Kenali Waktu Terlarang Memakai Kacamata Hitam Kenali waktu yang tepat untuk memakai kacamata hitam (Foto: pixabay/stocksnap)

KACAMATA Hitam merupakan salah satu benda andalan untuk melindungi mata kamu dari sinar ultraviolet saat terkena terpaan terik matahari. Selain itu, kacamata hitam juga bisa membuat kamu tampak lebih kece dan stylish.

Namun di balik hal tersebut, rupanya ada beberapa waktu saat kamu harus melepaskan aksesori yang satu ini, karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan mata kamu.

Baca Juga:

Pernah Merinding Saat Mendengar Lagu? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Dokter spesialis mata Rebecca Taylor mengungkapkan masalah paling umum dari sinar ultraviolet ialah bisa membuat mata kamu menjadi buta. Di saat kamu tak mengenakan perlindungan apa pun, sinar itu bisa langsung menembus mata.

Kenali waktu-waktu yang tepat untuk menggunakan kacamata hitam (Foto: pexels)

Namun, kerusakan mata tak hanya disebabkan dari sinar yang bisa dilihat secara terbuka. Seperti dilansir laman Tips and Tricks, Steven Foster dari Harvard Medical School menjelaskan bahwa air, salju, dan jendela mobil menyebabkan pantulan sinar matahari yang bisa mengakibatkan mata kamu menyerap dua kali dosis sinar UV.

Selain itu, penelitian di 2014 dari US National Eye Institute juga menunjukkan bahwa sinar UV bisa merusak protein lensa mata. Jika dibiarkan terus-menerus, hal itu dapat mengakibatkan katarak. Lalu sinar UV berlebihan juga bisa menyebabkan bintik-bintik kuning pada mata kamu.

Bahaya lainnya dari sinar UV ialah menyebabkan kerusakan mata dalam jangka pendek, yang disebut dengan fotokeratitis. Adapun tanda-tandanya ialah mata kamu terasa seperti mengalami kebutaan sementara atau pandangan yang kabur.

Carilah kacamata yang menawarkan perlindungan penuh dari sinar matahari (Foto: xxolgaxx)

Nah, jika kamu berniat membeli kacamata hitam, sangat penting melihat perlindungan UVA dan UVB dari kacamata yang akan kamu beli. Selain itu, ketahui juga apakah kacamata tersebut menawarkan 100% perlindungan dari sinar matahari atau tidak.

Baca Juga:

Mendengarkan Musik Sambil Berolahraga Baik Bagi Kesehatan, Ini Penjelasannya

Ukuran kacamata juga ternyata sangat penting. Kata Taylor, semakin besar ukurannya, akan semakin baik. Dia juga menyebutkan model kacamata bulat kecil seperti yang dikenakan John Lennon tak memberi perlindungan sama sekali. Kacamata seperti itu justru bisa membuat sinar tersebar dan masuk pada mat kamu dari berbagai sudut.

Kacamata bulat hitam seperti yang dikenakan John Lennon tak memberi perlindungan pada mata (foto: pixabay/pexels)


Penting juga diketahui, ada waktu yang terlarang atau tak perlu mengenakan kacamata hitam. Sebuah penelitian menunjukan orang yang terpapar sinar cerah di pagi hari lebih mudah tertidur di malam hari. Alasanyna, cahaya di pagi hari berdampak pada bioritme kita. Karena itu, mengenakan kacamata hitam bisa mengurangi ritme tersebut.

Akibatnya, jika menghindari sinar di pagi hari, kamu akan mudah lelah dan sulit tidur di malam hari. Karena itu, Foster menyarankan setidaknya hingga pukul 09.00 atau 10.00, jangan kenakan kacamata hitam, dengan catatan kamu tak melihat langsung ke arah matahari. (ryn)

Baca Juga:

Jangan Asal Pilih Klinik Kecantikan, Perhatikan Beberapa Hal ini agar Kamu tak Menyesal

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala