Sering Lupa? Tingkatkan Daya Ingatmu Dengan 5 Cara Asyik Ini Jika kamu sering lupa, asah otak kamu dengan beberapa cara asyik (Foto: midoregon)

SETIAP orang pasti akan merasa kesal jika lupa menaruh barang yang sedang diperlukan, atau bingung ketika menyapa teman karena tak bisa mengingat namanya. Lupa memang umum menimpa setiap orang. Dari beberapa penelitian dan teori yang menjelaskan mengapa fenomena itu bisa terjadi. Antara lain lantaran kemunduran ingatan, penumpukan informasi, represi, hingga gangguan fisiologis yang menggangu kinerja otak kamu.

Tapi, kamu mesti berhari-hati jika terlalu sering lupa dalam berbagai hal. Bisa jadi kondisi itu merupakan gejala penyakit serius. Seperti alzheimer, vascular dementia, parkinson, huntington, short memory syndrome, amnesia dan sebagainya. Apabila kualitas ingatan kamu menurun dari hari ke hari, segeralah berkonsultasi ke dokter, guna mendapat penanganan yang lebih cepat dan tepat.

Baca Juga:

Awas! Penggunaan Ponsel Berlebih Bisa Berpengaruh Buruk Pada Postur Tubuh

Ada beberapa game yang ternyata dapat mendeteriorasi ingatan. Nah, seperti yang dilansir dari laman Go Dok, berikut ini beberapa permainan asyik yang bisa meningkatkan daya ingat kamu.

1. Catur

Catur bisa otpimalkan kerja otak kiri dan kanan (Foto: Pixabay/klimkin)

Permainan pertama yang bisa meningkatkan daya ingat ialah catur. Karena catur merupakan permainan yang mengombinasikan daya ingat, dan kemampuan berstrategi. Pada permainan ini kamu juga dipaksa mengoptimalkan kerja otak kiri dan kanan secara bersamaan. Hal itu demi terciptanya imajinasi serta taktik jitu agar menang dengan men skakmat lawan.

2. Teka Teki Silang

Mengisi TTS bisa menghilangkan kejenuhan dan meningkatkan daya ingat (Foto: Pixbay/stevepb)

Selain bisa dijadikan alternatif hiburan untuk menghilangkan jenuh. Mengisi TTS rupanya bisa dijadikan cara untuk meningkatkan daya ingat. Karena dengan mengisi TTS, secara tak langsung kamu telah melatih ingatan, mempercepat alur berpikir dan meningkatkan konsentrasi.

Baca Juga:

Kenali Waktu Terlarang Memakai Kacamata Hitam

3. Rubik

Rubik bisa mengasah otak dan tingkatan daya ingat kamu (Foto: Pixabay/congerdesign)

Beberapa tahun terakhir, tren bermain rubik menjadi sebuah fenomena tersendiri dikalangan masyarakat, khususnya pecinta game asah otak. Karena untuk menyelesaikan kubus ini, kamu harus mengaplikasikan rumus matematika. Hal itu dilakukan agar warna berjajar rapih. Itulah yang menyebabkan rubik menjadi permainan yang tak hanya menyenangkan, tapi juga bisa mengasah otak kamu.

4. Puzzle

Puzzle bisa memicu nalar serta daya ingat kamu (Foto: Pixabay/congerdesign)

Permainan yang satu ini dapat memicu nalar dan daya ingat. Karena kamu dipaksa untuk menyusun setiap kepingannya menjadi sebuah gambar utuh. Ingat, selalu tantang diri kamu untuk menyelesaikan puzzle dengan tingkat kerumitan tinggi, hal itu berguna agar otak kamu tak mengalami kemunduran fungsi.

5. Lego

Lego bisa menstimulus otak serta meningkatkan kreatifitas (Foto: pixabay/stocksnap)

Permainan terakhir yang bisa meningkatkan daya ingat adalah lego. Permainan ini diklaim sebagai permainan edukatif, karena dapat menstimulus otak. seperti kordinasi dengan tangan dan mata, kecerdasan spasial, logika serta kreatifitas.


Jadi, tunggu apalagi gengs, ayo tingkatkan daya ingat kamu dengan cara asyik dengan beberapa permainan diatas. Lebih asyik lagi, jika kamu memainkannya bersama keluarga, teman maupun kekasih. Selain menyenangkan, kamu juga bisa terhindari dari kepikunan. (ryn)

Baca Juga:

Pernah Merinding Saat Mendengar Lagu? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH