Menengok Sejarah Masjid Ulu Cami'i, Bangunan Terpenting di Bursa Turki Masjid Ulu Cami'i menjadi landmark kota Bursa, Turki (Foto: Instagram/@mavinarturizm)

MASJID Ulu Cami'i merupakan landmark terkemuka di pusat kota Bursa, Turki. Berdiri megah dengan dua menara tinggi menjulang dan 20 kubah, masjid ini merupakan salah satu bangunan menakjubkan yang memiliki peran penting di Bursa. Ulu Cami'i dianggap sebagai masjid terpenting kelima dalam Islam, setelah di Mekah, Madinah, Yerusalem dan Damaskus. Masjid ini pun masuk dalam situs Warisan Dunia UNESCO pada 2014.

Baca juga:

Menjelajahi Kembali Sejarah dan Budaya Kuno Kota Bursa di Turki

Bursa Grand Mosque dibuka pada 1399 dan dibangun dengan gaya arsitektur Seljuk, termasuk elemen dari awal kekaisaran Ottoman. 20 Kubah Masjid tersusun dalam empat baris lima dan didukung oleh 12 kolom, membagi 2200 meter persegi panjang ruangan ke dalam bagian yang memungkinkan ada privasi di tengah bangunan besarnya.

Menengok Sejarah Masjid Ulu Cami'i, Bangunan Terpenting di Bursa Turki
Bagian mimbar Masjid Ulu Cami'i Bursa (Foto: MP/Bella Fladiner)

Fitur interior menarik dari masjid Ulu Cami'i di antaranya termasuk air mancur wudhu besar yang berada di bawah kubah kaca. Dinding dan pilar dihiasi total 192 kaligrafi yang ditulis oleh 41 semiman yang berbeda, dan menjadi salah satu koleksi terpenting dari kaligrafi islam di dunia. Pintu dan mimbar terbuat dari kayu kenari berukir yang dikerjakan sangat terampil, dan mimbar berisi model skala yang terukir dari tata surya. Di Timur Mihrap yang berhias tinggi, tirai pintu yang berumur berabad-abad dari Ka'bah di Mekah ditampilkan dalam kotak kaca.

Bagian luar dari bangunan ini terbuat dari batu. Air mancur berbunga terletak di halaman depan menara, dua menara tampak identik, tetapi dibangun pada waktu yang berbeda. Menara Barat dibangun sebagai bagian dari konstruksi asli, sedangkan menara Timur dibangun oleh Sultan Mehmet I abad ke-15.

Baca juga:

Kumpir, 'Street Food' Mengenyangkan Khas Turki

Legenda tentang Karagoz dan Hacivat, pekerja konstruksi yang jadi karakter (tokoh) terkenal di Bursa. Karagoz dan Hacivat punya kebiasaan mengganggu rekan kerjanya dengan lelucon ataupun kejenakaan. Pekerjaan mereka adalah membangun masjid Ulu Cami'i, akibat ulah mereka yang menjengkelkan Sultan, keduanya dieksekusi mati.

Salah satu sejarah lain dari masjid Ulu Cami'i adalah sebuah rumah yang pernah berdiri di atas tanah yang sama dengan Masjid dibangun. Pemilik rumah tersebut adalah seorang perempuan tua, tak menyerah akan pengusiran, setelah mendapat petunjuk dari mimpi, perempuan itu menjual tanah tersebut kepada Sultan. Para arsitek membangun air mancur interior tepat di lokasi rumah itu pernah berdiri untuk menghormati perempuan tua tersebut.

Menengok Sejarah Masjid Ulu Cami'i, Bangunan Terpenting di Bursa Turki
Air mancur di tengah Masjid Ulu Cami'i (Foto: MP/Bella Fladiner)

Wisatawan disarankan untuk mengunjungi Bursa Mosque saat melancong ke Turki. Jangan lupa, masjid ini buka sepanjang hari dan terkecuali dilarang bagi wisatawan selama waktu sholat. Sebelum mengunjungi masjid ini, diharapkan untuk membaca saat ingin mengunjungi masjid bersejarah di Bursa dan melihat petunjuk kunjungan wisatawan.

Kalau kamu ingin mengunjungi masjid Ulu Cami'i Bursa, tempat itu juga dekat dengan Konstantinopel atau saat ini disebut dengan Istanbul. Sehingga, kota ini kota strategis dan direbutkan oleh penguasa Arab (Seljuk). Dulu kota Konstantinopel adalah pusat perdagangan dunia yang sangat besar. (Bfm)

Baca juga:

Tak Melulu Wisata Sejarah, Berikut Pulau-Pulau Terindah yang Wajib Dikunjungi di Turki



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH