berikut merupakan empat nilai kehidupan yang bisa dipetik dari film animasi Pixar Onward.

1. Segala hal yang tidak sesuai rencana tidak selalu buruk

 Barley selalu membuat perjalanan terhambat.  (Foto- Disney Pixar
Barley selalu membuat perjalanan terhambat. (Foto: Disney Pixar)

Keinginan kuat Ian Barefoot untuk bisa bertemu ayahnya membuat ia selalu kesal dengan tingkah laku Barley, kakaknya yang selalu membawa masalah dan membuang-buang waktu.

Meskipun akhirnya tidak bisa bertemu dengan ayahnya secara utuh, namun perjalanan mereka berhasil meningkatkan tali persaudaraan antara Ian dan Barley.

Petualangan panjang bersama Barley menyadarkan Ian bahwa sesungguhnya segala kegiatan menyenangkan yang ingin ia lakukan bersama ayahnya ternyata sudah ia alami bersama kakaknya.

Dalam cerita ini, kita diajak untuk menyadari bahwa tidak semua hal yang diluar rencana akan berakhir buruk. Seringkali kita merasa kecewa jika hal-hal yang terjadi tidak sesuai dengan harapan, namun biasanya Tuhan akan menyediakan hasil yang tentunya lebih baik daripada apa yang telah kita rencanakan. Pada akhirnya, Ian tetap bisa menjadi orang yang percaya diri dan easy-going berkat petualangannya dengan Barley.

Baca juga:

Pixar Kembali Pertemukan Tom Holland dan Chris Prat dalam Film "Onward"

2. Menghargai waktu

Waktu adalah sesuatu yang tidak bisa dibeli dengan uang. (Foto EURweb)
Waktu adalah sesuatu yang tidak bisa dibeli dengan uang. (Foto: EURweb)

Di awal film Onward, bisa kita saksikan bahwa Ian sangat ingin untuk memiliki kenangan tentang ayahnya yang sudah meninggal. Untuk mengingat ayahnya terus, bahkan Ian kerap memutar ulang rekaman suara ayahnya yang sesungguhnya tidak begitu bermakna.

Namun karena ia tidak memiliki kenangan dengan ayahnya, ia berpura-pura berkomunikasi dan mengobrol dengan ayahnya via kaset.

Setelah mendapatkan hadiah ulang tahun ke-16 dari ayahnya yang dititipkan kepada ibu Ian, Ian langsung membuat rencana mengenai hal apa saja yang ingin ia lakukan dengan ayahnya nanti dalam waktu yang sangat terbatas yaitu satu hari.

Setelah berusaha berjam-jam dengan berbagai rintangan dan kecerobohan Barley, akhirnya kedua kakak beradik tersebut berhasil menghidupkan ayahnya kembali secara utuh dalam waktu yang sangat singkat, meskipun Ian tetap tidak bisa bertemu dengan ayahnya secara tatap muka.

Kejadian yang dialami oleh Ian Barefoot bisa menjadi inspirasi kita untuk selalu menghargai waktu dengan orang-orang yang kita kasihi, karena kita tidak akan pernah tahu berapa lama mereka akan hadir dalam kehidupan kita.

Film Onward mampu mengajarkan bahwa waktu adalah sesuatu yang tidak bisa digantikan dengan apapun, sehingga kita harus selalu mencoba untuk live the life to the fullest.

Baca juga:

Film Disney 'Mulan' akan Mengubah Total Perspektif Kamu

3. show your true colors

show your true colors (Foto syfy wire)
Corey the manticore. (Foto: syfy wire)

Manticore sesungguhnya adalah mahkluk buas yang memiliki tubuh singa, sayap, berwajah manusia, serta sengatan kalajengking. Binatang buas ini dulunya merupakan seorang pejuang yang memiliki kastil untuk para petualang yang ingin menyelesaikan quest mereka.

Namun setelah kehidupan modern telah menggeser kehidupan magis penuh fantasi, kini Corey, sang manticore malah menjalani kehidupan sebagai pebisnis makanan yang tidak dihargai oleh orang-orang sekelilingnya.

Setelah dihampiri oleh kedua kakak beradik elf ini, Corey mulai menunjukkan identitas manticore-nya yang sesungguhnya dan ikut campur dalam petualangan keluarga Barefoot.

Karakter Corey yang disuarakan oleh Octavia Spencer ini mengajarkan kita bahwa sebagai individu yang unik, kita harus berani menunjukkan true color kita tanpa harus mengikuti arus agar bisa berbaur dengan masyarakat.

4. Jangan terpaku dengan keburukan orang lain saja

 Barley Lightfoot. (Foto Disney WIki Fandom)
Barley Lightfoot. (Foto Disney WIki Fandom)

Dalam film Onward, karakter Barley yang disuarakan oleh Chris Pratt ini sering dianggap sebagai pecundang oleh banyak orang, termasuk adiknya sendiri, Ian. Ini disebabkan karena kesembronoan serta kekunoan Barley yang menyukai dunia magis secara berlebihan.

Barley terlihat stand out dengan kepribadiannya, sehingga kadang Barley kurang bisa diterima oleh masyarakat. Tidak heran, Ian berusaha sekuat mungkin menutup-nutupi Barley sebagai kakaknya ketika ia sedang berbicara dengan teman-temannya.

Meskipun begitu, sesungguhnya Barley memiliki jiwa rela berkorban yang tinggi, terlihat dari bagaimana ia mengorbankan mobil kesayangannya untuk bisa lari dari kejaran para polisi.

Ia juga ikut merasa senang dan tidak iri ketika adiknya mampu mengucapkan spell dan membuat segala mantra bekerja. Meskipun kerap dikatakan tidak berguna, namun Barley mampu menghidupkan suasana dan tetap menjadi dirinya sendiri.

Ini mengajarkan kepada kita bahwa kita harus bisa melihat sisi baik orang lain dan jangan terpaku pada sisi buruk seseorang. Sesungguhnya sifat-sifat yang dimiliki Barley sudah sangat jarang ditemukan, seperti rela berkorban untuk orang lain, dan ikut bahagia atas kesuksesan orang lain. (Shn)

Baca juga:

4 Film Bagus di Bulan Maret 2020

Kredit : shenna


Shenna

LAINNYA DARI MERAH PUTIH