Mau Rambut Tebal, Lebat dan Hitam, Yuk Intip Tipsnya! Rambut adalah mahkota perempuan - (pexels - Bennie Lukas Bester)

RAMBUT merupakan mahkota perempuan. Memiliki rambut sehat tentu jadi dambaan setiap perempuan. Tak heran bila perempuan senang mencoba beragam jenis perawatan dengan terkadang beraneka produk.

Namun, tidak semua perawatan ternyata baik untuk rambut dengan jenis tertentu. Misal, pemilik rambut keriting tentu akan memiliki perawatan berbeda dengan rambut lurus. Kamu perlu hati-hati memilih jenis dan produk perawatan bila tak ingin rambut jadi rusak.

Baca juga: Rambut Tebal dan Kuat dengan Tomat



Yuk perhatikan tips berikut dikutip laman gayarambut.co.id,


1. Masker Rambut Alami

Rambut
Rambut panjang dan lebar idaman perempuan. (Pixabay-Xusenru)

Menggunakan masker rambut sudah terbukti memberikan manfaat positif. Tak hanya membuat rambut menjadi tebal dan berkilau, masker rambut alami juga mengandung minyak dan vitamin memicu lebih cepat pertumbuhan rambut.


2. Shampoo Khusus

Rambut
Ilustrasi minyak zaitun - (foto - living.anveya.com)

Kamu harus berhati-hati memilih shampoo, salah sedikit saja bisa menimbulkan kerontokan dan menipisnya rambut. Cobalah setidaknya untuk menggunakan shampoo dengan bahan alami. Kini, banyak shampoo dengan bahan alami tersedia di toko herbal.


3. Lidah Buaya

Rambut
Lidah buaya punya khasiat yang banyak, terutama pada rambut - (Pexels - Elle Hughes)

Lidah buaya sejak lama dipercaya membuat rambut jadi lebih tebal, hitam, dan tumbuh lebat. Penggunaan ini bisa jadi alternatif kamu untuk mengatasi masalah pada rambut. Kamu bisa ambil satu daun lidah buaya, bersihkan duri, cuci lebih dulu agar getahnya tersingkirkan, lalu potong menjadi beberapa bagian, belah lidah buaya sampai gel terlihat, kemudian oleskan pada rambut dan kulit kepala hingga rata. Pijat lembut dan biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air dingin. Coba lakukan 2-3 hari dengan teratur.

Baca juga: Khawatir Kebotakan dan Rambut Rontok? 10 Makanan ini Bisa Bantu Mencegahnya



4. Konsumsi Makanan Sehat

Rambut
Sayuran membantu rambut terlihat sehat - (pexels - Sharon McCutcheon)

Tak hanya perawatan dari luar. Kamu perlu juga merawatnya dari dalam agar nutrisi rambut seimbang. Contohnya, mengonsumsi makanan sehat nan akan mempengaruhi sistem tubuh. Makanan sehat untuk rambut semisal salmon, kacang, buncis, alpukat dengan kandungan asam lemak omega 3, telur, dan sayuran.

Nah, untuk perawatan luar bisa kamu kombinasikan dengan teh hijau terutama mengatasi rambut tipis dengan cara menyeduh 2 kantong teh hijau pada secangkir air panas, lalu biarkan mengendap semalaman. Gunakan air teh pekat ini keesokan harinya sebagai cem-ceman rambut, biarkan 30 menit hingga meresap. Lalu, bilas dengan air dingin. Teh hijau juga bisa membantu rambut jadi lebih hitam dan tebal. (bfm)

Baca juga: Menyibak Makna Sejati Ruwatan Cukur Rambut Gimbal Dieng, Benarkah Anak Gimbal Pembawa Sial?


Tags Artikel Ini

Yudi Anugrah Nugroho

LAINNYA DARI MERAH PUTIH