Rambut Tebal dan Kuat dengan Tomat Kandungan nutrisi tomat baik untuk rambut. (Foto: pixabay/esiul)

PEREMPUAN kerap menggunakan berbagai perawatan salon dan spa untuk merawat rambut. Namun, perawatan tersebut tak hanya cukup mahal, tapi juga punya potensi berbahaya bagi rambut kamu lantaran kandungan bahan kimia.

Untuk itu, solusinya ialah menggunakan bahan-bahan alami rumahan untuk perawatan rambut. Selain hemat biaya dan tak mengandung bahan kimia, perawatan alami lebih aman digunakan di rumah. Dalam hal perawatan alami, banyak sayuran dan buah-buahan yang memiliki manfaat untuk kesehatan rambutmu. Salah satunya ialah buah tomat.

Tomat mengandung antioksidan. (Foto: pixabay/loggawiggler)

Seperti dilansir Boldsky, tomat dipercaya merupakan salah satu bahan yang terbaik untuk semua jenis rambut. Tomat dapat berkontribusi terhadap kesehatan dan ketebalan rambut.

Mengapa harus tomat? Pasalnya, tomat mengandung banyak antioksidan yang merupakan agen perbaikan sel yang efektif. Antioksidan dapat membantu menghilangkan kotoran dan racun dari kulit kepala kamu, sehingga memperkuat akarnya dan meningkatkan kualitas rambut.

Berbagai masalah rambut bisa diatasi dengan tomat. (Foto: pixabay/bru-no)

Selain itu, tomat juga menawarkan beberapa manfaat lainnya, seperti membantu rambut kamu tetap berkilau, kandungan vitamin yang membantu memerangi kerontokan rambut, membantu menyingkirkan kulit kepala yang gatal, dan mengobati ketombe secara efektif. Semua manfaat itu akan membuat rambut kamu lembut dan mudah ditata.

Bagi kamu yang puya masalah rambut kering, tomat bisa jadi solusinya. Tomat akan membantu mengembalikan cahaya rambut serta menghilangkan bau busuk dari rambut kamu.


Untuk kulit kepala gatal dan ketombe

Siapkan 3 tomat matang, dan 2 sendok makan jus lemon. Masukkan bahan-bahan ke mangkuk dan tambahkan jus lemon. Setelah itu, ambil bubur tomat dan tambahkan ke mangkuk tersebut. Haluskan bubur tomat dengan jus lemon dengan benar hingga membentuk pasta yang halus. Oleskan dengan lembut pada kulit kepala menggunakan tangan. Biarkan selama 30 menit sebelum membasuhnya dengan air dingin. Kamu dapat mengeringkan rambut setelah dicuci, tak perlu menggunakan shampoo seusai mengoleskan ramuan tersebut. Ulangi cara ini dua kali seminggu untuk hasil yang maksimal


Untuk Rambut Tebal

Siapkan 3 sendok makan minyak dengan perbandingan 1:1 tomat matang. Sediakan mangkuk, campurkan ampas tomat matang dan minyak hingga membentuk pasta yang halus. Pastikan tak terlalu kental karena kamu harus mengoleskannya ke kulit kepalamu. Saat mengoleskan pada kulit kepala, lakukan juga pemijatan. Biarkan selama 1-2 jam, setelah itu bersihkan menggunakan shampoo dan kondisioner ringan. Untuk hasil maksimal, ulangi dua kali cara tersebut setiap minggu.


Untuk Kondisioner

Siapkan 2 sendok makan madu dan 2 tomat matang. Ambil tomat matang dan hancurkan sepenuhnya, tambahkan madu pada tomat, tumbuk dan aduk hingga membentuk pasta yang konsisten. Biarkan campuran tersebut beberap menit sebelum kamu mulai mengaplikasikannya pada rambut dan kulit kepala. Kenakan topi mandi dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu, cuci bersih dengan air dingin. Untuk hasil maksimal, ulangi perawatan tersebut seminggu sekali.(ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Ingin Perut Kamu Sixpack dalam 30 Menit? Begini Caranya

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH