Mustang Kontroversi yang Jarang Diketahui Orang Beberapa proyek dan eksperimen Mustang yang memancing kontroversi. (Foto: HiConsumption)

FORD Mustang dikenal sebagai mobil sport idaman para penggemar otomotif. Performa mobil asal Amerika ini tidak diragukan lagi, berbagai kejuaraan mobil bergengsi kelas internasional menjadi bukti kemampuannya.

Jarang orang tahu bahwa ada saja yang menjadikan mobil yang dikategorikan sebagai pony car ini, dikulik berbeda dengan tradisinya. Laman Motor Junkie berhasil mengumpulkan beberapa Mustang yang kontroversi, ini beberapa saja.

Baca Juga:

Jelang Olimpiade Tokyo 2020, Jepang Siapkan Masjid Keliling

Ford Mustang Boss 10.1-Liter

Ford Mustang Boss 10.1-Liter
Mesinnya hasil bore dan stroke. (Foto: motor-junkie)

Kalau dipikir-pikir ini adalah Mustang tergila yang pernah ada. Mobil ini menggunakan mesin 429 yang dirilis pada akhir tahun 60-an. Kemudian mereka membore dan stroke mesinnya hampir menjadi 10,1 L. Akibatnya mesin itu mampu menghasilka tenaga sampai 855 daya kuda. Akselarasi dari 0-100 kpj hanya butuh 1,9 detik. Seolah menjadi semacam pembuktian bahwa mesin lawas tahun 60-an masih dapat dipakai dengan teknologi kekinian.

Ford Mustang Boss 429 Concept

Ford Mustang Boss 429 Concept
Ford Mustang Boss 429 yang tampil dalam film John Wick pertama. (Foto: Pinterest)


Ini model mesin yang sama yang dipakai oleh Ford Mustang Boss 10.1-Liter. Ford membuat langkah kontroversi bahkan tidak umum bagi mobil Amerika. Mobil konsep ini merupakan eksperimen Ford memindahkan mesin 429 ke bagian belakang. Mereka berhasil menempatkan mesin pada bagian bagasi dan menyeimbangkan bobot kendaraannya. Namun eksperimen ini tak memberikan penambahan pada performa mobilnya untuk itu mereka menghentikan proyek ini.

Ford Mustang 4×4

Ford Mustang 4×4
Ford Mustang tahun 1965 yang dijadikan 4x4 (Foto: quartamarcia)


Ferguson, perusahaan mesin pertanian asal Inggris di tahun 1965 mengubah sistem penggerak Mustang yang hanya 2x4 menjadi 4x4. Ford kemudian mengirinkan beberapa unitnya ke Ferguson untuk diubah menjadi sistem penggerak empat roda. Hasilnya sangat baik mampu berfungsi melahap semua medan. Tentunya Ford harus mengeluarkan biaya ekstra untuk membuat memodifikasi mobil ini. Bobot mobilnya juga harus ditambah agar mobil tetap stabil. Sayangnya ketika dikembalikan ke Amerika, Ford malah menutup proyek ini.

Baca Juga:

5 Desain Mobil yang Mengukuhkan nama Shelby


Ford Mustang Mach E

Ford Mustang Mach E
Ford Mustang Mach E yang menggunakan teknologi Tesla model X. (Foto: InsideEVs)

Ford adalah mobil coupe sport didorong dengan mesin bensin yang menghasilkan putaran pada roda belakang dan melesatkan mobil ini. Agaknya hal itu akan sedikit berubah dengan kehadiran mobil ini yang konon akan diluncurkan pada tahun 2021. Mustang Mach E adalah mobil elektrik dengan teknologi dari Tesla Model X. Banyak penggemar Mustang yang mengecam langkah Mustang ini dan menjatuhkan citra muscel car. Bahkan sebagian orang hanya melihatnya sebagai lelucon.

Ford Mustang Siemens

Ford Mustang Siemens
Ford Mustang yang digarap menjadi autonomous oleh Siemens. (Foto: Pinterest)


Sebagai perusahaan teknologi Siemens berusaha membuat Mustang menjadi terlihat lebih kekinian. Siemens memakai Mustang tahun 1965 dan menyulapnya menjadi autonomous alias bisa mengemudi sendiri. Konsep ini diperkenalkan oleh Siemens dua tahun yang lalu namun sayang belum menunjukan hasil yang menggembirakan. Mobil swakemudi ini dipamerkan di Goodwood Festival of Speed di Inggris. Sayang mobil ini mengalami berbagai kendala untuk menyelesaikan pertunjukannya. Sistem kemudinya macet mengakibatkan mobil menabrak dinding pembatas. Hari yang tidak baik bagi Siemens, Mustang dan Goodwood. (psr)


Baca Juga:

Holden, Muscle Car Australia yang Terlupakan

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH