Serunya Memelihara Landak Mini, Begini Cara Merawatnya Landak mini bisa jadi hewan peliharaan yang lucu. (foto: pixabay/byapryl)

LANDAK mini bisa jadi pilihan untuk hewan peliharaan kamu. Merawat landak itu susah-susah-gampang. Susah karena kebutuhannya agak ribet, gampang karena sebenarnya kita tidak perlu mengajak main setiap hari karena landak mini merupakan hewan yang soliter. Itu berarti mereka tidak suka hidup berkelompok dan lebih memilih menyendiri sepanjang hidup meskipun memang tetap kawin dan beranak-pinak.

Landak mini juga merupakan hewan nokturnal. Jam tidurnya berbalik dengan manusia. Mereka bangun ketika malam tiba dan tidur ketika matahari terbit. Jadi kamu enggak perlu ngajak main pun tidak masalah. Namun, jika kamu ingin landak mini semakin akrab dan nurut dengan kamu, ya cukup diajak main 30 menit dalam sehari.

Sebelum mengadopsi landak mini, pastikan kamu memilih breeder landak yang tepat. Kamu harus tahu bahwa breeder itu mengembangbiakan landak mini yang sehat tanpa ada catatan penyakit pribadi maupun penyakit bawaan dari induknya.


1. Kandang

cage
Siapkan kandang yang pas. (foto: pixabay/mikaro95)

Siapkan kandang yang cukup besar, bisa kandang kelinci ataupun menggunakan kontainer besar. Minimal ukuran kandang ialah 75 cm x 45 cm x 30 cm. Dasar dari kandang harus solid tidak boleh bolong-bolong karena kaki landak bisa tersangkut dan patah.

Selain kandang, kamu juga perlu menyiapkan kotak bersembunyi atau rumah-rumahan di dalam kandang. Landak mudah stres dan sangat suka bersembunyi.


2. Peralatan Mandi

bath
Siapkan juga peralatan mandinya. (foto: pixabay/genfrorene)

Kamu hanya boleh memandikan landak mini dengan sabun mandi untuk bayi dan menyikat tubuhnya dengan sikat gigi yang halus. Landak merupakan hewan yang cukup sensitif sehingga tidak bisa menggunakan sembarang sabun atau sampo untuk memandikannya. Dibutuhkan sabun atau sampo khusus bayi agar matanya tidak iritasi.

Kamu juga harus menyediakan Detol cair. Detol dibutuhkan untuk menghindarkan landak terkena kutu. Kutu landak berbentuk seperti serbuk putih yang berjalan-jalan di permukaan kulit. Kutu landak biasa disebut sebagai mites.

Jika landakmu mendapatkan mites bawaan dari indukan dan sudah sangat parah, siapkan cuka apel murni. Cuka apel sangat ampuh untuk menghilangan kutu/mites yang sudah sangat banyak dan sulit dihilangkan. Ketika memandikan dan membilas landak menggunakan Detol cair sudah tidak mempan, coba campur satu gayung air hangat dengan dua tutup botol kecil cuka apel dalam wadah baskom dan rendam tubuh landak sambal disikat secara perlahan. Jangan sampai kena matanya ya, perih!


3. Obat

P3K
Sedia obat-obatan. (foto: pixabay/hans)

Kamu harus mesnyiapkan Betadine jika landak terluka. Landak merupakan hewan yang cukup lincah sehingga dalam aktivitas kesehariannya sering kali landak berdarah karena terbentur sesuatu atau terkena durinya sendiri. Jika landak berdarah, cukup teteskan sedikit Betadine agar luka cepat kering.

4. Makanan

cat food
Makanan padat kucing cukup untuk landak mini. (foto: pixabay/Crepessuzette)


Landak mini cukup diberi makanan padat kucing atau pelet ikan lele. Ada banyak pilihan makanan khusus landak, tetapi setelah mempertimbangkan kandungan gizinya, makanan kucing yang padat atau pelet ikan lele mengandung nutrisi yang cukup untuk landak. Untuk minum landak, jangan sesekali memberikan air keran karena tubuh landak mini sangat sensitif terkena bakteri. Sediakan air mineral botol kemasan karena sudah terjamin steril.(mar)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH