Mazda-Mazda yang Tersimpan dalam Memori Penggemar Otomotif Mazda selalu menghadirkan inovasi dalam setiap produknya. (Foto: lookatthecar)

MAZDA bukanlah nama asing di dunia otomotif. Bersama dengan rekan-rekan senegaranya menjadi nama besar di dunia internasional. Meskipun dipandang sebelah mata pada awalnya bukan berarti tak mampu melaju.

Pabrikan mobil Jepang ini tak hanya hadir dengan desain mobilnya yang ciamik. Namun juga inovasi pada berbagai fiturnya termasuk pada mesinnya. Laman Motor Junkie mengungkapkan Mazda-Mazda yang melegenda di dunia otomotif.


Baca Juga:

Mustang Kontroversi yang Jarang Diketahui Orang

Mazda 110 S Cosmo

mobil
Mazda 110 S Cosmo. (Foto: Classic Driver)

Mobil ini menjadi salah satu bukti bahwa mesin mobil Mazda termasuk yang terbaik. Mobil ini memakai mesin rotari Wankel yang sama sekali baru di dunia otomotif. Konsep mesinnya adalah menggunakan mesin berpiston tunggal yang lebih tingan dan kecil ketimbang mesin konvensional lainnya. Namun mesin ini menghasilkan daya yang lebih kuat dibandingkan dengan mesin sejenisnya.

Mobil dengan kapasitas 982 cc ini merupakan mobil sport coupe dengan kekuatan mesin mencapai 110 atau 130 dk. Sayangnya meskipun menggunakan mesin inovasi paling anyar namun penjualannya tidak terlalu apik. Mobil ini hanya diproduksi sebanyak 1300 unit saja. Bahkan hanya terdapat beberapa unit dengan posisi setir kiri yang tadinya untuk pasar Amerika.

Mazda Miata

mobil
Mazda Miata 1989. (Foto: Hagerty)


Di akhir tahun 1980an mobil ini diperkenalkan ke publik. Produsen Mazda tidak pernah menyangka kalau mobil ini kemudian menjadi sukses besar. Apalagi pada waktu itu pasar memang tengah keranjingan mobil roadster dan menempatkan Mazda pada posisi mendominasi. Sebenarnya mobil ini tidak memiliki desain baru, hanya mengambil garis-garis milik roadster klasik asal Inggris dan memolesnya dengan bahan-bahan yang lebih modern. Mesin yang digunakan berkapasitas 1.6L dengan tenaga mencapai 116 dk. Yang membuat mobil ini sangat kencang adalah bobotnya yang hanya 997 kg.

Baca Juga:

Mobil Sport Nissan yang Melegenda di Penggila Otomotif

Mazda RX7

mobil
Mazda RX7. (Foto: Mecum Auctions)


Mobil kompak sport pertama yang dibuat oleh pabrikan Jepang ini merupakan genrasi pertama kategori mobil sport keluaran Jepang. Desainnya tak kalah dengan desain modern. Mulai dari lampu belakang, lampu depan yang pop up, sistem penggerak roda depan dan teknologi paling anyar di tahunnya. Saat ini di Amerika tengah demam mobil sport Jepang, RX7 adalah pilihan yang baik dan terjangkau. Mesinnya berkapasitas 1.1L dan 1.3L dengan tenaga 102 dan 135 dk. Mobil ini keluar di tahun 1978 sampai berhenti diproduksi di tahun 1985. Jadi Mazda sudah memproduksi RX7 sebanyak 500 ribu unit.


Mazda RX-3 Coupe

mobil
Mazda RX3 coupe. (Foto: Unique Cars)

Mazda menempatkan mesin rotari Wankel pada mobil ini untuk pasar Amerika. Mobil keluaran tahun 1970an ini hadir dengan desain coupe fastback bermesin 1.1L berkekuatan 91 dk. Namun untuk pasar diluar Jepang kekuatannya mencapai 115 dk. Regulasi emisi yang ada membuat mobil ini di Jepang terpaksa harus ‘dicekik’. Karena bobot yang hanya 997 kg membuat mobil ini mampu melesat dengan ringannya. (psr)


Baca Juga:

Holden, Muscle Car Australia yang Terlupakan

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH