Mengajari Anjing Buang Air Pada Tempatnya Mengajari anjing buang air pada tempatnya (Sumber: Pixabay/Mylene2401)

ANJING adalah binatang yang cerdas. Tak heran kalau banyak pecinta hewan memilih anjing sebagai peliharaannya. Kamu bisa melatih hewan ini untuk melakukan beberapa hal, misalnya duduk, berlari melompati lingkaran dan bersalaman.

Bukan hanya itu saja, jika telaten anjing bisa melakukan hal hebat lainnya. Misalnya buang air kecil atau besar di ‘toilet’ atau spot yang telah ditentukan.

Bagi yang bingung bagaimana cara melatihnya mungkin bisa baca tips dari akc.org ini.

1. Disiplin menerapkan jam makan dan minum

Disiplin menerapkan jam makan (Sumber: Pixabay/Jagdprinzessin)
Disiplin menerapkan jam makan (Sumber: Pixabay/Jagdprinzessin)

Usahakan untuk menerapkan jam untuk makan dan minum anjing. Jangan terlalu memanjakan anjingmu dengan menyediakan makanan sepanjang waktu. Kecuali memberikan treat seperti meat jerky ketika anjing menunjukkan kepintarannya.

Baca juga:

Kecoak Kebal Insektisida, Begini Cara Memberantasnya

Selamatkan Jutaan Hewan Telantar Melalui Aplikasi Ini

Serunya Memelihara Landak Mini, Begini Cara Merawatnya

Berikan anjingmu makan minum ketika sore dan malam hari atau pagi dan malam hari saja. Hal ini dilakukan agar kamu bisa memantau pada jam berapa mulai buang air kecil dan besar. Pertahankan jam-jam tersebut agar menjadi kebiasaan.

2. Sediakan Underpad

Sediakan underpad (Sumber: Pixabay/Clipart-Vectors)
Sediakan underpad (Sumber: Pixabay/Clipart-Vectors)

Air seni anjing baunya cukup menyengat dan sulit dihilangkan. Ketika anjingmu menemukan spot untuk buang air kecil, letakan underpad persis di spot tersebut agar anjingmu tahu kalau kamu menyediakan 'toilet' untuknya. Dengan begitu kamu dengan mudah membersihkan bekas buang air dan kotorannya.

3. Atur pola kegiatan

Atur pola kegiatan (Sumber: Pixabay/LaBruixa)
Atur pola kegiatan (Sumber: Pixabay/LaBruixa)

Jangan mengajaknya jalan-jalan terlalu berlebihan atau malah tidak sama sekali. Biasakan mengajak anjing untuk jalan-jalan ketika pagi atau sore hari. Pagi dan sore adalah saat yang tepat untuk anjing karena memiliki energi cukup karena baru bangun tidur.

4. Beri sanksi

Kasih sanksi (Sumber: Free-Photos)
Kasih sanksi (Sumber: Free-Photos)

Jika anjingmu sudah terbiasa untuk buang air kecil dan besar pada spotnya, tapi tiba-tiba meleset atau sembarangan, berikan sanksi. Namun jangan kasar, karena itu hanya akan membuatnya semakin takut dengan kamu dan cenderung membuatnya trauma.

Sanksinya cukup dengan menghentaknya sekali, tidak memberikan treat selama beberapa waktu dan tidak diajak main terlebih dahulu. Dengan begini anjingmu mengetahui bahwa dia telah berbuat kesalahan. (MAR)


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani