Otomotif

Berapa Lama Daya Baterai Mobil Elektrik?

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 19 Mei 2020
Berapa Lama Daya Baterai Mobil Elektrik?
Baterai pada mobil elektrik sensitif pada temperatur. (Foto: Pexels/Mike)

TREN otomotif saat ini adalah produsen mobil kelas internasional berbondong-bondong memproduksi mobil elektrik. Tesla dianggap salah satu pionir pada pembuatan mobil elektrik.

Desain mobil elektrik tidak berkesan futuristik, melainkan apik dan kekinian. Berbicara desain mungkin tidak ada kesulitan bagi para produsen itu. Bagaimana dengan sistem penyimpanan daya utama kendaraan ini? Seberapa lama daya baterai mobil elektrik?


Baca juga:

Kiat Merawat Mobil Saat #DiRumahAja

mobil
Baterai sangat mempengaruhi performa mobil elektrik. (Foto: Unsplash/Roberto Nickson)


Laman AutoTrader menuliskan bahwa mobil elektrik dalam sekali pengisian listrik dapat menempuh jarak antara 240-320 km. Daya yang tersimpan itu bergantung sepenuhnya pada produsen dan modelnya. Jadi sebaiknya pemeilik mobil elektrik mempeljari dengan seksama buku manualnya.

Charging point Electric Vehicle (EV) sudah dibuat dengan kesesuaian produk mobil yang ada. Laman HippoLeasing menyebutkan bahwa sekali pengisian daya untuk mobil elektrik, kendaraan mampu menempuk jarak maksimal hingga 320 km untuk sekali charging. Yang ikut mempengaruhi daya yang sudah terisi itu adalah kondisi temperatur. Temperatur di jalan sangat mempengaruhi kondisi daya dalam baterai.

Dalam kondisi panas, seperti musim panas, mobil dapat menempuh jarak lebih jauh dari yang diperkirakan. Laman HippoLeasing menjelaskan bahwa baterai litium-ion sangat terpengaruh pada suhu.


Baca Juga:

Mumpung #DiRumahAja Bersihkan Helm Kamu

mobil
Sekali mengisi daya, mobil elektrik bisa menempuh jarak lebih dari 250 km. (Foto: Unsplash/Jan Kaluza)


Untuk menjaga keawetan daya baterai biasanya dilengkapi dengan fitur energy saving. Jadi kalau mobil berhenti total maka energi akan off untuk menghindari pemborosan energi. Adapula fitur regenerative braking yang membuat baterai akan mencharge dirinya selagi mobil melakukan pengereman.

Laman Express menuliskan bahwa usia baterai mobil elektrik bergantung pada produsen pembuatnya. Namun rata-rata usia baterai mobil elektrik lebih-kurang 10 tahun. Seperti yang dituliskan dalam AutoTrader bahwa temperatur ekstrim baik panas maupun dingin sangat mempengaruhi jarak tempuh dan usia baterai.

Demikian juga cara pengisiannya harus diperhatikan. Pengisian cepat jangan terlalu sering dilakukan, lakukan sesuai kebutuhan saja. Cara terbaik pengisian baterai adalah dengan pengisian normal. Ini akan memperpanjang usia baterai.

Tidak disarankan melakukan pengisian cepat setelah menempuh perjalanan jauh. Ada baiknya memberikan kesempatan pada baterai untuk melekukan pendinginan terlebih dahulu. (psr)


Baca Juga:

Mobil Listrik Tetap Awet Selama WFH, Begini Kiatnya!

#Mobil
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan