Mendag Akui Terjadi Kenaikan Harga Bahan Pokok di Pasar Rakyat

Mula AkmalMula Akmal - Minggu, 02 April 2023
Mendag Akui Terjadi Kenaikan Harga Bahan Pokok di Pasar Rakyat
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Menteri Perdagangan (Kemendag), Zulkifli Hasan (Zulhas) menyebut, bahwa terjadi kenaikan sejumlah harga bahan pokok (bapok) di pasar rakyat, namun masih terkendali. Selain itu, stok bapok juga terpantau cukup selama bulan puasa hingga Lebaran.

"Saya lihat harga di pasar memang sudah mulai naik. Tetapi stok cukup, bahkan lebih dari cukup. Tapi karena permintaan naik, harga juga naik. Tapi masih terkendali," kata Zulhas saat meninjau Bazar Ramadan di Kids Republic School, Jatinegara, Jakarta Timur, Sabtu (1/4).

Baca Juga:

Mendag Sebut Pakaian Bekas Impor Sudah Kuasai 31 Persen Pasar Indonesia

Zulhas meminta dengan tegas kepada para pengusaha dan pedagang untuk tidak memainkan harga. Kenaikan harga juga akan dipantau oleh Satgas Pangan.

"Untuk itu, kita minta pengusaha dan pedagang, jangan main-main. Harga boleh naik, tapi jangan berlebihan. Harus sesuai dengan harga yang ditetapkan pemerintah. Kalau naik ada toleranisnya," tuturnya.

Jika terjadi penimbungan, Zulhas menekankan, Satgas Pangan akan bertindak tegas. "Jika ada penimbunan, Satgas akan turun tangan. Jangan main-main. Ini bulan puasa untuk kepentingan masyarakat banyak, mari kita jaga bersama-sama, ambil untung tapi wajar," ungkapnya.

Dilanjutkan, bahan pokok yang dijual di Bazar Ramadan Kemendag terdiri dari gula, tepung, minyak goreng, beras, daging sapi, daging ayam, telur, hingga margarin.

Baca Juga:

Kemendag dan Bareskrim Bakal Musnahkan Pakaian Bekas Senilai Rp 80 Miliar

"Bazarnya ada gula, tepung buat bikin kue, buat masak-masak minyak goreng, itu juga ada beras, daging, telur, tepung, ayam, ada margarin, lengkap. Pokoknya bisa Lebaran di sini. Adapun harga bapok yang dijual di Bazar Ramadan ini sesuai Harga EceranTertinggi (HET) yang ditentukan Pemerintah antara lain minyak goreng Rp 14.000/liter dan gula Rp 12.000/kg," ujarnya.

Selain itu, sejumlah bapok yang dijual di bazar Ramadan kali ini yaitu daging rendang Rp 108.000/kg (dari harga normal Rp 130.000); daging semur Rp 93.000/kg (dari Rp 120.000); gula Rp 12.000/kg (dari Rp 13.500); MINYAKITA Rp 14.000/liter; beras Bulog Rp 9.000/kg; serta paket berisi tepung kentang, tepung beras, margarin, dan santan Rp 20.000/paket (dari Rp 35.000).

Mendag Zulkifli Hasan juga mengungkapkan, Bazar Ramadan akan digelar selama bulan puasa di berbagai tempat lainnya.

"Setiap hari nanti kita mau dua kegiatan bazar, mulai hari ini, besok, terus sampai Lebaran. Tempatnya nanti pindah-pindah, bukan hanya di Jakarta. Mudah-mudahan ini bisa membantu masyarakat mendapat akses yang ditetapkan Pemerintah," jelasnya. (Asp)

Baca Juga:

Kemendag Fokus Musnahkan Pakaian Bekas Impor

#Harga Bahan Pokok #Menteri Perdagangan #Kemendag #Lebaran #Zulkifli Hasan
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan