Mobil Sport Nissan yang Melegenda di Penggila Otomotif Nissan memproduksi mobil kencang dengan desain menarik. (Foto: Pinterest)

SALAH satu brand mobil asal Jepang adalah Nissan. Brand mobil ini melahirkan banyak jenis mobil, salah satunya adalah sport.

Bahkan beberapa mobil keluaran produsen ini menjadi buruan para pengoleksi mobil. Melanisr laman Motor Junkie model mobil ini sudah menyandang status legenda.

Baca Juga:

BMW Ubah Logonya Demi Ikuti Perkembangan Zaman

Nissan Skyline 2000 GT-R Hakosuka

mobil
Nissan Skyline GT-R 2000 Hakosuka. (Foto: rmsothebys)

Pada tahun 1968, Nissan memperkenalkan mobil sport Skyline GT-R yang tadinya hanya sekedar sebagai mobil gaya saja. Namun dalam perkembangannya mobil ini kemudian mengalami perubahan baik dari desain maun mekanikalnya. Bahkan Nissan menaikan menjadi JDM (Japanese Domesric Market). Istilah ini merujuk pada mobil-mobil yang ditujukaan dijual ke luar negeri.

Nama Hakosuka sendiri bila diterjemahkan adalah boks yang mengacu pada fitur garis dan boks pada desan mobilnya. Meskipun terkesan tidak seperti sports car, namun mesinnya menyemburkan kekuatan 160 dk dari kapasitar 2.0L enam silinder. Hebatnya, mobil ini nyaman dipakai di jalan dan kencang di sirkuit balapan.

Mobil ini tidak pernah sampai ke negara Amerika meskipun diburu banyak penggemar otomotif dari negeri Paman Sam. Nissan memproduksi Hakosuka dari tahun 1969 sampai 1972 dan hanya ada sekitar dua ribu unit. Mobil ini menempatkan stir di sebelah kanan, tidak ada versi stir sebelah kiri.


Nissan Silvia CSP 311

mobil
Nissan Silvia CSP 311. (Foto: Youtube)

Model mobil sport buatan Nissan ini populer dengan dua versinya S14 dan S15 di tahun 1990an. Mobil ini sudah ada sejak pertengahan tahun 1960an. Silvia SCP311 adalah mobil sports modern pertama yang diproduksi oleh Nissan

Mobil ini diperkenalkan pertama kali di tahun 1964 pada Tokyo Motor Show. Mobil ini memiliki penampakan seperti mobil Eropa dan untuk pertama kali memberikan kemewahan pada mobil Jepang. Mobil dengan roda penggerak belakang ini memiliki mesin 1.6L empat silinder yang menghasilkan kekuatan 96 dk.

Pada waktu awal rilisanya Silvia dianggap mobil mahal untuk pasar dalam negeri. Tak mengherankan bila hanya terjual sekitar 554 unit saja. Meskipun demikian Silvia termasuk dalam mobil berpengaruh dalam sejarah otomotif Jepang.


Nissan Skyline 2000 GT-R Kenmeri

mobil
Nissan Skyline GT-R 2000 Kenmeri. (Foto: desktopconcours)

Mengaca pada Hakosuka, Nissan kemudian semakin memperoleh predikat sebagai produsen yang membuat mobil cepat dengan Skyline 2000 GT-R Kenmeri. Mobil ini dirilis di tahun 1972 masih dengan mesin yang sama, perubahan minor ada pada suspensi, rem dan stir.

Nama Kenmeri diambil dari iklan mobil ini yang merujuk pada nama karakter di iklan itu, Ken dan Marry. Meskipun secara keseluruhan menarik, namun mobil ini hanya diproduksi selama setahun saja dan terserap pasar sekitar 197 unit. (psr)


Baca Juga:

Tips Jual Mobil Enggak Rugi

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH