Kecoak Kebal Insektisida, Begini Cara Memberantasnya Kecoak mengandung bakteri dan parasit berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia (Foto: Pixabay/Public Domain Pictures)

HIDUP di lingkungan lembab, hangat, dan gelap menjadi rumah sempurna untuk kecoak. Termasuk ke dalam keluarga serangga, hewan ini mampu bertahan hidup selama tiga bulan lamanya tanpa makanan dan sebulan tanpa air. Salah satu spesies hama yang merugikan kesehatan manusia ini semakin sulit diberantas.

Ketahanan tubuhnya memberikan dampak negatif bagi kesehatan manusia, diantaranya alergi kulit hingga serangan asma. Hal ini dibuktikan dalam penelitian The National Coorperative Inner-City Asthma (NCICAS) yang dikutip dalam pet world bahwa sebanyak 23 persen hingga 60 persen korban yang mengalami asma akibat terinfeksi bakteri dari kecoak.

Baca juga:

Selain Kucing, Kecoak Juga Bisa Picu Asma

Secara pasif, terdapat 33 jenis bakteri dalam kecoak yang berpotensi berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Diantaranya, bakteri e-coli, salmonella, enam jenis cacing parasit dan tujuh jenis parasit lainnya. Tak hanya itu, penyakit lainnya yang ditularkan ialah lepra, disentri dan demam tiroid.

Kecoak Kebal Insektisida, Begini Cara Memberantasnya
Kecoak menyebarkan ragam bakteri yang berbahaya bagi manusia (Foto: Unsplash/Jesper Aggergaard)

Salah satu jenis hama yang paling sulit diberantas dengan menggunakan insektisida ialah kecoak Jerman (Blattella Germanica L). Menurut laman The Guardian, kecoak Jerman mampu menghasilkan 50 keturunan setiap tiga bulan dan berkembangbiak hingga 10 juta keturunan selama empat generasi dalam jangka waktu 12 bulan. Hal itu menunjukkan insektisida atau bahan kimia saja tidak lagi efektif memberantas kecoak Jerman ini karena kekebalannya meningkat 4 hingga 6 kali lipat dalam satu generasi.

Untuk mengurangi populasi kecoak, dibutuhkan peningkatan sanitasi seperti vacuum perangkap kecoak digabungkan dengan insektisida. Meski sulit diberantas, kamu bisa lakukan pencegahan sejak dini seperti yang dilansir pada pet world.

Baca juga:

Tips Aman untuk Menjauhkan Serangga dari Rumah

Umumnya, kamu harus menjaga kebersihan sekitar lingkungan, hindari menyimpan sisa makanan sembarangan (termasuk makanan peliharaanmu), bersihkan tumpahan sesegera mungkin, menutup seluruh celah atau lubang, alirkan air di toilet dan wastafelmu secara berkala. Terakhir, hubungi bantuan profesional hama untuk melakukan penyemprotan secara berkala.

Memastikan kebersihan lingkungan sekitar bisa mengurangi perkembangbiakan kecoak. Hal ini dikarenakan tidak adanya ruang atau tempat yang lembab, hangat dan gelap yang disukai kecoak untuk bersembunyi. Tak hanya mencegah perkembangbiakan kecoak, menjaga kebersihan lingkungan di sekitarmu juga memberikan dampak baik bagi kesehatan tubuh. (dys)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH