Holden, Muscle Car Australia yang Terlupakan Holden, muscle car dari benua bawah. (foto: tradeuniquecars)

DALAM sejarah otomotif di luar Amerika, Australia memproduksi pula muscle car yang memiliki kesamaan karakteristik dengan mobil-mobil ‘beroto’ asal Amerika. Holden adalah merk murni milik Australia.

Sebagai produsen otomotif di Australia, produk-produknya tetntu dipakai di dalam negeri. Hanya beberapa yang diekspor ke beberapa tetangga. Meskipun demikian produk Holden jarang terlihat di Amerika. Jika saja pintu di Amerika terbuka lebih lebar, bisa jadi holden akan menjadi salah satu pemain yang berjaya di eranya.

Baca Juga:

Ban Kempis Salah Pelek?


Holden HK Monaro GTS

mobil
Holden HK Monaro GTS. (Foto: whichcar)

Menurut laman motor-junkie, mobil ini hadir di era tahun 1960an dan memberikan pengalaman berkendara yang berbeda dengan muscle car asal Amerika. Sebenarnya mobil ini sangat cocok bila menjelajah jalan-jalan di Amerika. Berhubung hanya ada di Australi, mobil ini seolah tidak memiliki pesaing berat.

Holden HSV Maloo Ute

mobil
Holden HSV Mloo Ute. (Foto: hsv)

Holden berproduksi bekerjasama dengan GM yang berasal dari Amerika. Tak mengherankan bila ada bau-bau dari beberapa produknya. Seperti mobil ini dianggap sebagai versi modern dari El camino. Kemudian desain mobil ini diadaptasi untuk Pontiac G8. Mesin yang digunakan pada HSV Maloo Ute ini adalah milik Corvette LS.


Holden Monaro GTS

mobil
Holden Monaro GTS. (Foto: justcars)

Saingan terberat Holden di benua kangguru itu adalah produk-produk rilisan Ford. Mobil-mobil-mobil Ford merajai sirkuit di benua paling selatan ini. Maka hadirlah Holden Manaro 500 GTS Coupe di tahun 1971. Tampilannya yang menunjukan karakteristik muscle car langsung membuat orang jatuh hati. Mobil ini menjadi momentum kerja sama Holden dan GM.

Holden Sandman

mobil
Holden Sandman. (Foto: tradeuniquecars)

Desain muscle car yang satu ini memang agak unik. Tampilannya seperti station wagon tapi kekuatan mesinnya adalah muscle car. Tahun 1977 mobil ini mulai dipasarkan di Australia. Pada era itu mobil van belumlah dipakai orang. Boleh dikatakan mobil kargo dengan kekuatan muscle car.

Baca Juga:

Aston Martin Tunda Perilisan Mobil Listrik Terbarunya? Ada Apa?


Holden Torana A9X

mobil
Holden Torana A9X. (Foto: forza)


Tahun 1977 Holden merilis pula sedan ini yang hampir mirip dengan Chevy Vega di Amerika. Desain mobil ini mampu bertahan hingga sekarang. Karena itulah penggemar otomotif di Australia banyak yang menyimpan mobil ini. Torana A9X masih banyak berseliweran di jalan-jalan di Australia.


Holden Commodore SS Group A SV

mobil
Holden Commodore SS Group A SV. (Foto: carsguide)


Konon kehadiran mobil ini untuk menyaingi keberadaan dari Nissan Skyline GTR. Tidak hanya itu saja. Mobil produksi tahun 1988 ini mampu berkiprah di dunia rally di Australia yang didominasi oleh Subaru. Untuk mesin mobil ini memang memperlihatkan karakteristik sebagai muscle car. Namun jangan melihat desainnya yang bisa dikatakan berbeda dengan muscle car Amerika.


Holden VL Commodore

mobil
Holden VL Commodore. (Foto: whichcar)


Mobil tahun 1980an ini memiliki fitur empat roda penggerak dengan mesin V8. Konsep yang sesungguhnya mobil ini adalah untuk kepentingan rally. Jadi tak mengherankan bila kemudian mobil ini sangat sporty namun masih terlihat cantik. Sayangnya mobil ini hanya ada di seputaran Australia. (psr)


Baca Juga:

GMC Hadirkan Mobil Listrik Hummer Bertenaga 1000 HP

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH