Menjelajahi Kembali Sejarah dan Budaya Kuno Kota Bursa di Turki Penampakan Kota Bursa, Turki (Foto: viatour)

BERENCANA mengunjungi Turki, disarankan untuk mampir ke kota Bursa. Sejarah kota Bursa menarik untuk diketahui. Merupakan kota yang berada di Turki bagian barat dan di kelilingi oleh daerah Balikesir di sebelah barat, Izmit, Yalova dan Istanbul di bagian utara, Bilecik dan Adapazari bagian timur. Lalu, Eskisehir dan Kutahya dibagian Selatan.

Baca juga:

Tak Melulu Wisata Sejarah, Berikut Pulau-Pulau Terindah yang Wajib Dikunjungi di Turki

Penduduknya berjumlah 5.410 ribu jiwa (2005) atau mencapai 2.500 ribu (data 2012, Bursa Spesial Provinsi Administrasi). Bursa merupakan kota terbesar keempat di Turki setelah Istanbul, Ankara, Izmir. Kota ini luasnya 11.034 m2. Kota Bursa pernah menjadi ibu kota pertama Kesultanan Utsmaniyah pada 1326 hingga 1365.

bursa turki
Spot menarik kota Bursa, Turki (Foto: MP/Bella Fladiner)

Kota Bursa punya banyak kekayaan dan sejarah dari era kerajaan Ottoman, karena dulunya merupakan ibukota Kesultanan Utsmaniyah. Serta, Salah satu kota industri terbesar di Turki. Bursa adalah kota pengekspor terbesar kedua setelah Istanbul, jika kita bicara soal sejarah Bursa, kota ini kembali pada 5000 tahun dari hari ini.

Pendiri Kota Bursa dikenal sebagai Bitynia pada era Roma, dikenal sebagai I. Prusias. Saat raja Carthage telah kehilangan perang yang dibuat dengan kekaisaran Romawi, ia berlindung di daerah yang berada di bawah pengawasan Prusias. Lalu, ia membangun sebuah kota dengan tentara dan dinamakan kota 'Prusias'. Ada banyak dokumen yang didirikan dan menjadi bagian dari priode Bithynia.

Baca juga:

Big Seven Travel Rilis 50 Tempat Paling Instagramable di Dunia, Indonesia Masuk Berapa Nih?

Hamams, patung dan sebagainya benda yang telah ditemukan kemudian menjadi milik kekaisaran Romawi dan Bizantium. Prasasti pemakaman dan karya arsitektural dan keramik dipamerkan di museum Arkeologi Bursa. Museum ini terdiri dari banyak monumen dari semua priode sejarah sampai 1453.

Jika dilihat melalui era Ottoman, ada beberapa Sultan yang berkontribusi pada sejarah dan budaya kota. Sultan yang memperhatikan perencanaan kota, Orhan Gazi mengumpulkan banyak monumen bersejarah seperti Masjid hijau Iznik, Masjid Bilecik Orhan, Masjid Bursa Orhan dan lainnya.

kota bursa turki
Masjid Ulu di kota Bursa Turki (Foto: MP/Bella Fladiner)

Masjid yang paling dikenal adalah Masjid Ulu di Bursa dan dibangun pada masa Yildirim Bayezid. Pada 2000, Bursa dihitung dalam daftar sementara warisan dunia dan telah terdaftar di 2014 sebagai warisan dunia. Bursa merupakan kota yang bisa menikmati sejarah yang kaya diisi dengan masjid, biara islam, istana, dinding kota, masjid kecil, makam, Churchs, Khans, jembatan, bath.

Baca juga:

Negara yang Melegalkan Ganja untuk Medis. Turki Salah Satunya

Setelah kamu tahu tentang sejarah kota Bursa, kamu harus mengunjungi nih jika punya kesempatan, biar pengetahuan sejarah dan budayamu semakin bertambah! (Bfm)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH