Malas Merawat Gigi Jadi Penyebab Penyakit Berbahaya, Salah Satunya Diabetes Kesehatan mulut (Foto: Pixabay/drshohmelian)

SALAH satu kebiasaan wajib buat semua orang adalah merawat gigi. Menyikat gigi dan membersihkannya dengan benang adalah perawatan sehari-hari. Kamu juga harus kontrol secara berkala ke dokter agar kesehatan mulut menjadi maksimal.

Tapi tahukah kamu kalau kesehatan gigi berperan penting dalam kesehatan tubuh secara keseluruhan? Mulut adalah titik awal saluran pencernaan, pernapasan dan organ internal lain. Bakteri di dalam mulut sebagian besar enggak berbahaya. Tapi beberapa bisa menyebabkan komplikasi dalam tubuh.

Baca juga:

Ciri-ciri Orang yang Hendak Bersalin yang Jarang Diketahui

Jadi kebayang dong kalau kamu enggak enggak merawat gigi kamu. Plak dan sisa makanan yang menempel pada gigi adalah rumah indah buat bakteri jahat. Pada akhirnya itu semua membuat infeksi mulut, seperti kerusakan gigi dan penyakit gusi, yang selanjutnya merembet ke kondisi seperti diabetes, masalah kesehatan jantung, dan lain sebagainya.

Bakteri mulut dan peradangan karena infeksi mulut dapat membuka jalan bagi berbagai penyakit lain, dengan menghambat kemampuan tubuh untuk melawan infeksi. Selain itu, beberapa kondisi dan perawatan mulut juga bisa menimbulkan risiko tertentu bagi kesehatan kamu secara keseluruhan.

Berikut ini penyakit berbahaya yang ternyata berhubungan dengan kesehatan mulut.

Diabetes

Diabetes (Foto: Pixabay/Tumisu)
Diabetes (Foto: Pixabay/Tumisu)

Berdasarkan penelitian, periodontitis, infeksi gusi yang merusak jaringan lunak dan tulang penopang gigi punya kaitan kuat dengan diabetes. Orang dengan infeksi gusi akan lebih sulit mengendalikan kadar gula darahnya karena kemampuan menggunakan insulin terganggu.

Penyakit jantung

Penyakit jantung (Foto: Pixabay/Pexels)
Penyakit jantung (Foto: Pixabay/Pexels)

Penelitian memang masih terus dilakukan buat memahami hubungan yang tepat antara keduanya. Tapi banyak orang percaya kalau penyakit jantung karena tersumbat arteri dan stroke dapat disebabkan oleh peradangan dan infeksi bakteri mulut.

Baca juga:

Ancaman Gangguan Kesehatan di Balik Bubble Tea

Penyakit paru-paru

Penyakit paru-paru (Foto: Pixabay/oracast)
Penyakit paru-paru (Foto: Pixabay/oracast)

Beberapa penelitian menunjukkan hubungan antara penyakit mulut dan kesehatan paru-paru. Penyakit periodontal bisa meningkatkan risiko pneumonia. Ia juga serta memperburuk penyakit paru obstruktif kronis dengan meningkatkan jumlah bakteri di paru-paru.

Osteoporosis

Osteoporosis (Foto: Pixabay/sabinevanerp)
Osteoporosis (Foto: Pixabay/sabinevanerp)

Beberapa penelitian menunjukkan kalau perempuan osteoporosis lebih sering menderita penyakit gusi. Artinya, peradangan yang disebabkan oleh periodontitis bisa melemahkan tulang di bagian lain dari tubuh.

Baca juga:

Cecak Kering Baguskah untuk Kesehatan?

Selain penyakit-penyakit yang disebutkan barusan, kesehatan mulut juga sering dikaitkan dengan obesitas, karena penyakit mulut berkembang pesat pada orang yang mengalami obesitas. Kesehatan mulut juga menjadi penyebab terganggunya perkembangan janin pada ibu hamil.

Merawat gigi dan gusi dengan benar dan teratur bisa membantu menghindari timbulnya beberapa penyakit parah. Sebagai permulaan, mulailah menyikat gigi dua kali sehari, benang gigi sekali sehari dan prioritaskan melakukan pemeriksaan gigi.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH