Tak Melulu Wisata Sejarah, Berikut Pulau-Pulau Terindah yang Wajib Dikunjungi di Turki The Prince’s Islands. instagram.com/nlnlkhn)

TURKI sangat menarik bagi para pelancong dunia. Negara di dua benua ini, Asia dan Eropa, terkenal dengan wisata kota dengan peninggalan-peningalan bersejarah. Namun tahukah kamu, Turki juga punya banyak wisata pulau langganan para turis?

Turki adalah destinasi favorit beberapa pulau paling indah di dunia, dari kepulauan yang bebas mobil, hanya dengan naik feri dari Istanbul, ke tempat-tempat seperti Gokceada, kebun zaitun yang dikelilingi perairan Aegean yang jernih. Dikutip booking.com berikut pulau-pulau tersebut.

1. Kepulauan Pangeran

  The Prince’s Islands. (Foto: instagram.com/suhaib_alsheyadi)
The Prince’s Islands. (Foto: instagram.com/suhaib_alsheyadi)

Meskipun hanya naik feri dari Istanbul, di Kepulauan Prince kamu bisa merasakan dunia yang jauh dari kebisingan kota. Kepulauan ini merupakan sembilan dari yang mengapung di Laut Marmara.

Kepulauan ini semuanya bebas mobil dan terkenal dengan transportasi kereta kudanya. Suasana ini akan membawa kamu kembali ke masa lalu.

Buyukada yang berarti "pulau besar" adalah yang terbesar dan terjauh dari Istanbul. Di sini kamu dapat mengunjungi salah satu restoran ikan lokal, menyewa sepeda, dan berjalan-jalan di bawah pohon pinus yang menghiasi pantai.


2. Akdamar

Akdamar Island. (Foto: instagram.com/sozyitimii)
Akdamar Island. (Foto: instagram.com/sozyitimii)

Akdamar adalah pulau kecil yang unik di tengah Danau Van, Turki timur. Selain dari pemandangan yang indah secara alami, hal paling menarik yaitu bukit kecilnya dengan latar danau biru, salju, dan Gunung Suphan.

Hal istimewa lain yatu keberadaan Katedral Salib Suci abad ke-10. Katedral ini merupakan sisa-sisa peningalan orang Armenia di Danau Van.

Eksterior katerdral itu berwarna madu yang dihiasi dengan relief yang indah. Sedangkan interiornya dipenuhi lukisan dinding yang pudar.

3. Bozcaada

Boncada. (Foto: instagram.com/mama.cactus)
Boncada. (Foto: instagram.com/mama.cactus)

Pulau Bozcaada memiliki sisi-sisi menara jam, bar-bar Yunani, dan rumah-rumah khasnya yang putih. Kamu juga akan menemukan masjid dan arsitektur khas Ottoman.

Jangan lupa untuk mencicipi sajian khas Mediterania dan cita rasa anggurnya yang terus berkembang. Tanaman anggur menutupi hampir setiap bukit di sana.

Kamu juga bisa menyewa sepeda, motor bebek, berkelilng dari kilang anggur ke kilang anggur lain, dan mencicipi anggur lokal yang lezat.

4. Gokceada

 Gokceada. (Foto: instagram.com/kmksksn)
Gokceada. (Foto: instagram.com/kmksksn)

Gokceada merupakan pulau di Laut Aegea dengan nuansa Yunani yang kental. Pulau ini dikenal dengan bentang alamnya yang gersa. Di dalam epos Homer, The Illiad, pulau ini bahkan disebut sebagai Pulau Poseidon, Dewa Laut.

Perjalanan ke Goceada bakal menyenangkan dengan menyewa mobil di Istanbul dan berkendara ke Semenanjung Gallipoli dengan hutan pinusnya.

Di sana kamu melanjutkan perjalanan dengan naik feri ke pulau. Kegiatan favorit di sana yaitu berenang, berjemur, dan tentu merasakan makanan lezat khas Gokceada.


5. Cunda

 Cunda. (Foto: instagram.com/danismankafasi)
Cunda. (Foto: instagram.com/danismankafasi)

Pulau Cunda atau Alibey tak jauh dari Pulau Lesbos, Yunani. Mencapai Pulau Cunda tak jauh dari pantai daratan luas Turki. Para pengunjung tertarik ke sini untuk melihat pantai-pantai, reruntuhan katedral dan biara ortodoks Yunani, buah-buahan, dan minyak zaitun asli yang halus.

Kamu juga bisa mendaki hutan pinus dan mencari pemandangan bintang di malam hari, berjalan-jalan di jalan berbatu di sepanjang pantai, atau minum teh Turki di kafe paling populer Tas Kahve. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Fakta Unik Tentang Masjid Tertua di Rusia dan Kota Kelahiran Khabib Nurmagomedov

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH