Cecak Kering Baguskah untuk Kesehatan? Cecak. (Foto: instagram.com/miftahuddinhalim)

SAAT ini bisnis cecak kering tengah naik daun. Penjualan cecak kering tersebut bahkan tembus pasar impor Asia seperti Jepang dan Tiongkok. Omzet para pengering pun bisa puluhan hingga ratusan juta per bulan.

Cicak atau cecak memang populer sebagai obat di Tiongkok. Reptil ini biasanya ditemukan di rumah-rumah atau kayu. Selain konsumsi obat secara tradisional, cecak kering kini sudah dalam bentuk kapsul.

1. Cecak dengan sejuta manfaat

Cecak. (Foto: instagram.com/marendradika)
Cecak. (Foto: instagram.com/marendradika)

Pasar Tiongkok dan Jepang menyerap cecak kering untuk pengunaan obat-obatan. Cecak kering dikenal sebagai obat sejuta manfaat. Konsumsi daging cecak dipercaya dapat mengobati asma, gatal-gatal atau penyakit kulit, wasir, gangguan pencernaan, hingga dapat mengobati kanker. Selain itu, cecak kering digunakan untuk kecantikan

Obat-obatan tradisional China memang sangat terkenal. Tak hanya di Negeri Tirai Bambu, cara pengobatan China tersebar ke seluruh dunia. Di kutip Independent, bahkan ada 600 klinik jamu China di Inggris. Ketertarikan tersebut semakin meningkat seiring perjalanan ke negara Asia itu dan pembukaan tiga perguruan tinggi yang mengajarkan pengobatan Tiongkok.

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Jangan Salah Kaprah, Ini Penjelasan tentang Tumpeng yang Harus Kamu Tahu


2. Obat-obatan China menyebar ke negara lain

Cecak. (Foto: instagram.com/rioyogaa)
Cecak. (Foto: instagram.com/rioyogaa)

Robert Miller, seorang pengusaha Amerika, adalah orang pertama yang mengimpor ramuan China ke Inggris dalam jumlah besar pada tahun 1985. Bisnis ini berkembang pesat dan dia sekarang memiliki toko, East West Herbs di Neal's Yard, London pusat.

Miller salah satunya mengimpor kadal kering untuk asma. Selain itu, ada tulang lembu prasejarah untuk insomnia, kulit jangkrik kering untuk angin, tanduk rusa untuk meningkatkan energi ginjal, pengobatan disfungsi seksual, dan masalah pertumbuhan a anak kecil, lalu tanduk kerbau untuk mengurangi demam.


3. Populer sebagai makanan

Cecak. (Foto: instagram.com/yasar8080)
Cecak. (Foto: instagram.com/yasar8080)

Di Tiongkok, jenis kadal tak cuma dijadkan sebagai bahan obat-obatan, tapi juga sebagai bahan makanan. Dikutip Always Foodie, kadal kering merupakan salah satu hidangan Asia yang populer di Hong Kong. Dan, orang-orang Tiongkok percaya bahwa mengeringkan makanan mereka dan mengawetkannya memberikan berbagai manfaat kesehatan.

Di Hong Kong, reptil itu digunakan untuk menambah rasa dalam sup. Kamu akan mudah menemukan bahan-bahan makanan tersebut di toko-toko obat China. Biasanya dikemas jantan dan betina agar kamu mendapatkan manfaatnya dengan baik.

4. Cecak kering sekarang jadi bisnis menguntungkan

Cecak. (Foto: instagram.com/asukaanim)
Cecak. (Foto: instagram.com/asukaanim)

Di Indonesia, permintaan cecak yang tinggi dari Tiongkok membuat bisnis ini sangat menjanjikan. Di Jombang, Jawa Timur misalnya, banyak warga menjadikan pengolahan cecak kering sebagai sumber penghasilan.

Pengolahan cecak kering tergolong sangat mudah. Pertama cecak dimatikan lalu disusun dalam wadah. Setelah itu dioven berjam-jam hingga kering. Cecak kering baru dimasukan ke dalam platik sebelum dikirim untuk ekspor. Harganya tak tangung-tanggung cecak kering bisa dihargai Rp100 ribu/kilogram. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Durian Ternyata enggak Mengandung Kolesterol? Ini Penjelasan Spesialis Nutrisi

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH