Mau Gigi Seputih Salju? Pakai Cara Ini

P Suryo RP Suryo R - Kamis, 21 November 2019
Mau Gigi Seputih Salju? Pakai Cara Ini
Gigi putih dan sehat butuh perawatan yang baik. (Foto: Pexels/rawpixel.com)

GIGI menguning jadi masalah dalam penampilan. Gigi seperti itu dapat muncul karena berbagai faktor. Seperti faktor makanan, yang cepat menodai lapisan paling luar dari gigi. Selain itu, penumpukan karang gigi dapat menyebabkan gigi tampak kuning.

Namun, yang harus kita ketahui terkadang gigi terlihat kuning karena pigmen telah terkikis,dan memperlihatkan dentin di bawahnya. Dentin adalah jaringan bertulang kuning alami yang terletak di bawah email gigi.

Baca juga:

Anak-Anak Tumbuh Gigi? Ini Gejalanya


Soda Kue

soda
Soda kue memiliki karakteristik abrasif ringan. (Foto: Pexels/Kaboompicscom)


Soda kue memang bukan bahan yang asing untuk membuat gigi putih. Oleh karena itu soda kue merupakan bahan yang populer dalam pasta gigi komersial. Bahan ini memiliki karakter abrasif ringan yang dapat membantu menghilangkan noda pada permukaan gigi.

Selain itu, soda kue mampu menciptakan lingkungan alkali di mulut kamu. Ini berarti dapat mencegah pertumbuhan berlebihan bakteri. Tapi soda kue tidak memutihkan gigi hanya dalam waktu semalaman.

Cara membuat konsentrat pemebersih gigi ini adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh soda kue dengan 2 sendok teh air dan gosok gigi kamu dengan campuran itu. Lakukan setiap hari.


Cuka Sari Apel

cuka apel
Cuka sari apel dapat digunakan namun tidak boleh sering. (Foto: Pexels/Pixabay)


Siapa yang tidak kenal dengan Cuka sari apel yang telah digunakan selama berabad-abad sebagai produk pembersih alami dan disinfektan. Bahan ini mengandung asam asetat, sebagai bahan aktif utama dalam cuka sari apel, efektif membunuh bakteri. Sifat antibakteri terkandung dalam cuka apel ini membuatnya berguna untuk membersihkan mulut dan memutihkan gigi. Bukan hanya itu, juga melembutkan lapisan luar dan dalam pada gigi. Gunakanlah sebagai obat kumur, encerkan dengan air baru digunakan berkumur dalam beberapa menit. Pastikan untuk membilas mulut dengan air putih sesudahnya.


Baca Juga:

Jangan Salah, Begini Cara Menyikat Gigi yang Benar

Buah dan sayuran

sayur buah
Sayuran dan buah membantu membersihkan gigi. (Foto: Pexels/Stokpic)


Meskipun bukan pengganti untuk menyikat gigi, buah-buahan dan sayuran mentah yang renyah dapat membantu menghilangkan plak saat kamu mengunyah. Secara khusus, buah stroberi buah yang diklaim dapat membantu memutihkan gigi.

Stroberi dicampurkan dengan soda kue akan mampu memutihkan gigi. Namun harus dibatas jangan terlalu sering. Karena sifat abrasif dan asam pada campuran ini malah akan membahayakan elemen gigi lainnya. Cara menggunakan obat ini, cukup hancurkan stroberi segar, kombinasikan dengan soda kue, dan gosok campuran pasta gigi kamu.


Pencegahan

gigi
Rokoksalah satu sebab gigi kuning. (Foto: Pexels/Public Domain Pictures)


Gigi secara alami menguning seiring bertambahnya usia, tetapi ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah noda pada gigi. Batasi konsumsi makanan dan minuman seperti kopi, anggur merah, soda, dan blackberry. Makanan dan minuman itu memiliki warna yang mempengaruhi gigi dan mengubahnya menjadi kuning.

Akan tetapi tidak berarti harus sepenuhnya menghindarinya, namun membatasi jumlah waktu zat-zat ini bersentuhan dengan gigi. Selain itu, gosok gigi segera setelah mengonsumsi salah satu makanan atau minuman ini untuk membatasi efeknya pada warna gigi. Hindari merokok dan mengunyah tembakau, yang keduanya dapat menyebabkan perubahan warna gigi lebih cepat. (iel)


Baca Juga:

Gusi Berdarah saat Sikat Gigi? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

#Gigi #Pasta Gigi Putih #Baking Soda #Cuka Apel
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan