Manfaat Rahasia di Balik Bersepeda yang Jarang Diketahui Bersepeda memiliki manfaat rahasia yang luar biasa (Foto: pixabay/donation_are_apreciated)

OLAHRAGA bersepeda memang sangat menyenangkan, apalagi jika kamu bersepeda di wilayah pegunungan yang sejuk dengan pemandangan alam indah.

Di Ibu Kota atau kota-kota besar pun banyak yang gemar berolahraga sepeda, gengs. Mungkin bisa kamu lihat pada beberapa spot CFD atau car free day. Bahkan, tak sedikit pula orang yang memilih pergi ke kantor dengan menggunakan sepeda atau bike to work.

Baca Juga:

Sering Lupa? Tingkatkan Daya Ingatmu Dengan 5 Cara Asyik Ini

Berbicara soal bersepda, rupanya olahraga yang cukup banyak digemari ini memiliki manfaat rahasia yang jarang diketahui. Nah, berikut ini ialah beberapa manfaat rahasia di balik menyenangkannya bersepeda, seperti yang dilansir dari laman Go Dok.

1. Menjaga kesehatan jantung

Bersepeda bisa menjaga kesehatan jantung (Foto: pixabay/geralt)



Manfaat bersepda memang sangat erat kaitannya dengan kesehatan pembuluh jantung karena bisa menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Sebuah studi di Purdue University, Amerika Serikat, menyimpulkan bahwa seseorang yang bersepeda sekitar 32 km per minggu memiliki risiko terkena penyakit jantung yang rendah.


2. Hidup jadi lebih bahagia

Hidup jadi lebih bahagia usai bersepeda (Foto: pixabay/cuncon)

Menurut studi dari Stanford Unversity, jika kamu bersepeda 20-30 menit setiap hari, bisa membuat tubuh kamu lebih rileks di malam harinya. Alhasil kamu akan lebih mudah terlelap, karena itu bersepeda sangat cocok untuk kamu yang menderita insomnia.

Selain itu, jika bersepda di pagi hari, kamu akan lebih banyak terpapar sinar matahari yang sangat bermanfaat untuk merangsang produksi hormon serotonin. Di mana hormon serotonin berfungsi untuk mengontrol mood. Jadi secara tak langsung bersepeda telah membangun mood positif dalam diri kamu.

Baca Juga:

Awas! Penggunaan Ponsel Berlebih Bisa Berpengaruh Buruk Pada Postur Tubuh

3. Quality time dengan keluarga meningkat

Bersepeda dapat membuat waktumu dengan keluarga lebih banyak di akhir pekan (Foto: pixabay/sathyatripodi)

Jika kamu bersepeda ke kantor, maka kamu telah membiasakan diri untuk berolahraga setiap hari. Hal itulah yang membuat kamu tak perlu berolahraga lagi di akhir pekan. Jadi waktu yang ada bisa kamu gunakan untuk berkumpul dengan orang-orang terdekat, seperti keluarga, sahabat, maupun kekasih.

4. Mengurangi pengeluaran

Pengeluaranmu bisa berkurang dengan bersepeda (Foto: pixabay/bru-no)

Manfaat yang keempat dari bersepeda ialah bisa mengurangi pengeluaran kamu. Coba kamu hitung, ada berapa banyak yang kamu harus keluarkan setiap bulan untuk mengisi bahan bakar kendaraan, pastinya tidak sedikit.
Dengan bersepeda, kamu tak perlu membeli bahan bakar setiap hari. Alhasil, uang gaji kamu pun bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang lainnya.


5. Ramah lingkungan

Bersepda bisa mengurangi polusi udara (Foto: pixabay/skitterphoto)

Satu alasan mengapa kamu harus mulai rajin bersepeda yaitu untuk menjaga kelestarian lingkungan. Kendati terlihat sepele, langkah ini terbukti bisa mengurangi tingkat polusi udara. Seperti contohnya pada tahun 2099, Badan Pengendalian Lingkungan Daerah DKI Jakarta, melaporkan jika kegiatan Car Free Day di akhir pekan sukses mengurangi polusi udara sekitar 75%.

Nah, itu dia gengs beberapa manfaat rahasia dari bersepeda, menarik bukan? Jadi jangan ragu untuk bersepeda yang gengs. (Ryn)

Baca Juga:

Kenali Waktu Terlarang Memakai Kacamata Hitam

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH