Kesehatan

Mana Lebih Bermanfaat, Lari Pagi atau Sore?

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Minggu, 18 September 2022
Mana Lebih Bermanfaat, Lari Pagi atau Sore?
Lari di pagi dan sore hari ternyata punya manfaat yang berbeda. (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

SUDAH menjadi rahasia umum kalau lari atau jogging adalah salah satu olahraga yang paling mudah untuk dilakukan. Selain murah meriah, bahkan nyaris tanpa modal, jogging juga memiliki sederet manfaat asal dilakukan dengan konsisten.

Menurut Healthline, jogging secara rutin bisa membuat berat badanmu berkurang, meningkatkan imunitas tubuh, mengurangi rasa stres, serta membuat tubuh tetap aktif dan lincah saat menua.

Sayangnya, tidak semua orang punya waktu luang yang sama untuk berlari secara rutin tiap harinya. Akhirnya, ada yang memutuskan untuk berlari di pagi hari. Namun, ada pula yang memutuskan untuk lari di sore hingga malam hari.

Hal ini pun menimbulkan perdebatan. Waktu lari manakah yang sebenarnya lebih sehat dan bermanfaat? Mengacu laman PharmEasy, jogging di pagi dan sore hari punya manfaat yang berbeda-beda.

Baca juga:

Jenis Cedera Paling Sering Dialami Pelari

Mana Lebih Bermanfaat, Lari Pagi atau Sore?
Lari di pagi hari baik untuk menurunkan berat badan serta mengurangi depresi. (Foto: Pexels/Ketut Subiyanto)

Ada sederet manfaat fisik dan mental yang bisa kamu rasakan ketika memutuskan untuk lari di pagi hari. Lari pagi bagus untukmu yang sedang dalam program diet. Orang-orang biasanya lari pagi dalam keadaan perut kosong sebelum sarapan.

Oleh sebab itu, untuk menjagamu tetap berenergi selama berolahraga, tubuh akan membakar banyak lemak yang tersimpan. Selain itu, di pagi hari udara juga masih segar. Ketika berlari, otot-otot di tubuh akan menerima lebih banyak oksigen yang dapat meningkatkan kekuatannya.

Hal ini juga akan membantu metabolisme terbentuk dan membuatmu bertenaga sepanjang hari. Bahkan, beberapa penelitian juga menunjukkan kalau berlari antara pukul 5 sampai 8 pagi bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Manfaat lari pagi bagi kesehatan mental adalah dapat membantumu mengatasi stres dan depresi. Ketika bangun tidur, hormon kortisol penyebab stres sedang berada di level yang tinggi. Nah, dengan berlari, tubuh akan menghasilkan hormon endorfin atau hormon kebahagiaan.

Baca juga:

5 Tips Biar Pas Lari Enggak Gampang Capek

Mana Lebih Bermanfaat, Lari Pagi atau Sore?
Sedangkan, lari di sore hari baik untuk ketahanan dan kekuatan tubuh serta mengurang risiko cedera. (Foto: Pexels/Pixabay)

Bagaimana dengan jogging di sore hingga malam hari? Waktu lari ini juga punya manfaatnya sendiri, loh. Lari pada pukul 5 sore hingga 7 malam ternyata bisa melatih serta meningkatkan keseimbangan, fleksibilitas, dan kekuatan. Hal ini terjadi karena hormon testosteron dan kortisol berada di level yang optimal sehingga bisa bermanfaat untuk melatih kekuatan diri.

Selain itu, menurut banyak peneliti, setiap organ tubuh memiliki 'jam' biologisnya sendiri di mana mereka bekerja secara optimal. Nah, waktu terbaik bagi paru-paru dalam bekerja adalah sore hari. Hal ini bisa membantumu untuk lari lebih lama dalam keadaan yang fit.

Manfaat terakhir adalah kamu bisa mengurangi risiko cedera jika jogging di sore atau malam hari. Misalnya dari kram otot atau terkilir. Sebab, tubuhmu telah melalui ‘pemanasan’ dengan melakukan banyak aktivitas selama seharian sehingga tubuh tidak akan terkejut lagi jika tiba-tiba diajak berlari.

Kesimpulannya, lari di pagi dan sore hari sama-sama punya manfaat. Hanya manfaatnya saja yang berbeda. Keputusannya tentunya berbalik pada dirimu sendiri. Apa tujuan olahragamu dan manfaat mana yang ingin kamu rasakan? (mcl)

Baca juga:

Mana Lebih Baik untuk Kesehatan Tubuh, Bersepeda atau Lari?

#Olahraga #Kesehatan #Lari Pagi
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan